TIPS TRIK

Chatting Lebih Aman, Ini Cara yang Perlu Dilakukan

Ayu Handayani   30 May 2017
Chatting Lebih Aman, Ini Cara yang Perlu Dilakukan

Untuk yang seringkali melakukan chatting lewat aplikasi messenger, kalian tidak perlu khawatir lagi jika chatting yang kalian lakukan itu akan bocor lagi. Begitulah, kebanyakan aplikasi messenger yang ada di saat ini sudah memiliki fitur pengenkripsian datanya masing-masing sehingga chattting yang kalian lakukan pun akan aman.

Beberapa aplikasi messenger yang sudah memiliki fitur pengenkripsian data tersebut di antaranya adalah Whatsapp, LINE, dan Messenger yang baru pada pertengahan tahun lalu memiliki fitur Secret Conversation setelah dirilis oleh sang pemiliknya, yakni Facebook.

Perbedaan antara fitur pengenkripsian data pada Messenger dengan aplikasi-aplikasi messenger lainnya, pengguna di sini bakal diberikan kebebasan untuk menggunakan fitur tersebut atau malah tidak sama sekali. Mengapa begitu? Karena, jika fitur pengenkripsian data ini diaktifkan maka fitur-fitur lainnya yang dimiliki oleh Messenger, seperti animasi GIF atau pun penyimpanan percakapan akan menjadi tidak bisa diaktifkan.

Lalu, bagaimanakan cara untuk mengaktifkan fitur Secret Conversation tersebut di aplikasi Messenger milik Facebook?

  1. Bukalah aplikasi Facebook Messenger, dan pilih teman yang akan diajak untuk chatting.
  2. Setelah terbuka, pilihlah icon (i) untuk menampilkan informasi chatting dengan teman yang dipilih tersebut.
  3. Pilihlah Secret Conversation untuk mengaktifkan fitur pengenkripsian data yang dimiliki aplikasi ini.
  4. Percakapan kalian dengan teman yang dipilih tadi pun sudah mendapatkan pengenkripsian data secara end-to-end. Nantinya, window percakapan kalian pun akan berubah warnanya menjadi hitam.
  5. Selain itu, fitur pengenkripsian data ini juga bisa membuat fitur durasi pada sebuah pesan dapat bertahan. Lakukan tap pada icon berbentuk jam, kemudian tentukanlah kapan sebuah percakapan akan menghilang secara otomatis setelah diterima oleh kontak yang dipilih untuk menerimanya.

Selamat mencobanya pada smartphone Anda, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top