REVIEW

Carmageddon, Game Balap Mobil Gila penuh Nostalgia

Andy Chan   17 Sep 2020
Carmageddon, Game Balap Mobil Gila penuh Nostalgia

Pernah mendengar sebuah game berjudul Carmageddon? Game tersebut adalah sebuah game balap mobil di tahun 1997 silam dari Interplay Entertaiment yang mengisahkan mengenai balapan mobil di dunia open world yang menarik. Kini, game tersebut dihadirkan kembali secara otentik di ponsel pintar kalian oleh HandyGames agar bisa dinikmati oleh gamer-gamer masa kini.

Apakah Carmageddon itu?

Pada intinya, Carmageddon adalah sebuah game balapan di mana pemain harus mengelilingi sebuah track melawan pembalap-pembalap lain. Namun sebenarnya game ini lebih mengedepankan bagaimana caranya megakibatkan kerusakan dan kehancuran sebanyak mungkin ke seluruh lingkungan permainan, baik itu ke mobil lawan, ataupun menggilas para pejalan kaki. Boleh dibilang, pemain bebas mengemudikan kendaraannya kemana saja untuk menghancurkan segalanya dalam game ini, dan jika kalian memang ingin balapan, sepertinya kalian salah pilih game.

Pengendalian Kendaraan

Cara mengendalikan kendaraan di sini dibagi menjadi tiga buah mode. Yang pertama adalah mode virtual control, di mana pemain menggunakan tombol-tombol virtual di layar sentuh untuk mengendalikan kendaraannya. Metode kedua adalah menggunakan analog, jadi pengendalian tidak lagi menggunakan tombol, melainkan menggunakan virtual analog. Dan metode terakhir tentu saja adalah menggunakan tilt, alias motion control.

Bebas Berkeliaran ke Mana saja

Ada beberapa cara untuk memenangkan Carmageddon, yang pertama adalah cara yang membosankan, yaitu keliling lapangan dan menyelesaikan pertandingannya secara normal, yang kedua adalah menghancurkan seluruh lawan, dan yang ketiga adalah membunuh semua pejalan kaki yang berada di medan permainan.Untuk berhasil melakukan hal yang ketiga ini, pemain diberikan kebebasan untuk berkeliling di lokasi permainan, tentunya dengan musuh-musuh yang juga ikut berkeliaran.

Power Up

Selain menggunakan kendaraan sebagai senjata maut, pemain juga bisa menemukan berbagai macam power up yang bertebaran di medan permainan yang luas tersebut, seperti power up untuk menambah batasan waktu, atau untuk memberikan kekuatan kendaraan ketika sedang berada di dalam air.

Sistem Upgrade

Dengan menggunakan uang yang didapatkan dari bertanding Carmageddon, pemain akan bisa melakukan upgrade pada kendaraan miliknya, seperti menambahkan armor ataupun kekuatan kendaraan.

Pengendalian yang Butuh Presisi

Salah satu hal yang mungkin dirasakan sulit dalam permainan ini adalah pengendalian kendaraannya yang cukup ketat. Kendaraan tidak akan bisa belok dengan cepat apabila kecepatannya sedang tinggi, dan resikonya adalah menabrak sesuatu kalau coba-coba belok seperti game balap ala arcade. Dalam Carmageddon, pemain harus memanfaatkan tombol rem tangan untuk bisa belok secara drift, dan itupun masih butuh keahlian lebih untuk bisa belok secara sempurna.

Jadi kurang lebih, game ini bisa dibilang seru dan keren, namun untuk menjadi benar-benar jago dalam memainkannya, sangat dibutuhkan waktu belajar yang tidak singkat.

Persis seperti Game Aslinya

Carmageddon disajikan di ponsel pintar secara otentik, dengan kata lain, game ini memang benar-benar persis tampilannya seperti game aslinya di tahun 1997 silam. Permainannya menggunakan model tiga dimensi tahun 90'an, lengkap dengan karakter pejalan kaki yang dua dimensi. Dengan berbagai macam lokasi menarik dan kendaraan untuk dimainkan, Carmageddon versi mobile ini memang pantas disebut port yang otentik dan membuat pemain bisa bernostalgia.

Berfitur Free-to-Play

Tentu saja, dengan hadirnya Carmageddon secara gratis, akan ada fitur-fitur free-to-play yang ikutan hadir di dalamnya, yaitu mikrotransaksi. Pemain akan bisa langsung membeli semua kendaraan dan balapan di dalamnya via mikrotransaksi. Tapi di luar itu, pemain bebas main kapan saja karena tidak ada sistem stamina ataupun kebutuhan online sama sekali di Carmageddon.

Dibandingkan dengan game balapan yang linear, Carmageddon adalah game balapan yang fenomenal dan sangat memorable di masanya. Kini kalian bisa menikmati game tersebut on-the-go dengan Carmageddon untuk mobile ini.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top