REVIEW

Card Thief: Game Stealth Berbasiskan Kartu yang Sangat Menantang

Andy Chan   20 Jan 2021
Card Thief: Game Stealth Berbasiskan Kartu yang Sangat Menantang

Bayangkan skenario ini: Kamu adalah seorang maling kawakan yang berusaha untuk menyelinap di sebuah tempat, sambil memadamkan obor, mencuri dari kantong penjaga, merampok peti harta, dan kemudian kabur dari lokasi tersebut tanpa tertangkap. Apakah kira-kira kalian bisa melakukannya? Itulah esensi dari game berjudul Card Thief ini.

Konsep Permainan yang Unik

Dalam Card Thief buatan Tinytouchtales ini, pemain bergerak di sebuah medan permainan berukuran 3x3, dengan cara mengambil kartu-kartu yang berada di atasnya. Setiap kotak dalam ukuran 3x3 ini merupakan representasi dari sebuah ruangan, jadi kartu-kartu di atasnya merupakan ruangan yang bisa disusupi oleh sang maling. Kartu-kartu ini dibagikan secara acak, di mana isinya bisa berupa penjaga, obor yang menyalakan ruangan di sekitarnya, hingga kartu peti harta yang menjadi tujuan utama sang maling.

Cara Bermain

Bermain Card Thief ternyata cukup kompleks. Pemain harus menggerakkan karakternya sang maling di medan permainan 3x3 ini dengan cara menarik garis. Perhatikan di bagian atas kartu maling, terdapat 10 buah point, itu adalah angka stealth yang dimiliki olehnya. Setiap melangkah ke ruangan baru, maka stealth point ini akan dipakai sesuai dengan angka yang tertera di kartunya. Selain ruangan yang menghabiskan stealth point, terkadang ada juga ruangan harta dan ruangan bersembunyi yang tidak menggunakan stealth point, juga ada ruangan yang mengisi stealth point.

Bergerak di Medan Permainan

Begitu sudah menentukan jalan yang akan dilaluinya, maka pemain tinggal menahan sentuhan di kartu sang maling, dan dia pun akan bergerak sesuai jalur yang sudah dibuat pemain. Setiap turn, pemain harus melakukan dua buah langkah atau lebih, jadi tidak boleh hanya melangkah satu kali saja.

Mencuri Harta dan Meloloskan Diri

Di setiap lokasi pencurian, ada sebuah peti harta yang menjadi tujuan utama permainan. Semakin lama peti harta ini berada di medan permainan, semakin tinggi pula nilai harta yang ada di dalamnya, jadi ada baiknya pemain membiarkan peti harta tersebut sampai kira-kira sudah cukup banyak isinya. Setelah berhasil mendapatkan peti harta, pemain tinggal mencari kartu pintu untuk kabur.

Penggunaan Item

Di setiap level, pemain bisa membawa tiga buah item untuk membantunya. Item ini bentuknya kartu juga, namun efeknya ada bermacam-macam. Salah satu item yang diberikan oleh game-nya di awal permainan adalah item yang menambahkan jumlah stealth point lima buah, jadi pemain memiliki kesempatan untuk melanjutkan permainan ketika stealth point-nya sudah habis. Item ini bisa didapatkan dan diperkuat dengan menggunakan hasil curian sang maling di markasnya.

Tertangkap dan Game Over

Apabila pemain sampai kehabisan stealth point, maka begitu mereka terekspos oleh para penjaga, sang maling akan langsung ditangkap, dan permainan pun berakhir dengan kegagalan total pada misi pencurian hartanya. Tidak ada pilihan lain selain mencoba untuk mengulang misi pencurian baru kalau ini terjadi.

Artwork bergaya Medieval

Dengan settingnya di jaman medieval, Card Thief tampil dengan artwork yang juga bergaya agak gothic, di mana pemain bisa mencuri di empat buah lokasi yang menarik. Ada Black Manor, Castle Wolfskull, Castle Owlclaw, hingga Castel Bloodeye, masing-masing tentunya dengan harta yang berlimpah. Permainannya sendiri tidak terlalu memiliki banyak animasi, namun dengan iringan musik yang agak kelam, membuat suasana gothic-nya lebih terasa.

Game Kartu Gratisan

Card Thief merupakan game free-to-play yang berarti bisa dimainkan oleh semua orang tanpa perlu membayar sedikitpun. Game ini tidak memiliki sistem stamina, meskipun tetap ada iklan yang tampil di dalamnya. Tapi berhubung Card Thief ini tidak perlu koneksi Internet juga, dengan cara memainkannya secara offline pun sudah menghilangkan semua iklan di dalamnya. Sedikit waktu tunggu akan dikenakan kepada pemain ketika ingin membuka peti harta yang sudah dicurinya, namun kalau tidak menginginkan ada waktu tunggu, pemain dipersilahkan untuk membeli versi VIP nya seharga Rp. 48.000,- saja.

Secara keseluruhan, Card Thief bukanlah game yang mudah. Kecuali kalian memiliki strategi yang benar-benar bagus, biasanya misi pencurian harta di sebuah lokasi akan berakhir dengan tertangkapnya sang maling, dan seluruh usaha pemain menjadi sia-sia. Namun di situlah juga menariknya game ini, karena tantangannya yang sangat tinggi inilah membuat pemain menjadi penasaran. Jika kalian suka game yang penuh tantangan, Card Thief perlu kalian jajal!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top