TIPS

Begini Caranya Hemat Kuota Menonton Streaming di Netflix

Dwi K   22 Aug 2019
Begini Caranya Hemat Kuota Menonton Streaming di Netflix

Menonton secara streaming di Netflix memanglah asyik. Mengikuti tayangan serial Netflix yang kita suka secara marathon atau menonton film box office yang belum kita tonton itu tentunya sudah menjadi salah satu kebiasaan pada zaman sekarang.

Namun, jika kita memiliki hobi untuk menonton secara streaming, maka kuota kita tentunya juga serasa mengalir dengan mudahnya sampai habis. Tentunya, sayang kalau kuota yang kita miliki itu langsung habis, dong.

Lantas, bagaimana caranya supaya kita bisa menonton di Netflix namun kuota kita bisa tetap awet? Yuk, kita bahas caranya dengan lebih lanjut di sini.

Setting Paket Data Netflix

Netflix memiliki pengaturan sendiri untuk penggunaan paket data yang digunakan para penggunanya untuk menonton secara streaming di sana.

Caranya pun cukup mudah, hanya dengan membuka menu 'More' lalu pilih 'App Settings.' Jika sudah masuk, maka pilihlah 'Cellular Data Usage,' dan di sini akan ada beberapa pilihan yang ditampilkan untuk mengatur data.

  1. Automatic
    Pengaturan ini akan memberi kebebasan pada Netflix untuk mengatur data sesuai dengan kualitas video yang kita tonton. Ini adalah pengaturan default dari Netflix dimana menonton secara streaming selama 4 jam akan menghabiskan kuota yang kita miliki sekitar 1 GB.
  2. Wi-Fi only
    Pengaturan ini membuat kita hanya bisa menonton secara streaming jika terhubung dengan koneksi Wi-Fi. Dengan ini, kuota kita tentunya akan amat sangat dihemat dari aktivitas menonton secara streaming.
  3. Save Data
    Pengaturan ini membuat kita hanya bisa memakai kuota sekitar 1 GB untuk menonton secara streaming dalam kurun waktu selama 6 jam.
  4. Maximum Data
    Pengaturan ini dikhususkan untuk para pengguna yang memiliki kuota tidak terbatas atau yang tidak takut jika kuotanya sampai habis. Hal tersebut dikarenakan pengaturan ini membuat kita bisa menonton secara streaming dengan resolusi tertinggi. Kuota sebanyak 1 GB dengan mode ini bisa langsung habis hanya dalam hitungan 20 menit saja!

Setting Kualitas Streaming

Di sini, kita sebagai pengguna Netflix bisa lebih dimudahkan dalam hal pengaturan dengan diberikannya kemampuan untuk mengatur kualitas streaming saja.

  1. 360p = Low
    Untuk menonton secara streaming dengan kualitas Low biasanya menghabiskan kuota sebesar 0.3GB dalam waktu 1 jam. Lebih hemat, namun kita harus mengorbankan kualitas.
  2. 480p = Medium
    Untuk menonton secara streaming dengan kualitas Medium biasanya menghabiskan kuota sebesar 0.7GB dalam waktu 1 jam.
  3. High (HD)
    Untuk menonton secara streaming dengan kualitas High (HD) biasanya menghabiskan kuota sebesar 3GB dalam waktu 1 jam. Kualitas High (HD) tentunya sudah merupakan kualtas yang cukup mumpuni untuk menonton secara streaming
  4. Ultra High (Ultra HD)
    Untuk menonton secara streaming dengan kualitas Ultra High (Ultra HD) biasanya menghabiskan kuota sebesar 7GB dalam waktu 1 jam. Setting ini merupakan setting terbaik untuk menonton secara streaming di platform Netflix.

Meski begitu, Netflix juga memiliki pengaturan Auto dimana mereka akan menyesuaikan kualitas dengan kecepatan internet yang kita miliki. Namun, dalam pengaturan ini, kita mungkin akan mengalami kesulitan untuk mengatur penggunaan kuota kita.

Download melalui Wi-Fi

Ini merupakan cara terakhir yang bisa ditempuh jika kita memang ingin melakukan penghematan secara maksimal. Ya, kita bisa men-download serial atau film yang ingin ditonton terlebih dahulu pada saat terhubung dengan koneksi Wi-Fi.

Hal ini mungkin bakal cukup merepotkan, namun tentunya bakal sangat berguna jika kita memiliki rencana akan bepergian dengan transportasi yang belum tentu membuat kita dapat memiliki jaringan yang bisa stabil secara kontinyu.

Cara men-download ini pun sebenarnya cukup mudah, hanya dengan mengklik tombol 'Download' di dekat judul serial atau film yang akan kita tonton. Di sini, kita juga bisa sekaligus mengatur kualitas video yang ingin di-download. Semakin tinggi kualitasnya, maka tentunya semakin besar penyimpanan data yang bakal digunakan.

Nah, tadi itu merupakan tips-tips dimana kita bisa berhemat kuota tapi masih tetap bisa melakukan aktivitas menonton secara streaming di Netflix. Apakah kalian memiliki atau pun ingin menambahkan tips-tips berhemat cara kalian juga? Sampaikan melalui kolom komentar di bawah, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top