TIPS

Cara Mengelola Ruang Penyimpanan di iOS 11

Dikdok   14 Dec 2017
Cara Mengelola Ruang Penyimpanan di iOS 11

Penuhnya ruang penyimpanan dipastikan pernah dialami oleh kalian yang merupakan para pengguna gadget. Yang menyebalkan dari hal tersebut, tentu saja adalah terhambatnya proses menyimpan dokumen atau pun meng-install aplikasi baru.

Untuk mengatasi hal tersebut, Apple ternyata telah menyisipkan sebuah fitur pengosongan ruang penyimpanan secara otomatis pada iOS 11, lho. Bukan hanya sekedar menghapusnya saja, kita dengan menggunakan fitur tersebut bahkan bisa mengontrol seberapa besarnya ruang penyimpanan, hingga mengetahui file-file apa saja yang memakan memori dengan jumlah cukup besar.

Nah, merasa penasaran menyoal bagaimana caranya untuk menggunakan fitur tersebut? Marilah menyimak caranya sebagaimana akan dijelaskan seperti di bawah ini:

Cara untuk mengelola ruang penyimpanan di iOS 11:

  1. Pilihlah opsi Settings
  2. Lanjutkan dengan membuka opsi General > iPhone Storage
  3. Pada tab Recommendation, kalian bisa memilih berbagai rekomendasi untuk memperluas ruang penyimpanan. Aktifkan beberapa rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, Opsi Offload Unused Apps sendiri memungkinkan perangkat untuk menghapus aplikasi yang jarang digunakan secara otomatis pada saat ruang penyimpanan tersisa sedikit lagi. Sedangkan opsi Auto Delete Old Conversation memungkinkan perangkat untuk menghapus seluruh pesan dan attachment yang telah terkirim atau pun diterima lebih dari satu tahun yang lalu secara otomatis.
  4. Ketuk pilihan Show All untuk melihat lebih banyak rekomendasi aplikasi yang bisa dikelola ruang penyimpanannya. Pada tampilan ini, akan terlihat seluruh aplikasi yang terdapat pada perangkat beserta besaran ruang penyimpanan yang digunakan serta informasi menyoal kapan terakhir kalinya bagi pengguna untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Sedikit penjelasan tambahan, kita tidak perlu sampai merasa khawatir akan kehilangan berbagai data dari aplikasi yang dihapus secara otomatis ketika mengaktifkan fitur Offload Unused Data. Pasalnya, berbagai data dari aplikasi-aplikasi yang dihapus akan tetap disimpan oleh gadget kita. Jadi, ketika kita akan men-download aplikasi tersebut kembali di masa mendatang, maka data-data tersebut tetap bisa diakses kembali dengan mudah.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top