TIPS TRIK

Cara Mengambil Gambar dengan Teknik Lensa Blur di Android

Ayu Handayani   17 Oct 2017
Cara Mengambil Gambar dengan Teknik Lensa Blur di Android

Bagi Anda yang pengguna smartphone Android, penggunaan kamera bawaan smartphone memang tidak akan selalu bisa mengambil gambar secara canggih bak kamera DSLR. Namun, jangan khawatir, ternyata untuk mengambil gambar yang bagus ada caranya sendiri, lho. Yaitu, dengan menggunakan aplikasi yang bisa di-download lewat Google Playstore.

Simaklah caranya di bawah ini, agar hasil foto Anda bisa tampak profesional dengan menggunakan teknik lensa blur pada kamera smartphone Anda.

Menggunakan Software atau Aplikasi

Dengan software tambahan memang akan sangat membantu dalam menggunakan camera untuk membuat foto blur. Ada beberapa aplikasi yang bisa menjadi pilihan rekomendasi dari tim JurnalApps.

Menggunakan Aplikasi Google Camera

1. Download Google Camera di Google Play Store.

2. Install Google Camera tadi, dan bukalah aplikasinya. Nantinya, Anda akan ditanyai lokasi pengambilan gambar pada foto Anda. Anda harus memberikan centang pada “Enable” lalu kliklah Next.

3. Lakukan swipe ke arah kiri dan pilihlah “Lens Blur.”

4. Nantinya, aplikasi ini akan memberikan tutorial bagaimana cara untuk mendapatkan gambar dengan menggunakan “Lens Blur.”

5. Anda pun akan kembali pada Google Camera, maka pilihlah objek yang sudah Anda tentukan lalu ketika sudah terfokus, lakukan klik pada gambar Anda tersebut dan naikkan smartphone Anda secara perlahan sembari membuat objek yang Anda tuju tetap berada di tengah.

6. Sekarang, Anda telah berhasil membuat foto dengan background yang blur. Anda pun bisa mengulang fokus Anda sesuai dengan yang Anda inginkan.

Menggunakan Aplikasi After Focus

Aplikasi Android lainnya untuk menciptakan gambar foto yang mirip dengan hasil dari kamera DSLR adalah dengan menggunakan aplikasi After Focus. Selain berbagai macam filter yang bisa Anda gunakan, Anda juga bisa mengatur blur untuk foto yang Anda ambil dengan aplikasi ini.

1. Download dan install aplikasi AfterFocus pada Android Anda. Lalu, bukalah aplikasi tersebut.

2. Sekarang, coba pilih foto yang sudah pernah Anda ambil lewat kamera Anda, lalu lakukan klik pada “Smart Focus.” Maka, Anda akan melihat layar seperti di bawah ini. Klik pada ikon yang terdapat pada gambar di bawah ini, lalu pilihlah opsi “Smart Focus” dan gambar area yang tidak ingin Anda fokuskan.

3. Kemudian, Anda bisa memilih pilihan Soft Focus pada opsi di bawah ini pada area yang ingin Anda buat memiliki efek blur yang soft.

4. Selanjutnya, Anda dapat memilih opsi “Hard Blur,” dan pilihlah area yang ingin Anda buat menjadi hard blur.

5. Terakhir, cobalah klik pada Next dan tambahkan efek-efek blur tadi. Lantas, lakukan save terhadap image tersebut.

Menggunakan Aplikasi Focus Effect untuk Menambahkan Efek Blur pada Gambar

Aplikasi Focus Effect ini dapat membuat kalian memilih area mana yang ingin menjadi fokus dan menerapkan blur pada background di foto. Dikarenakan aplikasi ini adalah sebuah foto editor, maka kalian ppun bisa menggunakan gambar-gambar yang sudah pernah kalian ambil sebelumnya. Selain itu, juga ada fitur-fitur lainnya, seperti filter, brightness, dan contrast.

Menggunakan Lensa Eksternal

Tidak hanya menggunakan aplikasi, efek foto blur juga bisa dibantu dengan aksesoris-aksesoris tambahan untuk kamera handphone. Lensa tambahan misalnya, ini digunakan untuk mempermudah kita untuk mendapatkan foto blur. Kita bisa membeli lensa tambahan dengan mode close-up, bokeh atau macro. Khusus untuk lensa macro, biasanya hanya digunakan untuk menghasilkan foto dengan objek yang sangat kecil.

Tips dan Saran Pemgambilan Gambar Blur

Atur Aperture Kamera Handphone

Aperture ini sendiri adalah bukaan pada lensa kamera handphone agar mempermudah kita untuk mengambil gambar blur ini. Semakin besar bukaannya, maka akan semakin mudah mendapatkan gambar blur.

Bagaimana cara kita mengetahui bukaannya. Biasanya akan disebutkan saat kita membeli handphone atau ada di website merek handphone yang kita beli.

Pengaturan pun biasanya tersedia di setting standar hndphone kita

Gunakan Manual Fokus

Umumnya kamera handphone yang kita gunakan sudah diatur agar menggunakan autofocus dimana hal ini untuk memudahkan kita dalam mengambil gambar dan video. Namun ternyata manual focus akan mebantu kita untuk mengambil gambar blur, mengapa? Sebab biasanya manual focus memiliki fitur DOF atau Depth of Field yang akan memfokuskan kamera ke satu poin atau titik saja sehingga bagian yang tidak difokuskan akan menjadi blur. Tentu hal ini menjadikannya lebih mudah untuk mengambik gambar blur.

Jika memang kamera handphone kita tidak memilikinya, maka kita bisa menggunakan fitur touch focus yang ada di handphone kita.

Latihan!

Semua tips, trik, dan saran tadi hanya akan berguna jika kita banyak latihan dan banyak mencoba mengambil gambar. Semakin banyak latihan, maka semakin baik hasilnya.

Ditulis ulang oleh: Dwi K

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top