TIPS

Cara Membuat Sticker untuk WhatsApp

Andy Chan   22 Nov 2018
Cara Membuat Sticker untuk WhatsApp

Hampir semua orang di Indonesia menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi. Mengapa tidak, WhatsApp menawarkan kemudahan berkirim file, berbagi gambar, bahkan mengirimkan video. Nah, baru-baru ini, WhatsApp memperkenalkan sebuah fitur unik bernama Stickers dalam update terbaru mereka.

Fitur sticker ini pun langsung ramai digunakan oleh seluruh pengguna WhatsApp, karena selain unik, banyak sticker lucu yang bisa mengekspresikan dirimu ketika sedang chatting secara lebih menarik dibandingkan hanya dengan menggunakan smileys.

Tahukah Anda bahwa Sticker WhatsApp ini bisa Anda buat sendiri untuk dipublikasikan di dalam Aplikasi WhatsApp? Coba simak caranya di bawah ini.

Langkah-langkah yang harus dilakukan

Anda bisa membuat sticker sendiri di aplikasi Android atau iOS. Sticker tersebut nantinya bisa dipublikasikan sama seperti aplikasi lainnya ke Google Play Store ataupun Apple App Store, dan pengguna yang mengambil aplikasi Anda pun dapat bisa menggunakan sticker tersebut langsung dari dalam WhatsApp. Ingat bahwa kalian perlu membuat 3 buah sticker, karena nantinya kalian hanya bisa memasukkan sticker dalam satu set yang berisi tiga buah.

Menggunakan Photoshop di PC

Untuk menciptakan sticker, Anda bisa menggunakan program bernama Adobe Photoshop di PC Anda. Dengan menggunakan program image editing yang satu ini, Anda bisa menciptakan sendiri sebuah sticker dengan mengunakan foto apapun yang Anda miliki. Yang penting, image yang Anda buat itu harus berukuran 512x512 pixel, memiliki latar belakang transparan, serta garis tepi berwarna putih berukuran 8 pixel sebagai pembatas sticker.

- Hapus Latar Belakang

Untuk menghapus latar belakang dari sebuah gambar, pertama-tama, Anda perlu melakukan duplicate layer dengan cara memilih Layer > Duplicate Layer. Kemudian, di bagian Layers, hapuslah layer bernama Background. Kemudian, Anda cukup menggunakan lasso tool, lalu trace lah gambar yang ingin Anda jadikan sticker. Setelah gambar berhasil di-trace, cukup pilih Select > Inverse, dan kemudian tekan tombol delete untuk menghapus background-nya.

- Tambahkan Garis Tepi

Lalu setelah gambar tersebut bersih latar belakangnya, pilihlah Layer > Layer Styles > Stroke, dan ganti bagian color menjadi putih (kode #FFFFFF) serta rubah Size-nya menjadi 8 px.

- Save Image sebagai PNG

Terakhir, save-lah image sebagai file PNG dengan cara memilih Save As, lalu pilih format PNG.

Menggunakan Aplikasi di Ponsel

Cara paling mudah untuk menciptakan sticker ini sebenarnya adalah langsung di ponsel pintarmu sendiri. Caranya adalah dengan menggunakan Background Eraser untuk menghapus background, baik dari gambar favoritmu ataupun foto favoritmu. Langkahnya kurang lebih sama seperti menggunakan Photoshop:

- Hapus Latar Belakang

Setelah kalian meng-install aplikasi Background Erase, pilihlah icon Eraser dan pilih foto yang ingin digunakan. Hapuslah background tersebut dengan baik agar bisa digunakan oleh WhatsApp sebagai sticker secara sempurna.

- Save File-nya

Selanjutnya, kalian tinggal menyentuh tanda centang saja, dan file tersebut pun secara otomatis akan tersimpan sebagai file PNG. Mudah, kan?

Persyaratan Sticker WhatsApp

Jika Anda telah membuat sebuah sticker, Anda bisa mengirimkannya langsung dari dalam WhatsApp. Namun sticker di WhatsApp haruslah legal, sah dan diperbolehkan. Berikut adalah syarat yang harus dipenuhi dalam membuat sticker WhatsApp:

  • Setiap sticker merupakan gambar yang memiliki latar belakang yang transparan.
  • Sticker harus berukuran tepat 512x512 piksel.
  • Setiap sticker harus berukuran kurang dari 100 KB.
  • Anda juga harus membuat ikon yang akan digunakan untuk mewakili paket sticker Anda di pemilih atau baki sticker WhatsApp. Gambar ini harus berukuran 96x96 piksel dan kurang dari 50 KB.

Menambahkan Sticker Anda ke WhatsApp

Setelah semua langkah tersebut dilakukan, kini saatnya Anda menggunakan Sticker WhatsApp yang sudah dibuat ke dalam WhatsApp itu sendiri. Caranya adalah dengan menyentuh tombol smilies pada WhatsApp, lalu menyentuh tombol sticker. Di situ Anda bisa melihat ada tombol + yang gunanya adalah untuk menambahkan sticker. Sentuhlah tombol tersebut, di mana Anda akan melihat sekumpulan sticker yang disediakan. Scroll ke paling bawah, maka Anda pun akan melihat tombol "Get More Stickers".

Pilihlah Aplikasi Personal Stickers for WhatsApp buatan Stukalov, install aplikasi tersebut, maka kalian bisa melihat sticker kalian akan ditampilkan oleh aplikasi tersebut. Tinggal pilih tombol "Add" saja untuk memasukkan sticker-sticker buatan kalian itu ke dalam WhatsApp, dan sticker kalian pun siap untuk dibagikan ke teman-teman.

Selamat mencoba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top