TRIK

Cara Membatasi Penggunaan Data pada Facebook di Android

Escravania   21 Jan 2018
Cara Membatasi Penggunaan Data pada Facebook di Android

Facebook adalah salah satu aplikasi yang kita sukai namun juga kita benci. Walau tidak kita akui, banyak dari kita yang gemar menghabiskan waktunya untuk berselancar di jejaring sosial tersebut, hanya untuk merasa iri dengan kehidupan teman atau kenalan kita yang luar biasa, mengikuti berbagai kuis yang tidak penting, dan mempercayai berbagai berita palsu yang bertebaran di dalamnya.

Facebook Social AndroidiOS Free Download Download

Jika kecanduan konten jejaring sosial saja dirasa tidak cukup buruk, maka Anda harus menyadari bahwa aplikasi Facebook cenderung tidak hanya menghabiskan masa pakai baterai Anda, tapi juga menguras data Anda. Berikut ini adalah beberapa tips tentang cara mengurangi penggunaan data di Facebook.

Pengaturan aplikasi untuk mengurangi penggunaan data Facebook

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika merasa khawatir bahwa Facebook menggunakan terlalu banyak data juga merupakan hal termudah yang dapat dilakukan. Jika Anda membagikan banyak foto dan video di Facebook, hal ini yang mungkin menjadi akar dari penyebab kesengsaraan data Anda. Contohnya adalah fitur pemutaran otomatis video (yang sangat menyebalkan). Untuk mengekang penggunaan data yang tidak perlu, lakukan hal-hal berikut ini:

  • Di dalam aplikasi Facebook, ketuk menu hamburger di sisi kanan dan bergulirlah ke bawah menuju ke Pengaturan Aplikasi.
  • Ketuk pada Pengaturan Aplikasi, dan Anda akan melihat daftar fitur toggle. Nonaktifkan toggle ‘Unggah foto dalam HD’ dan ‘Unggah video dalam HD.’
  • Untuk menonaktifkan fitur auto-play video Facebook, ketuk di pilihan Auto-play.
  • Sekarang, Anda dapat memilih jika, kapan, dan bagaimana video akan diputar secara otomatis di feed Facebook Anda.

Hidupkan mode Penghemat Data di Facebook

Facebook untuk Android juga memiliki mode Penghemat Data bawaan, yang secara teori dapat mengurangi ukuran gambar dan menonaktifkan pemutaran video secara otomatis. Pengaturan ini dapat dengan mudah diakses dengan cara yang sama seperti pengaturan aplikasi.

  • Di dalam aplikasi Facebook, ketuk menu hamburger di sisi kanan dan bergulirlah ke bawah menuju ke Penghemat Data.
  • Ketuk pada Penghemat Data, dan Anda akan melihat fitur toggle untuk menghidupkan dan mematikan Penghemat Data.
  • Saat mengaktifkan Penghemat Data, maka Anda juga akan memiliki opsi untuk mematikan fitur tersebut secara otomatis pada saat tersambung ke Wi-Fi.

Perlu dicatat bahwa pada saat Anda menghidupkan Penghemat Data, maka pengaturan Unggah foto dan video dalam HD di pengaturan aplikasi tetaplah tidak akan tersentuh. Jadi, jika Anda tidak mematikannya, fitur itu akan tetap menyala walau pun Penghemat Data sudah dinyalakan.

“Protect” data seluler

Menariknya, Facebook juga merekomendasikan aplikasi pihak ketiga untuk “mengendalikan data ponsel Anda dan melindungi informasi pribadi Anda.” Aplikasi bernama Protect ini dapat ditemukan di menu pengaturan, di bawah “Data seluler.” Jika Anda menekan tombol instal, maka Anda akan masuk ke Google Play Store dan disambut oleh serangkaian ulasan “menarik.” Sepertinya, aplikasi ini kurang dapat direkomendasikan –hanya dengan melihat dari ulasannya saja akan mencegah orang dari mencobanya.

Protect Free VPN+Data Manager Tools and Utilities Android Free Download

Facebook Lite

Jika Anda benar-benar ingin menghemat data dan juga tinggal di bagian dunia dimana koneksi data Anda sangat lambat, maka Facebook Lite adalah solusi untuk Anda. Facebook Lite adalah versi ringan dari aplikasi Facebook yang dirancang untuk memberi pengalaman yang lebih baik dan lebih cepat pada jaringan seluler yang lamban. Banyak fitur yang tidak terlalu penting pada Facebook yang dipangkas pada aplikasi ini, hingga menyisakan fitur-fitur penting utamanya saja. Namun, dengan begitu, data yang terpakai memang menjadi lebih sedikit dan berselancar di dalamnya pun akan jadi terasa lebih cepat.

Facebook Lite Social Android Free Download

Saat pertama kali dirilis, aplikasi ini hanyalah tersedia untuk sistem operasi iOS pada iPhone saja. Namun, hal ini seharusnya tidak benar-benar menghalangi penggemar Android sejati, karena Anda dapat mengunduh APK Facebook Lite dengan mudah (kami biasanya merekomendasikan APK Mirror). Namun, pengguna Android saat ini telah dapat ikut menikmati kenyamanan dalam menggunakan Facebook Lite dengan mengunduh aplikasinya secara resmi di Google Play Store.

Bagaimana? Cara untuk membatasi penggunaan data pada Facebook ini cukup mudah, bukan? Selamat mencobanya, ya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top