TIPS TRIK

Cara Memantau Penggunaan Data di Aplikasi Android

Ayu Handayani   02 Apr 2017
Cara Memantau Penggunaan Data di Aplikasi Android

Kalian seringkali merasa sebagai salah seorang yang paket datanya cepat habis? Wah, artinya kalian tidak pernah memantau penggunaan datamu. Sebenarnya, ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Salah satu penyebabnya adalah fitur Auto Update aplikasi yang aktif, atau sejumlah aplikasi mobile yang berjalan di latar belakang yang terus aktif, sehingga memakan data internet. Untuk memastikan hal ini, kalian bisa memantau data yang dikonsumsi sejumlah aplikasi mobile, lho.

Cara untuk memantau data yang kalian konsumsi tersebut adalah dengan membuka menu Settings, kemudian pilihlah Data Usage. Setelah terbuka, kalian bisa melihat daftat penggunaan data di masing-masing aplikasi mobile. Nantinya, daftar tersebut akan menampilkan aplikasi mobile dengan konsumsi data terbanyak. Bukalah aplikasi mobile tersebut, maka kalian pun baru bisa mengetahui detil terkait banyaknya data yang telah kalian gunakan.

Jika kalian ingin membatasi akses data tersebut, aktifkanlah opsi Restrict Background Data pada menu Settings. Jangan terlupa juga untuk mengatur auto update settings pada Google Play Store. Pastikanlah agar fungsi auto update kalian telah mati, dan baru bisa melakukan update dengan menggunakan Wi-Fi.

Melalui cara ini, kalian jadi bisa mengurangi risiko kuota internet yang cepat habis sekaligus memantau berapa penggunaan internet kalian dalam sebulan. Semoga bermanfaat, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top