TIPS TRIK

Cara Lakukan Pengaturan Smartphone untuk Para Orang Tua

Dikdok   29 Jun 2018
Cara Lakukan Pengaturan Smartphone untuk Para Orang Tua

Berbeda dengan generasi millenial yang begitu aktif dalam memanfaatkan teknologi, kaum lanjut usia memiliki pertimbangan tersendiri dalam memanfaatkan teknologi yang ada saat ini. Dalam kebanyakan kasus, banyak para lanjut usia yang tidak lagi mengikuti perkembangan teknologi disebabkan karena sudah memiliki keterbatasan fisik ataupun tidak memiliki kebutuhakn teknologi yang tinggi lagi.

Oleh karena itu dalam memanfaatkan perangkat Android sekalipun, para orang tua juga memiliki pengaturan tersendiri yang berbeda dengan banyak anak muda. Pengaturan smartphone Android milik orang tua haruslah sederhana dan tidak membingungkan untuk digunakan. Untuk itu kali ini Jurnal Apps akan memberikan beberapa pengaturan yang mungkin bisa dilakukan.

Cara Melakukan Pengaturan Smartphone untuk Para Orang Tua

1. Atur Akun Google / Gmail

Akun Google saat ini telah menjadi sebuah hal penting ketika menggunakan smartphone Android. Namun, hingga saat ini banyak para orang tua yang tidak mengurus emailnya dengan baik dan benar. Untuk menghindari permasalahan tersebut, ada baiknya kalian menyimpan password Gmail yang bersangkutan. Pastikan pula untuk menggunakan email kalian sebagai email alternatif untuk memilhkan password orang tua kalian jika terjadi masalah.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Semakin banyak aplikasi yang ada di smartphone tentu akan membuat orang tua menjadi kebingungan. Oleh karena itu ada baiknya hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan dan sisakan aplikasi yang memang sering diakses oleh mereka. Selain membuat penggunaan smartphone menjadi lebih mudah dan sederhana, hal ini bisa membuat kerja smartphone menjadi lebih ringan.

3. Atur Tampilan Handphone

Untuk memudahkan penggunaan, ada baiknya untuk membuat tampilan semudah dan sesederhana mungkin. Kalian bisa memperbesar ukuran teks agar tulisan mudah dibaca, ataupun menggunakan beberapa pilihan launcher sederhana untuk para orang tua (baca: Inilah 4 Pilihan Launcher Android untuk Para Orang Tua).

4. Atur Keyboard

Mengetik keyboard virtual tentu akan menjadi hal yang sangat merepotkan bagi para orang tua. Nah, guna mempermudah penggunaan smartphone, kalian bisa merubah ukuran keyboard menjadi lebih besar dan nonaktifkan beberapa fitur dari keyboard (auto-correct, prediction, dll).

5. Gunakan Fitur Aksesibilitas

Pada pengaturan Android, terdapat sebuah fitur untuk kebutuhan aksesibilitas lebih. Pilih dan atur fitur yang ada sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, kalian bisa mengaktifkan mode pembesaran. Mode ini akan memperbesar tampilan dengan menekan layar tiga kali. Lalu bisa diperbesar lagi dengan gestur jari (seperti zoom gambar biasanya).

Nah, itulah beberapa pengaturan yang mungkin bisa dilakukan untuk smartphone Android milik kaum lanjut usia. Semoga bermanfaat ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top