TIPS

Cara Ketahui Aplikasi Asli atau Palsu di Google Play Store

Dikdok   09 Mar 2018
Cara Ketahui Aplikasi Asli atau Palsu di Google Play Store

GFoogle melalui layanan Play Store-nya memang memiliki segudang aplikasi menarik yang bisa didownload baik secara gratis ataupun berbayar. Sayangnya, masih ada saja pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang sengaja memasukkan berbagai aplikasi 'abal-abal' demi meraup keuntungan dengan cara yang tidak baik.

Seringkali, aplikasi palsu yang hadir di Play Store ini menyamar menyerupai aplikasi terkenal yang banyak dicari oleh pengguna Android. Nantinya, jika ada pengguna yang tertipu dan mendownloadnya, maka aplikasi tersebut bisa saja memberikan adware, atau bahkan meminta data pengguna dan meminta akses tertentu untuk digunakan secara tidak bertanggung jawab.

Untuk itu, kali ini Jurnal Apps akan memberikan beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk membedakan mana apliaksi resmi dan palsu yang ada di Google Play Store. Penasaran? Simak terus artikel ini ya!

1. Nama aplikasi

Memalsukan sebuah produk, berarti aplikasi palsu tersebut akan dibuat semirip mungkin dari aplikasi aslinya. Biasanya, yang pasti akan dibuat semirip mungkin pertama kali adalah nama aplikasi hingga logo dari aplikasi. Oleh karena itu, sebelum mendownload sebuah aplikasi yang diinginkan, sebaiknya kita harus benar-benar memastikan terlebih dahulu nama dari aplikasi tersebut. Selanjutnya, cocokkan namanya dengan yang ada di Play Store. Pastikan tidak ada perbedaan yang aneh dari nama aplikasi tersebut.

2. Nama developer

Aplikasi yang hadir secara resmi tentunya juga akan memiliki developer yang resmi pula. Oleh karena itu, nama developer juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan sebelum mendownload sebuah aplikasi.

Biasanya, aplikasi abal-aball ini akan muncul di Play Store dengan nama developer yang cukup aneh.

3. Review & rating

Review dan rating merupakan hal penting lainnya yang harus kita perhatikan sebelum mendownload sebuah aplikasi. Biasanya, beberapa pengguna yang penah men-download dan menyadari aplikasi tersebut palsu nantinya akan memberikan sebuah rating dan review yang buruk kepada aplikasi tersebut.

4. Jumlah download

Aplikasi resmi tentunya memiliki jumlah download yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan apliaksi palsu.

5. Screenshot

Hal terakhir yang bisa diperhatikan adalah hasil screenshot. Pasalnya, Google akan menindak developer yang menggunakan screenshot bukan dari aplikasi miliknya sendiri, termasuk mengambil screenshot dari aplikasi yang asli. Meski developer sudah membuat aplikasi dengan tampilan mirip, tentu akan ada sesuatu yang aneh dan terlihat berbeda dari screenshot yang dimiliki aplikasi palsu tersebut.

Nah, Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membedakan mana aplikasi asli dan palsu agar tidak terjebak. Semoga artikel ini dapat membantu ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top