LOADING
TIPS

Cara Identifikasi iPhone Original, Refurbished, atau Replacement Unit

Dikdok   10 Sep 2018
Cara Identifikasi iPhone Original, Refurbished, atau Replacement Unit

Jika kita membeli sebuah perangkat iPhone, kita pastinya akan bertanya-tanya apakah iPhone yang kita miliki adalah perangkat yang dibeli baru, Refurbished atau merupakan Replacement Unit. Pasalnya siapapun tentunya tidak ingin ditipu, terlebih belakangan ini telah banyak kasus penjualan iPhone yang bertuliskan original atau asli, namun iPhone tersebut ternyata merupakan bekas atau bukan asli.

Oleh karena itu kali ini Jurnal Apps akan memberikan sebuah cara untuk membedakan perangkat iPhone asli, Refurbised dan juga Replacement Unit.

Bagi yang belum begitu memahami, iPhone Refurbised merupakan iPhone bekas yang diambil kembali oleh pihak Apple karena adanya kerusakan yang fatal. Selanjutnya pemilik iPhone tersebut akan mendapatkan perangkat iPhone baru sebagai klaim garansi, sedangkan iPhone rusak tersebut akan diperbaiki oleh Apple untuk dijual kembali dengan harga yang lebih murah (refurbished).

Sedangkan Replacement Unit adalah ketika Apple memperbaiki dan melakukan penggantian unit pada bagian yang rusak di perangkat iPhone. Sebagai contoh, kamera ketika kamera iPhone rusak, maka iPhone hanya akan melakuakn penggantian unit pada bagian kameranya saja.

Berikut adalah cara membedakannya:

  1. Pada opsi Pengaturan. Pilih Umum (General).

  1. Buka opsi Mengenai (About).
  2. Temukan tulisan Model. Baca dan identifikasi keterangan yang tertera pada model. Kalian akan melihat sebuah kombinasi huruf dan angka seperti “ME341LL/A”. Huruf pertama akan memberi keterangan apakah iPhone tersebut Original, Refurbished atau Replacement Unit. Berikut adalah penjelasannya:
    • M – Perangkat baru, artinya perangkat itu dibeli baru di toko resmi Apple.
    • F – Refurbished device, artinya perangkat telah melalui proses perbaikan oleh pihak Apple kemudian dijual lagi oleh pihak Apple.
    • N – Replacement Unit, artinya perangkat yang awalnya dibeli kemudian rusak lalu diganti oleh pihak Apple dengan perangkat yang baru.

Itulah cara mudah untuk mengidentifikasi iPhone Original, Refurbished atau Replacement Unit. Semoga informasi ini bermanfaat!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top