REVIEW

Car Mechanic Simulator 18 Perlihatkan Kompleksnya Memperbaiki Kendaraan Rusak

Andy Chan   19 Jul 2019
Car Mechanic Simulator 18 Perlihatkan Kompleksnya Memperbaiki Kendaraan Rusak

Para penggemar mobil tentunya suka melaju kencang dengan mobil favorit mereka, baik itu di jalan raya, atau pun di sebuah lapangan balapan. Tapi di balik asyiknya melaju dengan mobil, tentunya ada faktor yang membuat kendaraan tersebut tetap prima. Faktor tersebut tidak lain tidak bukan adalah perawatan kendaraan bersama dengan seorang montir yang handal. Mari kita lihat sisi perawatan kendaraan tersebut dalam Car Mechanic Simulator 18.

Simulasi menjadi Montir

Dalam Car Mechanic Simulator 18 persembahan dari PlayWay SA ini, pemain akan berperan sebagai seorang montir kawakan yang bertugas untuk mencari mobil-mobil bekas dan kemudian menyulap mobil tersebut menjadi seperti baru lagi. Simak bagaimana seluk beluk perbaikan kendaraan dalam game unik ini.

Cara memperbaiki Kendaraan

Pernahkah kalian membongkar sebuah kendaraan sampai ke bagian-bagian paling kecil? Hal tersebut bisa dilakukan di game ini.

Bagian Luar Kendaraan

Hal pertama yang perlu diperbaiki tentu saja adalah penampilan dari sebuah kendaraan. Siapa yang mau membeli mobil yang lecet-lecet dan catnya kusam? Dengan menggunakan menu Body, pemain bisa menghilangkan lecet-lecet pada mobil dengan menyekanya menggunakan layar sentuh, lalu memilih warna untuk mengecat mobil agar terlihat kinclong lagi.

Bagian Dalam Kendaraan (Mesin)

Setelah pemain berhasil membuat kendaraan layak tampil, maka mereka bisa membongkar bagian rangka dan mesin dari kendaraan tersebut sampai ke detail paling kecil. Cukup menyentuh tombol "Show Parts" untuk melihat bagian mana dari kendaraan yang perlu diperbaiki (ditandai dengan warna kuning). Lalu pemain bisa membongkar satu-satu bagian tersebut dan kemudian mencopotnya untuk diganti dengan parts yang baru.

Membeli Parts Baru

Setelah berhasil mengidentifikasi bagian mana dari mesin yang perlu diganti, pemain pun bisa membeli parts tersebut di sebuah toko. Setelah dibeli, pemain tinggal memasang kembali semua parts yang rusak ke dalam rangka mesin dan kemudian jadilah mesin tersebut seperti baru lagi.

Menjual & Membeli Kendaraan

Setelah berhasil memperbaiki dan membuat kendaraan bekas menjadi tampak baru, maka kendaraan tersebut akan bisa dijual ke sebuah dealer. Kemudian pemain pun bisa mengunjungi berbagai tempat untuk mencari sebuah kendaraan yang rusak, membeli mereka, dan mengulang kembali proses perbaikan mobil. Itulah siklus permainan Car Mechanic Simulator 18.

Detail yang Mengesankan

Car Mechanic Simulator 18 memang pantas disebut sebagai game simulator. Detail dari sebuah kendaraan di dalam game ini ditampilkan dalam 3D secara kompleks, dan pemain pun bisa memutar-mutar kameranya untuk memeriksa setiap sudut kendaraan, baik dari luar, maupun bagian dalamnya.

Waktu Tunggu & Iklan yang Mengganggu

Sayangnya, Car Mechanic Simulator 18 yang bisa dimainkan secara free-to-play ini ternyata dipenuhi dengan iklan. Game ini sebaiknya dimainkan secara offline agar iklan tersebut tidak mengganggu selama permainan berlangsung. Di lain pihak, game ini juga menggunakan sistem "waktu tunggu" yang benar-benar menghalangi jalannya permainan. Apabila pemain ingin menjual sebuah kendaraan, maka pemain harus menunggu waktu lelang yang cukup lama, baru bisa mengosongkan garasi dan kemudian membeli kendaraan bekas lagi.

Diarahkan untuk Beli Mata Uang Premium

Kalau game ini diperhatikan, hampir semua hal di dalamnya itu menawarkan alternatif menggunakan mata uang premium. Membeli mobil bekas, misalnya, dapatnya akan secara acak, kecuali pemain bersedia membayar mata uang premium. Demikian juga halnya kemudahan membeli parts secara langsung, membeli slot parkir, kemampuan untuk menjual langsung saat itu juga tanpa menunggu, dan lain sebagainya. Tidak heran kalau mereka menyediakan mata uang premium yang harus dibeli dengan uang asli, karena hal tersebut akan mempercepat waktu main secara signifikan.

Meskipun game ini menarik bagi para penggemar mobil, namun pada akhirnya, membongkar sebuah kendaraan sampai ke jeroannya yang kompleks tersebut ternyata tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Kekompleksan inilah yang mungkin akan mengusir para gamer kasual dari Car Mechanic Simulator 18 yang boleh dibilang cukup hardcore ini.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top