REVIEW

Cantiknya Reaksi Bunga Mekar Berantai dalam Blossom Blast Saga

Andy Chan   28 Dec 2018
Cantiknya Reaksi Bunga Mekar Berantai dalam Blossom Blast Saga

Rasanya kalau menyebut nama developer "King", yang terbayang sudah pasti adalah berbagai macam game puzzle buatan mereka. Mengapa tidak? King sangat terkenal dengan seri game saga mereka seperti Candy Crush Saga, Diamond Digger Saga, Papa Pear Saga, Candy Crush Soda Saga, dan lainnya. Kini mereka pun mempersembahkan satu lagi game seri saga mereka yang diberi judul Blossom Blast Saga.

Blossom Blast Saga Memperkenalkan sebuah Varian Puzzle Match-Three yang Unik

Puzzle Match-Three itu sudah biasa, apalagi dari developer King ini yang sudah sangat pengalaman membuat game-game bergenre puzzle match-three. Tapi Blossom Blast Saga sedikit berbeda, karena selain mereka mengambil tema bunga-bungaan, ada sebuah sistem keren yang membuat permainan bertambah cantik, yaitu mekar berantai.

Cara Membuat Bunga Mekar dalam Blossom Blast Saga

Blossom Blast Saga bukanlah match-three pada umumnya, karena pemain tidaklah menggeser-geser gems, melainkan menarik garis pada bunga-bunga yang berwarna atau berjenis sama. Semua bunga yang ditarik garis tersebut akan bergabung menjadi satu bunga besar di bagian ujung garis. Apabila bunga tersebut sudah cukup besar, maka dia pun akan mekar dan menyebarkan bibitnya ke bunga-bunga lain di sebelahnya yang akan menjadi mekar juga. Dengan demikian, terjadilah reaksi berantai yang membuat bunga-bunga di layar bermekaran dan bisa jadi membersihkan medan permainan dan memberikan skor yang tinggi. Ingat, semakin besar bunga yang ditarik garis tersebut, maka semakin besar pula mekar yang terjadi.

Komplikasi Permainan

Tentu saja setiap permainan puzzle seperti ini harus memiliki yang namanya komplikasi. Kali ini King memperkenalkan yang namanya Kuncup Bunga besar yang tidak bisa dimanipulasi sama sekali, namun pemain bisa memberikan bunga-bunga berwarna sama kepadanya agar dia menjadi mekar dan akhirnya menjadi sebuah bunga besar yang meledak memekarkan bunga-bunga di sampingnya. Selain itu, ada juga komplikasi lainnya, seperti pot kembang yang menghalangi, rumput liar, serta gelas yang harus dipecahkan.

Batasan Langkah & Target Stage

Setiap stage biasanya memiliki target tersendiri, baik itu mencapai skor tertentu, atau memekarkan sejumlah Kuncup Bunga besar. Seperti biasa, pemain memiliki batasan langkah yang bisa diambil dalam sebuah stage. Apabila langkah tersebut habis sebelum target stage tercapai, maka terjadilah game over, dan Life pemain pun berkurang satu.

Fitur-fitur Permainan Blossom Blast Saga

Sebenarnya Blossom Blast Saga agak minim fiturnya karena tidak ada mode lain selain mode utamanya. Namun tipe permainannya yang warna-warni ini ternyata cukup menyenangkan hati. Namun bukan berarti dia tidak memiliki fitur ya.

Tools untuk Membantu Permainan

Pada umumnya game-game puzzle match-three memiliki fitur macam-macam tools yang bisa membantu pemain untuk menyelesaikan sebuah stage. Demikian juga halnya dengan Blossom Blast Saga dengan beberapa tools khusus, salah satunya adalah sekop untuk mencabut sebuah bunga, mencabut rumput liar, serta menghancurkan gelas.

Grafis Animasi Bunga Bermekaran yang Cantik

Artwork dari game ini penuh dengan bunga-bungaan yang cantik, dan medan permainan pun sangat menyenangkan hati untuk dilihat, apalagi ketika para bunga di kebun tersebut bermekaran satu sama lain. Inilah salah satu hal yang yang patut diacungi jempol dari game Blossom Blast Saga.

Free-to-Play dengan sistem Life

Mengikuti game-game King lainnya, Blossom Blast Saga juga menggunakan sistem free-to-play alias bisa dimainkan secara gratis. Pemain memiliki sedikit batasan berupa Life yang totalnya lima buah. Apabila pemain gagal menyelesaikan sebuah stage, maka Life miliknya akan berkurang satu sampai akhirnya habis dan pemain harus menunggu beberapa waktu untuk bisa melanjutkan permainan. Mikrotransaksi tersedia untuk pembelian mata uang premium Gold Bar, di mana Gold Bar tersebut bisa digunakan untuk membeli Tools.

Pada umumnya game-game King mirip satu sama lain, dan Blossom Blast Saga pun sebenarnya menggunakan mekanisme reaksi berantai yang mirip dengan game King yang sudah ada, yaitu Pepper Panic Saga. Tapi sistem tarik garisnya berbeda, dan dibandingkan dengan game tersebut, melihat bunga-bunga bermekaran dalam game ini ternyata sangatlah menyenangkan dan memuaskan hati. Ditambah dengan tantangan tiga bintang setiap stage-nya, tidak salah kalau Blossom Blast Saga ini adalah salah satu game sanggup menemanimu setiap saat, baik sedang istirahat kerja sejenak, sedang dalam perjalanan di kereta atau bis, atau pun sedang bersantai.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top