REVIEW

Can You Escape the 100 Room XII, Puzzle Room Escape yang Sangat Menantang

Andy Chan   17 Feb 2021
Can You Escape the 100 Room XII, Puzzle Room Escape yang Sangat Menantang

Puzzle lolos dari sebuah ruangan terkunci adalah permainan yang cukup klasik. Dalam permainan ini, pemain ditantang untuk bisa keluar dari sebuah ruangan terkunci, di mana kuncinya sangatlah tersembunyi dan membutuhkan rentetan interaksi untuk bisa membukanya. Inilah dia, game room escape cantik yang berjudul Can You Escape the 100 Room XII, persembahan dari HKAppBond.

Bisakah Kalian Lolos?

Dalam Can You Escape the 100 Room XII, pemain ditantang untuk meloloskan dari dari sebuah ruangan terkunci dengan mencoba segala sesuatu yang bisa dilakukan. Game ini tidak memiliki kisah yang berarti, namun bisa menjadi sebuah tantangan untuk otak para pemain yang memang hobi dengan game puzzle, apalagi yang memang suka room escape.

Cara Bermain

Di setiap level-nya, pemain akan ditantang untuk membuka ruangan terkunci, sampai mereka berhasil lolos ke ruangan berikutnya (alias level berikutnya). Tidak ada batasan waktu sama sekali, juga tidak ada kata game over di sini. Pemain bebas mengambil waktu selama mungkin, atau meninggalkan game-nya dulu untuk kembali di lain waktu.

Berinteraksi dengan Segala Benda di Layar

Salah satu hal yang menyulitkan pemain adalah untuk menemukan hot spot di mana mereka bisa berinteraksi dengan game-nya. Ini bisa berupa sebuah lukisan, sebuah benda di meja, bisa juga berupa sebuah laci terkunci. Apabila pemain menemukan sebuah benda yang bisa diambil, mereka masih tetap akan ditantang untuk menemukan kegunaan dari benda tersebut, apakah untuk membuka sesuatu yang terkunci, atau bisa juga menjadi petunjuk tertentu. Semua itu tergantung dari kejelian dan kreativitas pemain dalam menemukan solusinya.

Penggunaan Hints

Can You Escape the 100 Room XII bukanlah game yang mudah. Pemain pasti akan terpentok di sebuah level sambil bingung sebenarnya apa maunya level ini karena memang sepertinya membutuhkan pengetahuan yang tidak lazim untuk bisa diselesaikan. Oleh sebab itu, disediakanlah sebuah sistem Hints yang bisa digunakan oleh pemain untuk meminta petunjuk solusi yang dibutuhkan. Sayangnya, Hints ini terbatas, dan apabila sampai habis, pemain wajib membelinya menggunakan uang asli, atau bisa juga dengan menonton sebuah video iklan.

Tampil Cantik

Seperti biasanya game-game puzzle room escape, permainan ini pun menampilkan ruangan tempat pemain terjebak dengan sangat menawan, agar pemain bisa mencari titik-titik yang bisa diinteraksikan secara baik. Sayangnya, posisi iklan di bagian bawah layar benar-benar mengganggu, karena ada kemungkinan pemain akan menyentuhnya secara tidak sengaja ketika sedang ingin keluar dari zoomed-in view sebuah benda.

Cukup Banyak Iklan

Can You Escape the 100 Room XII disajikan menggunakan model bisnis free-to-play, di mana pemain bisa membeli Hints menggunakan uang asli via mikrotransaksi. Jumlah iklan yang tampil dalam game juga lumayan mengganggu, termasuk banner iklan yang selalu menghias bagian bawah layar, serta iklan yang muncul ketika pemain menyelesaikan sebuah level. Tapi untungnya, pemain bisa menghilangkan iklan-iklan tersebut dengan main secara offline, karena memang game ini tidak butuh Internet juga.

Akhir kata, Can You Escape the 100 Room XII adalah game yang terlalu sulit, dan semakin lama puzzle-nya semakin menyebalkan untuk diselesaikan. Jika kalian suka tantangan, mungkin game ini cocok untuk kalian, tapi kalau ingin puzzle yang lebih kasual dan tidak terlalu banyak pikir, lewatkanlah game ini.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top