REVIEW

Bubble Totem Tantang Kalian Hancurkan Bubble Sehemat Mungkin

Andy Chan   12 Jun 2019
Bubble Totem Tantang Kalian Hancurkan Bubble Sehemat Mungkin

Game bubble shooter adalah salah satu jenis game casual yang membutuhkan kecekatan. Sudah banyak game bubble shooter yang beredar di mobile, seperti Puzzle Bobble Journey, Inside Out: Thought Bubbles, dan berbagai macam varian Bubble Shooter yang jumlahnya banyak sekali. Tidak mau ketinggalan, Smoote Mobile pun ikut mempersembahkan sebuah game bubble shooter yang mereka beri judul Bubble Totem.

Bubble Shooter bertemakan Totem

Setiap game bubble shooter yang beredar di mobile memiliki keunikan sendiri-sendiri. Ada yang memiliki tema dari film animasi Inside Out, ada yang memiliki varian unik, dan lain sebagainya. Demikian juga halnya dengan Bubble Totem, sebuah varian dari game bubble shooter yang bertemakan patung totem dan memiliki aturan tersendiri.

Hancurkan Bubble dengan Tembakan seminim mungkin

Dalam Bubble Totem, pemain bertugas untuk menghancurkan semua bubble yang berada di medan permainan dengan cara menembakkan bubble berwarna. Tiga buah atau lebih bubble yang berwarna sama akan hancur apabila ditembak dengan warna yang juga sama. Seperti biasa, bubble yang menempel di bawah bubble yang hancur tersebut pun akan ikut jatuh apabila bubble penahannya hancur.

Unik untuk Bubble Totem adalah keberadaan batasan tembakan untuk mendapatkan bintang. Di setiap level, pemain bisa mengumpulkan tiga buah bintang, namun untuk mendapatkan bintang-bintang tersebut, pemain harus bisa menghancurkan semua bubble yang ada di layar dengan jumlah tembakan sesuai syarat, misalnya hanya boleh menembak 10 kali saja. Lebih dari itu, bintang pun akan berkurang, sampai ke titik tertentu di mana pemain hanya akan mendapatkan satu buah bintang saja.

Bintang untuk Unlock Level

Bintang-bintang yang dikumpulkan ini berguna untuk meng-unlock World baru. Ada empat buah World yang disediakan oleh Bubble Totem, namun sayangnya dunia keempat masih belum selesai dibuat dan hanya tertera "Coming Soon" saja. Jadi total tersedia tiga buah World yang harus dibuka menggunakan bintang, 180 bintang untuk World kedua, dan 360 bintang untuk World ketiga.

Tingkat Kesulitan Tinggi

Jika pemain hanya ingin menyelesaikan sebuah level saja itu gampang. Tidak ada batasan tembakan sama sekali yang diberlakukan oleh game ini, kecuali memang terlalu sering gagal menembak hingga akhirnya semua bubble yang ada di layar terlalu penuh dan terkena batas bawah. Untuk bisa mendapatkan tiga buah bintang, pemain harus benar-benar memperhitungkan kemana mereka akan menyentuh untuk menembak bubble yang ada di tangan. Tidak ada guideline sama sekali apabila pemain ingin memantulkan bubble ke dinding, jadi benar-benar membutuhkan skill yang tinggi untuk bisa menghancurkan bubble secara sempurna demi tiga bintang.

Bernuansa Tribal

Sesuai dengan temanya yaitu Totem, Bubble Totem pun mengambil setting yang bernuansa tribal. Mulai dari bubble shooter-nya sendiri yang berbentuk patung totem, medan permainan yang berada di hutan, hingga lagu pun terasa sangat tribal. Memang grafisnya tidaklah memukau, namun cukup menjiwai judul game itu sendiri.

Tidak ada Mikrotransaksi

Asyiknya, Bubble Totem yang disajikan secara cuma-cuma ini tidak memiliki mikrotransaksi sama sekali. Pemain harus mendapatkan tiga buah bintang tersebut dengan keahlian sendiri, tidak ada power up atau item apa pun yang bisa mempermudah permainan. Sedikit gangguan mungkin akan tampil dalam bentuk iklan, namun game ini bisa dimainkan secara offline sehingga iklan pun bisa dihilangkan.

Memang Bubble Totem adalah game bubble shooter yang menantang, apalagi dengan tidak adanya sistem stamina atau life sama sekali membuat pemain bisa menjajal permainannya kapan pun mereka inginkan. Dengan total ratusan level untuk diselesaikan, Bubble Totem adalah game bubble shooter yang wajib dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top