REVIEW

Buatlah Gelas Sedih yang Kosong jadi Gembira dalam Happy Glass!

Andy Chan   07 Oct 2018
Buatlah Gelas Sedih yang Kosong jadi Gembira dalam Happy Glass!

Tahukah kalian kalau sebuah gelas yang kosong itu sebenarnya sedang bersedih? Gelas tersebut sedih karena seharusnya dia terisi air dengan penuh. Agar bisa membuat sang gelas gembira dan senyum lagi, gelas tersebut haruslah diisi dengan air. Nah, itulah pekerjaan untuk kalian dalam game puzzle buatan Lion Studios yang mereka beri judul Happy Glass!

Pada dasarnya, Happy Glass adalah sebuah game berbasiskan fisika, di mana air selalu mengalir ke lokasi yang lebih rendah. Tugas pemain adalah untuk menggambarkan sebuah garis di medan permainan agar air tersebut bisa mengalir dari posisi awalnya dan mengisi gelas kosong yang sedih tersebut sampai penuh. Begitu gelasnya penuh, wajah sang gelas pun akan berubah menjadi tersenyum ceria, dan stage pun selesai.

Seperti yang sudah disebutkan, metode manipulasi air dalam Happy Glass ini adalah dengan cara menggambarkan sebuah garis di medan permainan, dan hal tersebut bisa dilakukan via layar sentuh ponsel pintarmu. Air akan senantiasa mengalir ke arah bawah, sesuai dengan gravitasi.

Tapi pemain tidak bisa seenaknya menggambar macam-macam di layar, karena di setiap stage, pemain memiliki sejumlah tinta yang cukup terbatas untuk bisa menggambar. Meteran tinta tersebut terbagi-bagi dengan tiga buah tanda bintang, jadi apabila pemain ingin mendapatkan tiga buah bintang dalam sebuah stage, janganlah menghabiskan tinta sampai melewati batasan bintang ketiga.

Tidak hanya air saja yang terpengaruh gravitasi lho, benda-benda lain yang ada di medan permainan juga akan terpengaruh gravitasi yang sama. Jadi apapun bentuk yang kalian gambar di layar, itu akan jatuh ke bawah, demikian juga dengan gelas apabila kebetulan tidak ada tempat untuknya berdiri, atau bola yang siap menyumbat aliran air apabila tidak dibuang ke tempat lain. Bahkan gelas tersebut bisa jatuh ke samping, mengacaukan proses pengisian air, sehingga pemain harus bisa menentukan apa metode terbaik untuk digambar dalam sebuah stage.

Merasa kesulitan menyelesaikan sebuah stage? Jangan khawatir, ada sistem Hint yang bisa memberikan solusi sebuah stage secara instan. Tentu saja, pemain harus membayar seharga 100 coin untuk bisa menggunakan sistem Hint ini. Sayangnya, bermain game secara normal tidak akan memberikan pemain hadiah coin sama sekali.

Untuk bisa mendapatkan koin ini, pemain bisa memainkan Mode Challenge yang unik. Ada mode "Don't Spill" di mana pemain harus membuang tempat berdiri sang gelas agar dia bisa mencapai bagian bawah tanpa tumpah sedikitpun, serta ada mode Flippy Glass di mana pemain melempar-lempar gelas agar gelasnya mendarat di tempat yang sama tanpa tumpah sedikitpun. Lion Studios pun masih akan meng-update game ini dengan Challenge baru ke depannya nanti.

Happy Glass memang memiliki tampilan 2D yang sederhana, namun efek fisika yang ditampilkan cukup berpengaruh. Pemain bisa melihat air mengalir, bola jatuh, bahkan gelas jatuh. Sang gelas sendiri hanya memiliki beberapa buah ekspresi, yaitu ekspresi murung, ekpresi mengharap, ekpresi gembira alias senyum, serta ekpresi ketika dirinya tewas. Jadi meskipun tampilannya sederhana dan minimalis, namun tetap menawan.

Sedihnya, meskipun Happy Glass itu hadir secara free-to-play dan bisa dimainkan secara offline, namun semua rewards di dalam game tidak bisa diklaim tanpa adanya koneksi Internet. Pemain wajib menonton sebuah iklan terlebih dahulu, barulah bisa mengklaim berbagai reward yang didapatkan ketika menyelesaikan sebuah stage. Untungnya, tidak ada sistem stamina / energi sama sekali, jadi pemain bebas memainkan game ini kapan saja. Sedikit mikrotransaksi dihadirkan untuk pembelian coin serta menghilangkan iklan.

Dengan ratusan stage untuk diselesaikan serta lebih dari satu macam solusi yang bisa dilakukan oleh pemain untuk menyelesaikan stage, game ini sungguh tidak mengecewakan. Akhir kata, Happy Glass bisa membuat pemain untuk berpikir di luar kotak sampai dia menemukan solusi penyelesaian sebuah stage yang unik untuk dirinya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top