REVIEW

Brawl Stars, Game PvP Terbaru dari Supercell

Anduril   16 Dec 2018
Brawl Stars, Game PvP Terbaru dari Supercell

Brawl Stars adalah game mobile buatan Supercell yang juga menjadi studio game-game terkenal, seperti Clash of Clans dan Clash Royale. Brawl Stars ini sendiri sebetulnya sudah diluncurkan pada Juni 2017 lalu, tetapi hanya untuk wilayah Denmark, Finlandia, dan Norwegia saja. Pada Desember 2018 ini, Brawl Stars sudah siap dimainkan secara global, termasuk Indonesia.

Meski sudah dibuat sejak tahun lalu, game ini masih terdengar asing di telinga para gamer Indonesia. Kira-kira seperti apa sih gamenya? Berikut adalah reviewnya untuk kamu.

Sistem Brawl Stars

Pada intinya Brawl Stars adalah game PvP yang melibatkan penggunaan Brawlers seperti Mobile Legends atau Arena of Valor. Bedanya di sini para Brawlers-Brawlers tersebut bisa diupgrade agar menjadi semakin kuat.

Tipe Brawlers

Brawl Stars membagi Brawlers-Brawlersnya menjadi berbagai jenis. Setiap jenis Brawlers memiliki spesifikasinya sendiri-sendiri yang mempengaruhi gaya bermain.

Fighter

Para fighter adalah damage dealer yang bisa menghantam banyak target sekaligus dalam satu kali serangan. Mereka memiliki damage dan daya tahan yang lumayan. Biasanya para fighter ini digunakan sebagai penyerang jarak dekat yang menghabisi musuh atau mengamankan objektif.

Sharpshooter

Berbeda dengan Fighter, para Sharpshooter memiliki damage yang sangat tinggi tapi daya tahannya cenderung lemah. Mereka biasanya bertempur di garis belakang sambil memberikan damage sebesar-besarnya pada musuh yang datang menghampiri. Mereka bisa menjadi penentu kemenangan asal digunakan dengan efektif.

Healer

Seperti namanya, para Healer memiliki kemampuan untuk menyembuhkan HP milik sendiri dan rekan satu tim. Mereka memiliki damage yang lumayan tapi daya tahan mereka cenderung rendah. Biasanya para Healer akan kesulitan ketika berhadapan dengan musuh yang bisa bergerak dengan cepat.

Thrower

Thrower merupakan jenis Brawlers yang paling unik. Serangan mereka sangat kuat dan memiliki jangkauan serangan yang sangat jauh. Hasilnya mereka bisa digunakan untuk mengacaukan formasi musuh dengan mudah. Satu-satunya kelemahan Thrower adalah, daya tahan mereka yang sangat jelek sehingga mudah untuk dibunuh.

Heavyweight

Para Heavyweight bertugas sebagai tank yang menerima damage sebanyak mungkin bagi tim. Walaupun bertugas sebagai tank bukan berarti mereka tidak memiliki damage yang lumayan. Justru sebaliknya damage mereka berada di level menengah yang artinya cukup mematikan bagi para Brawlers yang memiliki daya tahan rendah.

Dashing Assassin

Dashing Assassin biasanya memiliki serangan yang mampu mendekati musuh dengan cepat. Karena kemampuan tersebut para Dashing Assassin jadi susah ditangkap. Satu-satunya kelemahan mereka terletak pada HP yang tipis dan cooldown yang cukup lama.

Stealth Assassin

Para Stealth Assassin bisa menghilang dari peta selama beberapa saat. Selain itu mereka memiliki damage yang lumayan tinggi walaupun daya tahannya terbilang sangat rendah. Para Stealth Assassin biasanya sangat sulit untuk digunakan.

Skrimisher

Para Skrimisher memiliki kemampuan untuk mengendalikan efek lingkungan pada lokasi yang dia tunjuk. Mereka bisa dianggap sebagai perwakilan kelas mage di Brawl Stars. Satu-satunya kelemahan mereka terletak pada daya tahan yang rendah bila dibandingkan Brawlers lainnya.

Sistem Level dan Trophy

Kalau kamu pernah bermain Clash Royale ataupun Clash of Clans, pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem ini. Kamu akan mendapatkan sejumlah trophy setiap kali memenangkan suatu pertandingan, nantinya trophy ini akan menjadi penentu ranking kamu dalam game tersebut. Kamu juga bisa menaikkan level dari Brawler milikmu agar bertambah kuat.

Sistem level ini menjadikan Brawler rare yang kamu dapatkan harus kamu tingkatkan levelnya terlebih dahulu agar maksimal.

Brawler Rarity

Brawler yang bisa kamu koleksi memiliki enam tipe kelangkaan, yaitu League Rewards, Rare, Super Rare, Epic, Mythic, dan Legendary. Ketika pertama kali diluncurkan, terdapat 21 Brawler yang bisa dikoleksi dan diperoleh melalui Brawl Boxes. Brawl Boxes ini diperoleh menggunakan gems ataupun 10 buah star keys yang diperoleh melalui pertandingan.

Mode Permainan

Memainkan mode permainan yang sama terus menerus pasti membosankan bukan? Untuk itu Brawl Stars memiliki delapan mode permainan

Bounty

Bounty adalah mode adalah sebuah permainan yang mengharuskan kamu untuk mengumpulkan bintang dengan cara mengalahkan Brawler musuh. Bila kamu mengalahkan musuh, maka kamu akan mendapatkan satu bintang hingga maksimal tujuh bintang. Bila Brawler kalah, maka dia akan kehilangan semua bintangnya.

Brawl Ball

Merupakan permainan bola yang ada di Brawl Stars. Cetak dua angka untuk memperoleh kemenangan. Bila permainan mencapai batas akhir dan belum ada tim yang menang, maka pertandingan berubah menjadi sudden death.

Gem Grab

Mode ini mengharuskan kamu untuk mengumpulkan Gem yang muncul di tengah. Kumpulkan sepuluh game untuk memenangkan pertandingan. Jangan sampai mati atau kamu akan kehilangan seluruh Gem yang kamu miliki.

Heist

Dalam Heist, ada dua tim, yang masing-masing terdiri dari tiga pemain. Di kedua sisi tim arena, ada brankas dengan HP tinggi. Tujuan kamu adalah, untuk melindungi brankas milikmu sementara tim kamu mencoba menghancurkan milik lawan.

Showdown/Duo Showdown

Showdown mirip dengan battle royale. Yang perlu kamu lakukan di sini adalah mengalahkan 10 orang musuh untuk menjadi yang terbaik. Arena permainan akan semakin mengecil, jadi berhati-hatilah ketika bertempur.

Robo Rumble

Robo Rumble mirip dengan Heist. Bedanya di sini yang kamu lawan adalah robot atau AI dari dalam game. Selain itu kamu juga diberi arena pertempuran yang berbentuk seperti maze.

Boss Fight

Sesuai dengan namanya, di Boss Fight tujuan kamu adalah mengalahkan satu orang bos yang digerakan oleh AI. Bos ini memiliki anak buah yang cukup merepotkan, jadi kamu harus berhati-hati ketika melawannya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top