LOADING
REVIEW

"Bola adalah Temanku!" Sinematisnya Sepak Bola di Captain Tsubasa: Dream Team

Andy Chan   17 Dec 2017
"Bola adalah Temanku!" Sinematisnya Sepak Bola di Captain Tsubasa: Dream Team

Siapa tidak kenal dengan Captain Tsubasa? Baru-baru ini telah diumumkan bahwa serial anime Captain Tsubasa akan kembali diperbaharui pada tahun 2018 mendatang. Bagi para penggemar Captain Tsubasa, anime ini tentunya tidak boleh untuk dilewatkan. Namun, ada satu hal lainnya lagi yang juga tidak boleh dilewatkan bagi para fans, yaitu game mobile Captain Tsubasa: Dream Team buatan KLab Inc yang kini telah hadir dengan berbahasa Inggris di seluruh dunia!

KLab Inc sendiri menyebutkan bahwa game Captain Tsubasa: Dream Team merupakan sebuah "head-to-head football simulation game," tapi kalau disimak dengan baik-baik, game ini sebenarnya mirip dengan game Captain Tsubasa di konsol SNES (Super Nintendo Entertainment System) yang berjudul Captain Tsubasa III - Koutei no Chousen. Mengapa demikian? Karena, keduanya sama-sama merupakan sebuah game sepak bola sinematis!

Tidak seperti game-game sepak bola biasanya, pertandingan bola dalam Captain Tsubasa: Dream Team bakal dimainkan secara strategis, mirip dengan game manager bola seperti Football Manager. Pemain akan disuguhkan icon-icon muka dari para pemainnya di sebuah lapangan bola yang tampil secara mata elang, alias dilihat dari atas.

Tapi, bukan berarti permainannya akan berlangsung secara strategis dan berbasiskan teks seperti halnya game-game manager sepak bola pada zaman dulu, ya. Sekali lagi, sama seperti Captain Tsubasa III - Koutei no Chousen, Captain Tsubasa: Dream Team menyuguhkan sebuah permainan sepak bola sinematis. Apabila pemain tim sepak bola milik Anda sampai bertemu dengan pemain tim lawan, maka layar pun akan berubah menjadi close-up dari para pemain yang saling berhadapan. Bak sebuah game RPG, pemain harus menentukan langkah berikutnya yang akan dilakukan, apakah itu melakukan shoot, mencoba dribble untuk melewati lawan, melakukan pass, atau lainnya.

Begitu langkah yang diinginkan sudah dipilih, maka pemain pun akan disuguhkan sebuah cutscene sinematis yang memperlihatkan pemain milik Anda sedang bertarung melawan pemain lawan, dan apakah hasilnya terjadi perpindahan bola, atau berhasil untuk menembus pertahanan lawan. Hal yang sama pun akan terjadi ketika berhadapan dengan penjaga gawang.

Berhubung ini adalah dunia Captain Tsubasa, masing-masing pemain bakal memiliki jurus-jurus sepak bola maut yang bisa digunakan apabila stamina dari pemainnya masih tercukupi. Tsubasa Ozora, misalnya, tentu saja akan memiliki Drive Shot sebagai jurus mautnya, sementara Kojiro Hyuga memiliki Tiger Shot yang keren sebagai jurus mautnya. Apabila Hyuga menembakkan Tiger Shot miliknya itu, kecuali sang penjaga gawang memiliki jurus yang bisa untuk mengatasinya, maka bersiaplah untuk melihat cutscene penjaga gawang tersebut sampai terpental dari posisinya!

Pemain bisa menyetel permainan apakah ingin menggunakan kendali penuh, menggunakan semi auto, dimana pemain hanya perlu memilih jurus apa saja yang akan digunakan ketika bertemu dengan lawan, atau full-auto, dimana pemain tidak perlu menyimak sama sekali karena pertandingan akan berlangsung secara otomatis. Ini cocok untuk Anda yang suka bermain sambil melakukan hal lain.

Bagi para penggemar Captain Tsubasa, game ini mengijinkanmu untuk membentuk tim impianmu sendiri (bahkan, bisa diberi nama dan juga kustomisasi berupa kostum para pemain). Ingin memiliki satu tim sepakbola yang terdiri dari Kojiro Hyuga, Tsubasa Ozora, Juan Diaz, Karl Heinz Schneider, Mark Owairan, Salvatore Gentile, Elle Sid Pierre, dan lainnya? Sebenarnya bisa saja, tapi semua itu akan tergantung dari tingkat hoki kalian, karena untuk mendapatkan pemain baru, kalian harus menggunakan Dreamballs dalam sebuah sistem Transfer. Well, untuk bisa lebih dimengerti, cara untuk mendapatkan pemain baru adalah dengan menggunakan Gacha, dimana pemain bakal terbagi menjadi beberapa ranking. Mulai dari N, R, SR, SSR sampai UR.

Captain Tsubasa: Dream Team menggunakan sistem segitiga "SAT," di mana masing-masing pemain memiliki tipe yang kuat terhadap tipe lain, yakni Tipe S mengalahkan Tipe A, Tipe A mengalahkan Tipe T, dan Tipe T mengalahkan Tipe S.

Terdapat beberapa mode dalam Captain Tsubasa: Dream Team. Mulai dari Story Mode yang mengikuti kisah Captain Tsubasa dari sekolah menengah sampai ke kejuaraan dunia, juga terdapat mode Event yang di dalamnya ada berbagai hal untuk dimainkan, serta ada Share Play yang akan ditampilkan apabila pemain sudah masuk ke dalam sebuah club. Selain Story Mode, juga ada mode Liga untuk menunjukkan kebolehanmu dalam melawan pemain-pemain lain dari seluruh dunia, serta Online Play.

Captain Tsubasa: Dream Team menggunakan grafis sinematis 3D yang keren, pemain akan merasakan keseruan bertanding, apalagi ada lagu background yang keren untuk mengiringi pertandingan bola. Kostum yang sudah dikustomisasi oleh pemain juga akan tampil sesuai dengan ekspektasi pemain, menjadikan pertandingan lebih personal. Lebih keren lagi, pemain-pemain kenamaan macam Tsubasa Ozora, Kojiro Hyuga, dan lainnya, semua memiliki voice acting berbahasa Jepang yang otentik. Tsubasa disuarai oleh Akari Hibino, Hyuga oleh Ken Narita, Elle oleh Akira Ishida, dan lainnya. Jadi, bersiaplah untuk mendengar banteran mereka yang seru ketika sedang bertemu dengan lawan tanding.

Seperti game-game lainnya yang bermodel Gacha, Captain Tsubasa: Dream Team juga merupakan sebuah game free-to-play yang wajib untuk dimainkan secara online serta menggunakan sistem stamina berupa Bola Sepak. Setiap bertanding bakal membutuhkan sejumlah bola, dan apabila habis, pemain harus menunggu hingga beberapa waktu lamanya sebelum bisa terisi kembali. Tidak ada iklan yang mengganggu, namun pemain bisa menonton iklan untuk meningkatkan stats tim sebelum bertanding. Seperti biasa, ada mikrotransaksi untuk membeli Dreamballs yang bisa digunakan untuk melakukan gacha.

Bagi penggemar sepak bola yang juga merupakan fans dari anime Captain Tsubasa, maka game Captain Tsubasa: Dream Team merupakan sebuah game yang sangat adiktif. Pertandingannya keren, game-nya senantiasa untuk di-update dengan event-event seru, dan pemain akan tertantang untuk membuat tim impiannya sendiri, makanya disebut dengan subjudul "Dream Team." Nah, penggemar game Captain Tsubasa III - Koutei no Chousen di SNES, inilah game Captain Tsubasa versi modern dari game tersebut!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
Dirgahayu Republik Indonesia
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top