NEWS

Bocoran tentang Android 12 Sejauh ini (2)

Dwi K   22 Feb 2021
Bocoran tentang Android 12 Sejauh ini (2)

Tahun ini, sejumlah besar informasi tentang Android 12 telah bocor atau muncul di kode public source menjelang Developer Preview, yang kemungkinan akan dimulai sekitar bulan ini.

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas beberapa kebocoran tentang Android 12. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang kebocoran-kebocoran apa saja yang sudah beredar di internet mengenai versi terbaru dari sistem operasi milik Google tersebut.

App Pairs

Mengingat maraknya desain layar yang foldables dan dual-screen, kebocoran atas Android 12 telah menyertakan bentuk baru dari layar terpisah yang disebut "App Pairs." Di sistem App Pairs ini, Anda harus dapat memperlakukan dua aplikasi terpisah sebagai satu "task" dalam tampilan terbaru dari aplikasi di handphone milik Anda, yang memungkinkan Anda untuk beralih dengan cepat dari sepasang aplikasi ke aplikasi single lainnya. Tidak diketahui menyoal apakah App Pairs dari Android 12 ini juga akan menawarkan shortcuts seperti halnya Samsung App Pairs.

Game Mode

Di antara berbagai game yang ditawarkan melalui Google Play Game dan semakin banyaknya layanan streaming game, seperti Stadia dan Xbox Game Pass, maka bermain game di Android belum pernah sevariatif saat ini. Untuk mengejar pertumbuhan tersebut, Android 12 bisa membawa opsi "Game Mode." Namun, untuk saat ini, fitur “Game Mode” pada Android 12 masih belum banyak yang terungkap.

Mengurangi Brightness

Sebagai informasi kecil, Android 12 akan mendapatkan tambahan "Reduce Brightness" dalam quick settings. Dari apa yang telah terungkap, "quick settings" tampaknya bakal menjadi fitur aksesibilitas yang ditujukan bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan.

Hibernate Apps

Sementara handphone flagship terus meningkatkan storage space, tidak semua orang di dunia ini yang nyatanya memiliki handphone dengan kapasitas yang besar. Untuk membantu dalam mengurangi jumlah penyimpanan yang digunakan pada handphone Anda, telah dilaporkan bahwa Android 12 dapat memperkenalkan suatu cara agar aplikasi bisa menjalani "hibernasi" di saat sedang tidak digunakan secara aktif. Namun, detail tentang cara kerja hibernasi tersebut masih agak simpang siur sejauh ini.

Peningkatan Third-Party App Store

Berita ini bukanlah bocoran, tetapi masih bisa dianggap sebagai peningkatan untuk Android yang perlu disambut dengan baik. Tahun lalu, Google sempat berbagi bahwa mereka mendengarkan feedback dari para pengembang aplikasi Android dan akan membuatnya jadi lebih mudah untuk menggunakan toko aplikasi pihak ketiga --sesuatu yang bukan Play Store atau Galaxy Store, seperti Epic Games Store, pada Android 12 .

Google belum membagikan secara spesifik menyoal bagaimana hal ini akan bekerja, tetapi diharapkan bisa menjadi kompromi yang baik antara sifat terbuka atas Android dengan keinginan dari Google untuk menjaga orang-orang aman terhadap malware.

Fitur Android 12 untuk Ponsel Pixel

Selain fitur Android 12 yang lebih luas, yang seharusnya tersedia bagi pemilik handphone apa pun yang mendapatkan update, Google tentunya telah menyiapkan serangkaian fitur yang eksklusif untuk ponsel Pixel mereka.

Gerakan Ketuk Dua Kali

Perbaikan terbesar yang bocor untuk ponsel Pixel adalah Android 12 harus menghadirkan gerakan ketuk sebanyak dua kali yang sebelumnya telah kita lihat dalam pengembangan yang pernah dilakukan dengan Android 11. Dengan nama kode “Columbus,” gerakan ketuk sebanyak dua kali pada Android 12 bakal memungkinkan Anda untuk melakukan hal-hal seperti membuka Asisten Google, putar / jeda musik, buka bayangan pemberitahuan, dan lainnya.

Putar Otomatis berbasis Wajah

Handphone Pixel juga seharusnya bakal mendapatkan opsi baru untuk Putar Otomatis di Android 12, yang menggunakan kamera untuk memeriksa ke arah mana wajah Anda sedang berpaling. Pada dasarnya, jika Anda berbaring miring dan memegang handphone ke samping, wajah dan handphone Anda haruslah menghadap ke arah yang sama, dan Android 12 akan mengetahui bahwa Anda ingin berada dalam mode potret.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top