NEWS

Bocoran tentang Android 12 Sejauh ini (1)

Dwi K   21 Feb 2021
Bocoran tentang Android 12 Sejauh ini (1)

Menjelang peluncuran Developer Preview atas Android 12, yang mungkin akan segera hadir, berikut ini adalah rekap dari semua kebocoran tentang Android 12 yang telah kami lihat sejauh ini.

Tahun ini, sejumlah besar informasi mengenai Android 12 telah bocor atau muncul di kode public source menjelang Developer Preview, yang kemungkinan akan dimulai sekitar bulan ini.

Untuk membantu mengawasi perihal apa-apa saja yang akan datang dalam rilis berikutnya dari sistem operasi milik Google tersebut, berikut ini adalah semua hal yang kita ketahui tentang Android 12.

Nama Android 12

Setiap perilisan Android terbaru, Google telah menggunakan nama makanan penutup yang dimulai dengan huruf alfabet berikutnya (sejak Cupcake pada tahun 2009 lalu). Di lain pihak, praktik ini telah dihentikan secara publik dengan Android 10, yang akan dinamai "Queens Cake," Google sendiri terus menggunakan nama makanan penutup tersebut secara internal. Misalnya, pada Android 11 yang bernama "Red Velvet Cake."

Nama makanan penutup secara internal dari Android 12 adalah "Snow Cone."

Mockup Desain Bocor

Lebih menariknya, mockup desain telah bocor yang menggambarkan seperti apakah Android 12 itu seharusnya, dan yang kami lihat adalah desain ulang yang cukup radikal. Anda mungkin juga melihat gambar dari kebocoran ini telah tersebar di internet, tetapi yang penting untuk diperhatikan, belum diketahui pasti menyoal apakah ini benar-benar menggambarkan seperti apakah tampilan Android 12 itu nantinya.

Sistem Theming

Satu hal yang mungkin Anda perhatikan di seluruh mockup desain Android 12 yang bocor, alih-alih menggunakan warna putih atau hitam yang biasanya digunakan pada ponsel Pixel, maka warna utama yang digunakan kali ini dideskripsikan sebagai "sand." Hal ini terkait dengan sistem tema yang nantinya akan diluncurkan dengan Android 12.

Sistem tema Android 12 akan menawarkan beberapa warna utama yang berbeda untuk dipilih, dan dari mana tema Anda akan dibuat. Yang paling menarik, pengembang aplikasi Android akan dapat mengubah tema aplikasi mereka berdasarkan warna tema yang Anda pilih, jika mereka memang mau.

“Material NEXT”

Tentu saja, ada lebih banyak hal yang terjadi di mockup desain Android 12 daripada hanya sistem tema. Juga, ada perubahan besar berupa tweak yang lebih kecil, seperti notifikasi dengan sudut yang jauh lebih bulat, bentuk dan spacing yang baru untuk quick settings tiles, dan banyak lagi.

Widget "Conversations"

Aspek lain yang cukup menyita perhatian dalam mockup yang bocor adalah Android 12 dapat menambahkan widget "Conversations," yang secara khusus digunakan di layar beranda. Masing-masing widget ini tampaknya mewakili sesuatu, seperti teman yang sudah lama tidak Anda hubungi, atau panggilan tak terjawab yang mungkin harus Anda balas. Detailnya memang masih agak langka untuk didapati pada saat ini, tetapi hal tersebut tampaknya sejalan dengan upaya Google untuk "making a People-focused operating system."

One-Handed Mode

Bagi mereka yang memiliki atau menggunakan ponsel yang berukuran besar, maka Android 12 mungkin bakal menghadirkan One-Handed Mode yang akan mengecilkan layar ponsel Anda secara vertikal, sehingga membawa semuanya berada dalam jangkauan ibu jari Anda. Namun, tidak seperti kebanyakan versi mode satu tangan yang menurunkan tinggi dan lebarnya, Android 12 tampaknya mungkin hanya bakal menurunkan tingginya saja.

Peningkatan Privasi

Mengambil petunjuk dari iOS, Android 12 tampaknya sedang mengerjakan berbagai perbaikan untuk membantu Anda untuk lebih sadar akan privasi Anda. Di pojok kanan atas, dilaporkan bahwa Anda akan menemukan indikator privasi yang dapat muncul dalam warna oranye atau hijau, yang memberitahukan kepada Anda bahwa suatu aplikasi sedang atau telah menggunakan kamera atau mikrofon Anda baru-baru ini.

Kebocoran Desain Android 12

Bersama dengan indikator privasi, juga telah bocor adalah perihal mengenai aplikasi Pengaturan Android 12 yang akan mendapatkan halaman Privasi yang diubah dimana Anda dapat langsung menonaktifkan kamera ponsel, mikrofon, dan sensor lokasi.

Scrolling Screenshots

Pada tahun 2019 lalu, Google mengkonfirmasikan bahwa Scrolling screenshots, dimana Anda bisa melakukan screenshots pada handphone, scroll ke bawah, mengambil screenshots yang lain, dan menyatukan kedua screenshots (atau lebih) secara bersama-sama akan datang ke Android sebagai fitur asli. Sejauh ini, hal tersebut tidak pernah terjadi dengan Android 10 atau 11.

Peningkatan Picture-In-Picture

Dengan Android 11, Google menambahkan kemampuan untuk mengubah ukuran floating picture-in-picture window pada handphone Anda dengan mengambilnya pada sudut dan dragging. Untuk Android 12, jendela Picture-In-Picture akan dapat dicubit untuk mengubah ukuran dengan presisi atau diketuk sebanyak dua kali untuk melompat ke ukuran maksimum dengan cepat.

Selain itu, juga telah bocor adalah perihal mengenai picture-in-picture windows yang mungkin menawarkan cara untuk "menyembunyikan" window tersebut hampir di luar layar, sehingga Anda dapat melihat lebih banyak aplikasi yang di saat ini sedang aktif. Dengan melakukan satu tap sederhana saja, maka window yang Anda simpan tersebut akan muncul kembali.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top