REVIEW

Blue Dungeon: Tear Defense, Campuran Tower Defense dan Merge yang Cantik

Andy Chan   23 Oct 2020
Blue Dungeon: Tear Defense, Campuran Tower Defense dan Merge yang Cantik

Apakah hati kalian sedang bersedih? Mungkin kalian membutuhkan hiburan yang bisa membuat hati kalian kembali sembuh. Meskipun mungkin tidak sembuh 100%, namun tema game ini akan bisa membuat kalian tersenyum, yaitu menyembuhkan hati menggunakan peri-peri cantik. Mari berkenalan dengan para peri di Blue Dungeon: Tear Defense.

Game Defense dan Merge

Pada dasarnya, Blue Dungeon: Tear Defense adalah sebuah game defense persembahan dari Poom Games. Tapi game ini bukan hanya sekedar game defense saja, karena game-nya juga memiliki elemen merge. Pemain harus melakukan merge kepada para peri, lalu taruh mereka di medan permainan untuk menyembuhkan hati-hati yang terluka.

Cara memainkan Blue Dungeon

Untuk membuat peri, pemain harus menggunakan air mata yang terproduksi secara otomatis. Setiap air mata akan menghasilkan sebuah peri dengan level tertentu, di mana pemain bisa menaruh mereka di medan permainan untuk menyembuhkan sederetan hati yang sedang luka.

Proses Merge

Untuk menciptakan peri yang lebih kuat, pemain bisa menggabungkan dua buah peri sama dengan level yang sama untuk menciptakan peri level berikutnya. Misalnya peri biru level 1, bisa digabungkan dengan peri biru level 1 lagi untuk menghasilkan peri biru level 2, dan seterusnya.

Menaruh Peri di Medan Permainan

Peri yang berada di markas, tentunya tidak terlalu berguna. Pemain bisa menarik dan menaruh mereka di medan permainan untuk menyuruh mereka beraksi menyembuhkan hati yang luka. Medan permainan ini juga berfungsi untuk menaruh para peri ketika tidak ada tempat lagi untuk memanggil peri baru di markas.

Menyembuhkan Hati yang Luka

Secara garis besar, Blue Dungeon adalah game tower defense, di mana para peri bertugas untuk "menyerang" hati-hati yang berlewatan dan jangan sampai menembus pertahanan. Masing-masing peri akan menyerang secara otomatis, dan juga memiliki serangan yang berbeda, misalnya peri merah dengan serangan area. Pemain harus mengumpulkan peri agar bisa menciptakan pertahanan dari hati yang sedih secara sempurna.

Upgrade Elemen Permainan

Dengan air mata (alias uang) yang dikumpulkan, pemain bisa membeli berbagai macam upgrade, seperti mempercepat produksi air mata untuk summon, space di markas, hingga chance untuk level up lebih tinggi ketika merge.

Artwork Cantik namun Sederhana

Blue Dungeon: Tear Defense disajikan dengan artwork bergaya kartun yang sangat cantik. Namun sayangnya, animasi dari para peri di sini sangat sederhana, tidak ada efek-efek khusus yang membuat permainan terasa "wah" atau sejenisnya. Namun hal tersebut tidak mengurangi asyiknya bermain, karena pemain akan sibuk mengatur-ngatur dan melakukan merge pada peri yang berada di markas sambil berusaha bertahan dari serangan para hati.

Bisa Dimainkan tanpa Internet

Dengan model bisnisnya yang free-to-play, Blue Dungeon memang menyajikan sedikit iklan untuk ditonton oleh pemain demi mendapatkan reward. Namun kalau pemain tidak ingin melihat iklan, cukup matikan saja koneksi Internetnya, karena memang game-nya juga tidak membutuhkan online sama sekali, juga tidak menggunakan sistem stamina / energi. Tapi tentunya pemain masih bisa membeli yang namanya mata uang premium, Gems, dengan menggunakan fitur mikrotransaksi.

Blue Dungeon: Tear Defense ini lumayan menarik, dengan elemen-elemen permainan yang bisa membuat pemain senantiasa sibuk di layar ponselnya. Inilah gabungan antara game tower defense dan merge yang patut dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top