REVIEW

Block Puzzle Jewel, Puzzle Sederhana yang Nyatanya Adiktif

Andy Chan   04 Dec 2019
Block Puzzle Jewel, Puzzle Sederhana yang Nyatanya Adiktif

Sebuah game puzzle sebenarnya tidak membutuhkan kekompleksan yang membuat permainan menjadi rumit. Juga tidak perlu komplikasi yang terkadang membuat permainan menjadi melelahkan. Sudah banyak game puzzle yang melelahkan pemainnya, terutama yang bermodel Match-Three dengan berbagai keterbatasan dan komplikasinya. Block Puzzle Jewel bukanlah game seperti itu, namun bukan berarti game-nya tidak menyenangkan untuk dimainkan lho.

Tujuan Permainan

Dalam Block Puzzle Jewel, tujuan utama permainan adalah untuk menyusun blok-blok yang diberikan ke dalam sebuah medan permainan berukuran 8x8 kotak. Apabila kedelapan buah kotak sudah terisi, baik dari kiri ke kanan, atau dari atas ke bawah, maka blok-blok tersebut akan menghilang, pemain diberikan poin, dan medan permainan kembali memiliki tempat kosong. Jangan sampai blok yang diberikan tidak muat di medan permainan, karena kalau ini terjadi, pemain akan mengalami game over.

Menaruh Blok di Medan Permainan

Perhatikan di bagian bawah layar, tersedia tiga buah bentuk blok untuk ditaruh di medan permainan. Pemain tinggal melakukan drag & drop pada blok yang berbentuk macam-macam tersebut ke medan permainan dan mencoba untuk menyusun mereka agar menjadi satu atau lebih garis yang menyambungkan antara kanan dan kiri, atau atas dan bawah. Begitu ketiga blok di bawah sudah digunakan, maka pemain akan diberikan tiga buah blok baru. Demikian seterusnya sampai akhirnya tidak ada tempat lagi untuk menaruh blok tersebut dan terjadi game over.

Tantangan Skor Tertinggi

Nikmatnya bermain Block Puzzle Jewel ini adalah tidak adanya entitas bernama "musuh" di dalamnya. Pemain bebas untuk memainkan game-nya sesuka hati, dan tantangan di dalamnya adalah untuk mencoba mengalahkan skor tertinggi yang sudah dicapai oleh diri pemain sebelumnya.

Bergrafis Sederhana

Secara grafis, Block Puzzle Jewel tampil cukup sederhana. Karena harus diakui, bahwa dalam sebuah game puzzle, cantik-cantikan dan berbagai macam hiasan di layar, hanya akan berfungsi sebagai distraksi saja, jadi dengan tampilan berlatar belakang hitam ini, permainan tampak jelas. Fungsi lain dari grafis sederhana ini juga agar game-nya bisa memiliki loading yang cepat, serta tidak makan prosesor yang sibuk menganimasikan elemen-elemen yang tidak diperlukan.

Banyak Iklan

Disajikan oleh Hua Weiwei secara free-to-play, Block Puzzle Jewel ternyata memiliki tampilan iklan yang lumayan banyak. Untungnya, game ini bisa dimainkan tanpa koneksi Internet, sehingga penampakan iklan bisa diminimalisir. Dan dengan tidak adanya sistem Stamina atau Life, pemain bisa dengan bebas memainkannya kapan pun dia mau. Tidak ada mikrotransaksi sama sekali di dalam game ini, akibatnya, tidak ada fitur kustomisasi dan sejenisnya juga yang biasa menghiasi game-game puzzle pada umumnya.

Block Puzzle Jewel adalah sebuah game penghabis waktu, sehingga permainannya dibuat sesederhana mungkin, dan tidak ada mode lain yang bisa dimainkan selain mode utamanya. Tapi simplisitas permainan ini justru menjadikan game-nya sangat adiktif, karena selain game-nya santai tanpa batasan waktu, pemain juga tidak perlu dedikasi sama sekali dan bebas main kapan saja. Akhir kata, jika kalian butuh penghabis waktu yang santai, Block Puzzle Jewel direkomendasikan untuk dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top