LOADING
REVIEW

Blip Blup, Puzzle Warna Adiktif yang Menantang

Andy Chan   16 Apr 2018
Blip Blup, Puzzle Warna Adiktif yang Menantang

Blip Blup merupakan sebuah game puzzle buatan ustwo games yang siap menantang kemampuan otak Anda. Tujuan utama dari game ini adalah untuk mewarnai seluruh medan permainan dengan warna. Untuk bisa mewarnai medan permainan, tugas pemain adalah untuk mengirimkan sebuah getaran atau "pulse" yang disebut dengan "Blip" ke delapan arah dari suatu titik, dan dengan jumlah melakukan Blip yang terbatas ini, pemain harus bisa mewarnai seluruh medan permainan tersebut.

Dalam Blip Blup yang menyediakan lebih dari 100 stage ini, setiap stage pemain diberikan sebuah medan yang wajib diisi penuh dengan warna. Pemain cukup menyentuh satu kotak saja untuk mengirimkan Blip ke delapan penjuru mata angin yaitu kiri, kanan, atas, bawah, kiri atas, kanan atas, kiri bawah, dan kanan bawah. Nah, setiap Blip yang arahnya diagonal ini bertabrakan dengan dinding, maka dia pun akan terus bergerak secara horisontal atau vertikal, tergantung dinding sebelah mana yang ditabraknya.

Semakin tinggi stage yang dimainkan oleh pemain, maka semakin bermacam-macam pula rintangan yang akan dihadapinya. Mulai dari dinding yang bisa berubah dari tertutup menjadi terbuka setiap terkena Blip, Panel arah panah yang mengirimkan Blip yang diterimanya ke arah yang dia tunjuk, panel X yang tidak bisa disentuh sama sekali namun tetap harus diberi warna, panel Tengkorak yang menyebabkan Game Over secara instan apabila terkena Blip, dan sebagainya.

Setiap stage pemain hanya memiliki sejumlah Blip yang terbatas untuk digunakan. Apabila jumlah Blip ini sudah habis digunakan dan pemain masih belum berhasil mewarnai seluruh medan permainan, maka terjadilah game over. Untunglah, tidak ada batasan dalam melakukan retry, sehingga pemain bisa memainkan ulang stage-nya sesuka hati. Tidak ada keterbatasan waktu sama sekali dalam stage-nya, jadi pemain bisa dengan santai berpikir tanpa diburu-buru.

Apabila pemain berhasil menyelesaikan sebuah stage tanpa menghabiskan Blip yang disediakan, maka dia pun akan mendapatkan rating Tiga Bintang yang sempurna. Sementara itu, apabila Blip-nya habis tepat ketika stage-nya selesai, pemain pun hanya akan mendapatkan satu bintang saja, "Pass" alias lewat, namun tidak sempurna. Tidak ada kegunaan dari mengoleksi bintang ini selain sebagai sebuah pencapaian tersendiri saja.

Blip Blup tidaklah memiliki grafis yang keren. Pemain hanya akan melihat panel berupa kotak-kotak saja yang perlu diberikan warna, serta tidak ada animasi yang berarti selain menyebarnya warna pada medan permainan. Game-nya sendiri dihiasi dengan lagu yang agak santai, dengan sedikit efek suara ketika pemain melakukan Blip.

Sebenarnya Blip Blup ini bukanlah sebuah game free-to-play, karena ada lebih banyak lagi stage di dalamnya yang terkunci dibalik mikrotransaksi. Dengan kata lain, pemain bisa membayar Rp. 25,433 untuk meng-upgrade game ini menjadi full version dan mendapatkan paket stage no. 10 serta sekalian menghilangkan iklan yang mengganggu di dalamnya. Tidak ada mikrotransaksi lain selain upgrade full version ini, dan game-nya tidak ada sistem hints, sehingga pemain harus murni memecahkan semua puzzle-nya sendiri.

Blip Blup ini cukup adiktif dan menantang, baik untuk para penggemar puzzle casual ataupun hardcore. Game ini dijamin bisa membuat Anda berputar otak agar mendapatkan bintang tiga pada setiap stage-nya, cocok sekali untuk dimainkan saat commuting ataupun sedang bersantai di rumah tanpa ada stress dan tekanan. Sudah siap menggunakan otak Anda dalam memecahkan puzzle warna? Download dan pasang Blip Blup di ponsel pintar ataupun tablet Anda sekarang juga!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top