REVIEW

Bird BnB, Hotel untuk Burung yang Menyenangkan Hati

Andy Chan   22 Mar 2020
Bird BnB, Hotel untuk Burung yang Menyenangkan Hati

Hotel adalah tempat persinggahan bagi para orang yang sedang dalam perjalanan, dan membutuhkan tempat tidur serta makan pagi. Di negeri kita saja, ada banyak macam hotel yang tersebar di seluruh pelosok. Mulai dari hotel yang kecil, hingga hotel mewah berbintang lima. Tapi bagaimana kalau ada sebuah hotel yang bukan untuk manusia, melainkan untuk burung? Hadirlah Bird BnB (Bed and Breakfast), sebuah game mengenai membangun hotel untuk burung, persembahan dari Runaway yang sebelumnya kita kenal dengan game imutnya Furistas Cat Cafe.

Membangun Hotel untuk Burung

Dalam Bird BnB, kita akan berkenalan dengan Pepper dan Mango, dua burung karismatik yang ingin mendirikan sebuah hotel untuk para burung. Mereka tentunya tidak sanggup merubah sebuah pohon tua yang mereka tinggali menjadi sebuah hotel yang menarik untuk para burung. Di situlah mereka membutuhkan bantuan kalian!

Manajemen Hotel

Pada dasarnya, Bird BnB ini adalah game yang sangat santai mainnya. Pemain hanya perlu memasang berbagai sarang burung yang nyaman untuk para tamu, menanam tanaman yang menarik untuk dihidangkan, serta memuaskan kebutuhan para tamu yang semuanya adalah burung ini.

Crafting

Menu crafting ini memberikan pemain kemampuan untuk membuat berbagai macam kamar untuk disinggahi oleh para burung. Mulai dari yang bentuknya hanya sarang burung saja, hingga ke rumah burung yang benar-benar bagus. Selain itu, pemain juga bisa membuat berbagai fasilitas, seperti tempat mandi untuk burung, gym, tempat makan, dan lainnya.

Mencari Tamu

Untuk bisa mendapatkan pengunjung, tentunya dibutuhkanlah marketing. Bird BnB menawarkan berbagai cara unik untuk mengiklankan hotelnya, mulai dari gosip para burung, pesan di dalam botol, burung merpati, hingga iklan billboard dan TV.

Bercocok Tanam

Para tamu perlu diberikan makanan, dan hotel burung ini pastinya memiliki tempat sendiri untuk bercocok tanam. Tanamlah berbagai macam bibit untuk menghasilkan biji-bijian yang sangat digemari oleh para burung.

Tamu VIB

Jika di kalangan manusia, ada yang namanya VIP alias Very Important Person, maka di kalangan burung juga ada yang namanya VIB, yaitu Very Important Bird. Mereka adalah burung-burung unik yang penting dan wajib dilayani secara maksimal, masing-masing memiliki latar belakang dan kisah tersendiri.

Burung-burung yang Otentik

Bird BnB hadir dengan grafis 3D yang memperlihatkan para burung secara mendetail. Pemain bisa memutar-mutar kameranya, baik ketika sedang melihat pohon secara keseluruhan, ataupun ketika sedang memeriksa kamar yang disinggahi oleh para burung. Semua burung yang hadir dalam game ini adalah otentik dari spesies yang benar-benar ada di muka bumi. Asyiknya, setiap pemain bebas menentukan sendiri bagaimana ingin membuat hotelnya masing-masing. Setiap pohon pasti unik!

Wajib Online

Game-nya memang santai dan menyenangkan, namun sayangnya, Bird BnB ini ternyata mewajibkan pemainnya untuk senantiasa online. Dan berhubung game-nya free-to-play, sudah pasti menganut banyak elemen dari model bisnis seperti ini. Sebut saja, waktu tunggu untuk bercocok-tanam, waktu tunggu tamu, menonton iklan untuk meningkatkan rewards, serta tentunya kehadiran mikrotransaksi untuk pembelian mata uang premium yang akan memitigasi waktu tunggu tersebut.

Tapi harus diakui kalau Bird BnB ini benar-benar bisa membuat hati senang. Tidak ada kewajiban untuk grinding, tidak ada sistem Gacha, tidak wajib buru-buru melayani para tamu, inilah game yang perlu dimainkan untuk melepas lelah!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top