REVIEW

Bertahan Hidup di Planet Asing bersama SYMMETRY: Space Survival

Andy Chan   26 Jun 2020
Bertahan Hidup di Planet Asing bersama SYMMETRY: Space Survival

Sebuah pesawat riset antariksa jatuh ke sebuah planet asing. Dari semua kru yang ikut, hanya tiga yang dikonfirmasi masih hidup. Namun apa yang terjadi di sini mungkin bukan hal yang sebenarnya terjadi, dan situasinya dengan cepat menjadi lepas kendali. Bisakah para kru pesawat riset ini bertahan hidup dan kembali pulang ke rumah? Demikianlah latar belakang kisah game persembahan IMGN.PRO yang berjudul SYMMETRY: Space Survival.

Apakah Symmetry: Space Survival itu?

SYMMETRY: Space Survival adalah sebuah game manajemen mengenai survival di planet asing, yang mengambil setting di dunia sci-fi retro futuristik. Tujuan permainan adalah untuk mengatur para kru yang selamat dari kecelakaan pesawat dan membantu mereka untuk bertahan hidup dalam lingkungan yang tidak bersahabat ini, dan sampai akhirnya berhasil memperbaiki pesawat mereka dan pulang kembali dengan selamat.

Cara Bertahan Hidup

Untuk bertahan hidup di planet asing, para kru harus menjaga kesehatan mereka serta makan sesuatu. Pemain bisa menyuruh mereka untuk melakukan aksi tertentu dengan menyentuh karakter mereka di layar. Akan ada sub-menu yang keluar di atas kepala mereka, di mana pemain bisa menyuruh mereka untuk mengumpulkan resources, menjalankan hydrophonics, melakukan healing, makan, dan lain sebagainya.

Komplikasi Permainan

Berhubung para kru ini terdampat di sebuah planet asing yang tidak bersahabat, mereka pun harus bertahan dari berbagai macam hal yang bisa membunuh mereka, baik itu iklim yang sangat dingin, atau kerusakan di tempat tinggal mereka. Hal ini harus ditangani secara cepat kalau tidak mau terjadi kematian mendadak.

Story Mode

Meskipun game ini memiliki sebuah Story Mode, namun sangat sulit untuk meng-unlock-nya, karena pemain harus berhasil bertahan hidup terlebih dahulu di Survival Mode selama 100 hari. Mengapa sulit? Karena game-nya tidak menjelaskan apa-apa ke pemainnya sama sekali.

Tidak Ada Tutorial

Satu masalah yang melanda game SYMMETRY: Space Survival ini adalah absennya sebuah tutorial. Pemain langsung diterjunkan ke tengah-tengah game tanpa ada penjelasan apa-apa, dan harus meraba-raba sendiri mengenai cara memainkan dengan benar. Pusingnya, semua perintah di dalam game juga tidak memiliki penjelasan, jadi memang benar-benar menjadi sebuah permainan yang trial-and-error, bahkan ada tombol untuk membunuh salah satu kru juga lho, yang sebenarnya adalah sebuah langkah ekstrim kalau sudah kehabisan makanan: Makan temanmu sendiri.

Tampilan 2D di Planet Asing

SYMMETRY: Space Survival disajikan secara 2D dengan tampilan dilihat dari samping. Pemain bisa melihat para karakternya berkeliaran di planet asing dengan menggunakan baju astronot, dan mereka akan melepas baju tersebut kalau masuk ke dalam shelter. Game-nya menampilkan cuaca dan pergantian hari secara dinamis, mulai dari siang ke malam, serta cuaca badai salju yang tampak membekukan. Disarankan untuk memainkan game ini menggunakan headset, karena suara yang dihasilkan akan memberikan nuansa terdampar di planet asing secara imersif.

Lebih Mudah Jika Bayar

Secara teknis, SYMMETRY: Space Survival adalah game yang free-to-play. Namun pemain mungkin akan kesulitan untuk bisa bertahan hidup selama itu, dan untuk mendapatkan material bertahan hidup secara curang, bisa dengan cara menonton sebuah video iklan, atau membelinya dengan menggunakan mata uang premium, Diamonds. IMGN.PRO juga sekalian menjual Story Mode seharga Rp. 75.000,- karena mereka tahu, tidak akan ada yang banyak berhasil bertahan hidup selama 100 hari tanpa kecurangan tersendiri. Tapi paling tidak, game-nya tidak membutuhkan koneksi Internet.

Meskipun Story Mode SYMMETRY: Space Survival sebenarnya cukup menarik, namun akibat sulitnya mendapatkan Story Mode secara gratisan, mungkin sebaiknya lupakan kalau game ini memiliki Story Mode. Survival Mode sendiri sudah cukup menarik untuk dimainkan, asal pemain bersedia belajar pelan-pelan.

Akhir kata, SYMMETRY: Space Survival bukanlah game untuk kebanyakan orang, dan hanya mereka yang sabar saja yang bisa menikmatinya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top