REVIEW

Bertahan Hidup dalam Permainan Kartu di Phantom Rose Scarlet

NanaMiku   10 Apr 2021
Bertahan Hidup dalam Permainan Kartu di Phantom Rose Scarlet

Bermain permainan kartu itu cukup seru karena menantang apakah deck kartu yang telah kalian susun bisa bekerja dengan baik. Namun bagaimana jadinya kalau kartu yang kalian dapatkan itu acak dan deck kartu kalian akan kembali ke awal apabila mati? Kalian bisa mencoba tantangan tersebut dalam Phantom Rose Scarlet.

Dalam Phantom Rose Scarlet, kalian akan mengendalikan Reina, seorang maid yang baru saja mati dan dihidupkan kembali oleh sosok misterius. Sekarang tugas kalian adalah menjelajahi mansion yang penuh dengan monster demi mencari tuan kalian yang menghilang.

Roguelite dicampur dengan Deck Building Card Game

Di game ini, kalian akan menjelajahi mansion yang besar secara otomatis. Jadi dalam game ini yang perlu kalian urus hanyalah menyusun deck kartu yang kalian gunakan untuk bertarung. Dimanakah elemen roguelite yang artinya game-nya bisa berubah terus setiap kali dimainkan? Elemen roguelite berada dari kartu yang kalian dapatkan. Kartu didapatkan secara acak dari berbagai event, mulai dari membeli kartu dari penjual yang muncul secara acak, mendapatkan dari ruangan misterius, dan lainnya. Tidak hanya itu, kalau kalian mati pun deck kartu yang sudah kalian susun akan hilang dan kalian harus mengulang dari lantai 1.

Sistem Pertarungan

Pertarungan di Phantom Rose Scarlet cukup sederhana. Aksi akan dilakukan secara bergantian, namun kalian harus menyusun aksi di awal. Di tengah layar terdapat 4 kotak yang menandakan urutan aksi para karakter. 2 kotak sudah terisi oleh serangan musuh, jadi sekarang kalian harus menyusun strategi untuk menggunakan kartu yang tepat untuk menyerang musuh sambil mengurangi damage yang kalian terima.

Setelah kartu kalian gunakan, kartu tersebut tidak bisa kalian gunakan lagi sampai cooldown selesai. Hal ini membuat kalian harus sangat berhati-hati saat menyusun strategi karena bisa-bisa kartu menyerang kalian habis.

Jenis kartu di Phantom Rose Scarlet ada 2: Attack dan Magic. Sesuai dengan namanya, kartu attack berguna untuk menyerang musuh. Kartunya pun cukup bervariasi, ada kartu serangan yang semakin kuat setiap dipakai, menjadi lebih kuat apabila ditaruh pada posisi slot 1, dan lainnya.

Sedangkan kartu Magic lebih bervariasi isinya. Contoh-contoh kartunya adalah kartu untuk memulihkan HP kalian, kartu untuk membuat barrier agar serangan musuh tidak begitu sakit, hingga kartu-kartu buff dan debuff yang dapat memutar balikan keadaan.

Suasana yang Kelam dan Indah

Salah satu poin yang paling menarik dari Phantom Rose Scarlet adalah grafisnya. Gaya grafis yang dihadirkan menawarkan suasana kelam dengan warna-warna yang gelap. Namun di balik itu, gambarnya tetap terasa indah untuk dipandang. Suasana musiknya pun sama, membuat suasana semakin kelam dan sepi.

Kesimpulan

Phantom Rose Scarlet menawarkan gameplay yang sederhana tapi cukup menarik untuk dimainkan. Kalian harus cukup memutar kepala untuk bisa menemukan strategi yang pas. Sayangnya elemen acak dalam mendapatkan kartu dan sistem kartu tidak bisa digunakan hingga cooldown habis terasa mengganggu sinergi strategi kalian. Game ini pun dapat dimainkan secara gratis dan offline. Ada beberapa iklan yang muncul, tapi tidak mengganggu permainan. Kalian pun bisa beli paket untuk menghapus iklan dan juga kostum untuk Reina.

Kalau kalian pernah main Slay the Spire dan Darkest Dungeon, game ini mungkin tidak terasa asing. Namun Phantom Rose Scarlet berhasil menghasilkan suasana baru yang berbeda dari inspirasinya. Apalagi hebatnya game ini hanya dikerjakan oleh satu orang saja.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top