REVIEW

Bersihkan Dunia dari Virus bersama Dr. Mario World

Andy Chan   19 May 2020
Bersihkan Dunia dari Virus bersama Dr. Mario World

Dunia sedang dilanda oleh serangan virus, akibatnya kepanikan pun melanda semua orang. Siapa kira-kira yang bisa membasmi virus-virus tersebut? Mari kita panggil Dr. Mario! Dia telah mengenakan baju dokternya, dan dengan menggunakan kapsul ajaib, dia bersama dengan teman-temannya akan membasmi virus-virus yang kurang ajar tersebut. Itulah tema dari permainan yang berjudul Dr. Mario World.

Resmi dari Nintendo

Dr. Mario World adalah game resmi dari Nintendo, sebuah iterasi baru dari game Dr. Mario yang dulu rilis di konsol NES pada tahun 1990. Dengan kata lain, game ini benar-benar baru dan memang dibuat khusus untuk mobile, bukan port dari game lawasnya. Ada banyak fitur baru yang disajikan di dalamnya, seperti dokter-dokter baru, asisten dokter, serta multiplayer.

Puzzle Match-Three ala Dr. Mario

Pada intinya, Dr. Mario World adalah sebuah game puzzle match-three, di mana pemain mengirimkan sebuah kapsul ke arah virus yang berada di layar. Agak berbeda dengan game Dr. Mario di NES, kapsul yang dikirimkan kini bergerak ke arah atas, bukan ke bawah. Begitu kapsul yang berwarna sama dengan virusnya berhasil dideretkan tiga buah atau lebih, baik ke arah horisontal maupun vertikal, maka virus beserta kapsul tersebut pun akan sirna dari layar. Di setiap level-nya, pemain harus membasmi semua virus yang ada, dengan batasan jumlah kapsul tertentu.

Sistem Tiga Bintang

Apabila pemain berhasil menyelesaikan sebuah level dengan jumlah kapsul seminimum mungkin, maka mereka akan mendapatkan penghargaan tertinggi, yaitu tiga buah bintang. Semakin banyak penggunaan kapsul dalam level, semakin menurun pula jumlah bintang yang didapatkan, sehingga bintang tiga menjadi hal yang prestisius untuk didapatkan.

Berbagai Dokter dengan Skill-nya

Tidak hanya Dr. Mario saja yang bertugas di sini. Karakter-karakter lain pun akan bermunculan untuk dimainkan, seperti Dr. Peach dan Dr. Bowser. Mereka masing-masing memiliki sebuah skill yang bisa digunakan begitu meterannya sudah penuh. Skill ini bervariatif per karakter, jadi tergantung kebutuhan pemain ingin menggunakan skill mana yang paling cocok untuk mereka.

Sistem Asisten

Dr. Mario juga tidak sendirian ketika sedang beroperasi melawan para virus. Dia bisa ditemani oleh dua buah asisten, yang bisa dipilih dari berbagai karakter-karakter lucu di dunia Dr. Mario World ini seperti Goomba, Koopa Troopa, dan Buzzy Beetle. Skill mereka akan mengkomplemen sang dokter untuk membasmi para virus.

Melawan Pemain Lain

Permainan utama dari Dr. Mario World memiliki ratusan level dan dunia untuk diselamatkan, namun pemain juga bisa mencoba kebolehan membasmi virus mereka melawan pemain lain lho! Pertandingan membasmi virus ini dilakukan secara real-time, dan pemain akan bisa saling mengirimkan virus ke arah lawan sambil membasmi virus yang ada di medan permainannya sendiri.

Wajib Online

Akibat jiwa game-nya yang free-to-play dan keberadaan fitur multiplayer inilah Dr. Mario World mau tidak mau harus dimainkan secara online. Tapi itu artinya, pemain akan bisa menikmati berbagai macam event yang disediakan oleh server. Permainannya sendiri menggunakan sebuah sistem stamina, jadi akan ada saat di mana pemain kehabisan stamina dan harus menunggu waktu berjalan. Disediakan mikrotransaksi untuk pemain membeli mata uang premium, Diamonds, yang bisa digunakan untuk membeli karakter baru secara Gacha.

Artwork khas Nintendo

Game-game dari Nintendo biasanya memiliki kualitas tersendiri agar tampak menawan, dan Dr. Mario World pun tidak ketinggalan. Dengan grafis tiga dimensi di mana Dr. Mario bersama dengan teman-temannya beraksi, namun medan permainan puzzle-nya tetap tampak klasik. Serunya, permainan juga diiringi dengan lagu-lagu khas Mario yang sudah dimodifikasi, namun tetap terasa familiar.

Berbicara mengenai game Mario, tidak perlu dipungkiri lagi, Dr. Mario World tetap memiliki kualitas Nintendo yang tinggi. Memang game-nya agak berbeda dengan Dr. Mario lawas, namun iterasi terbaru ini sangat pantas untuk dijajal.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top