REVIEW

Bermain Puzzle sambil Perbaiki Mansion dalam Secret House

NanaMiku   11 Apr 2021
Bermain Puzzle sambil Perbaiki Mansion dalam Secret House

Bermain puzzle match 3 seperti Candy Crush Saga memang seru karena kalian bisa mengasah otak di waktu senggang. Tapi bagaimana jadinya kalau game puzzle match 3 diberi cerita yang menarik? Kalian bisa menemukan kombinasi tersebut dalam Secret House!

Secret House adalah game puzzle match 3 buatan Flash, Inc. Seperti yang sudah disebutkan di atas, game ini tidak hanya sekedar menghadirkan puzzle match 3 saja, tetapi juga menikmati cerita yang menarik yang membuat kalian harus menyelamatkan mansion.

Cerita dan Puzzle jadi Satu, tapi Terpisah

Dalam Secret House kalian akan menjadi Momo, seorang gadis muda yang pergi meninggalkan keluarganya demi belajar sihir. Setahun kemudian, kalian sudah selesai belajar sihir dan pulang kembali ke rumah di mansion yang sangat besar. Namun pada saat sampai, suasana mansion terlihat bobrok seperti sudah lama tidak ditinggali.

Untuk memperbaiki segala masalah, Momo bisa menggunakan kekuatan marble. Cara mendapatkan marble adalah dengan bermain puzzle match 3. Keunikan dari Secret House adalah walau puzzle dan cerita menjadi satu dalam game ini, kalian tidak harus selang seling bermain antara cerita dan puzzle.

Porsi cerita dan puzzle dipisah dalam artian tidak ada struktur yang mengikat keduanya. Untuk melanjutkan cerita memang kalian memerlukan marble yang didapat dari puzzle. Namun kalian bisa terus bermain puzzle tanpa melanjutkan cerita. Ini berarti kalian bisa bermain puzzle terus-terusan di waktu senggang yang nanggung sehingga mengumpulkan banyak marble. Setelah ada waktu yang cukup untuk menikmati ceritanya, kalian bisa menikmati cerita terus-terusan berkat stok marble yang sudah banyak.

Puzzle Match 3 dengan Power Up

Puzzle match 3 sangat sederhana untuk dimainkan. Di hadapan kalian terdapat puzzle yang berisikan obyek-obyek yang berwarna warni secara acak. Tugas kalian hanyalah mencari mana yang bisa disusun menjadi 3 obyek warna yang sama yang berurutan. Ketika tersusun rapi, maka obyeknya akan menghilang.

Misi puzzle yang kalian temui di Secret House pun bervariasi. Seperti ada yang harus menghilangkan obyek berapa banyak, membawa telur ke titik tertentu agar peri bisa keluar, menghancurkan boks berapa banyak, dan lainnya. Semua misi ini bisa kalian selesaikan dengan menyocokan 3 obyek yang warnanya sama saja.

Namun kalian harus berhati-hati karena kalian memiliki batas langkah yang bisa dilakukan. Kalau Langkah habis dan misi belum tercapai, puzzle akan gagal dan kalian bisa pilih untuk mengulang dari awal (dan puzzle berubah) atau membeli Langkah tambahan menggunakan koin.

Salah satu hal yang membuat puzzle di Secret House adalah terdapat sistem power up. Sistem power up dalam game ini ada beberapa variasi. Untuk yang paling sederhana adalah Menyusun obyek puzzle lebih dari 3. Ketika kalian berhasi menyusun obyek 4 atau lebih, maka akan terbentuk power up yang muncul sesuai dengan susunan warna yang kalian susun. Contohnya apabila kalian bikin baris 4 lurus, maka akan jadi bom horizontal atau vertikal. Keunikan lainnya adalah power up bom yang kalian buat di papan puzzle bisa kalian gabungkan dengan bom lain untuk memberi efek meledak yang lebih kuat.

Di luar power up susunan obyek puzzle, terdapat juga power up yang kalian dapatkan dari menyelesaikan puzzle atau dibeli dari tokonya (uang nyata). Untuk power up ini jumlahnya terbatas tapi cukup ampuh. Contohnya ada power up berupa palu yang dapat menghapus satu obyek puzzle dimana pun.

Perbaiki Mansion

Sepanjang cerita, kalian juga akan memperbaiki mansion yang sudah bobrok. Bagi kalian yang suka merias ruangan, ini adalah bagian yang cukup menarik. Ketika diperbaiki, kalian akan diberi 3 pilihan yang bervariasi. Contohnya untuk bagian rak, ada 3 desain yang bisa kalian pilih.

Di setiap ruangan, kalian akan bertemu dengan karakter yang berbeda-beda. Selain bisa menikmati cerita karakter yang beda, tema masing-masing ruangan pun berbeda-beda, contohnya, di ruangan pertama kalian akan menangani toko roti. Jadi kalian bisa menata banyak ruangan.

Kesimpulan

Secret House menawarkan puzzle match 3 yang cocok untuk mengisi waktu kosong yang sedikit, tetapi juga menawarkan cerita dan merias ruangan yang cocok untuk mengisi waktu lowong yang banyak. Jadi game ini tepat untuk dimainkan kapan saja.

Game-nya bisa dimainkan secara offline dan iklan yang dihadirkan tidak mengganggu. Kalian hanya melihat iklan kalau ingin mendapatkan koin tambahan yang diperlukan untuk continue. Terdapat juga toko uang nyata yang menjual barang-barang power up, tapi puzzle yang dihadirkan tidak sesulit itu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top