LOADING
TIPS

Berkirim Pesan Rahasia di FB Messenger? Bisa, lho!

Dwi K   04 Oct 2017
Berkirim Pesan Rahasia di FB Messenger? Bisa, lho!

Sudah hampir berselang setahun sejak Facebook untuk pertama kalinya meluncurkan fitur enkripsi secara end-to-end pada aplikasi Messenger miliknya, tapi mungkin belum semua penggunanya yang mengetahui adanya fitur ini. Mungkin, penyebabnya adalah Mesengger mewajibkan kita sebagai para penggunanya untuk mengaktifkan fitur ini secara manual, tidak seperti WhatsApp yang memungkinkannya untuk langsung aktif.

Jika belum mengetahui tujuan dari adanya enkripsi secara end-to-end yang belakangan banyak diterapkan oleh berbagai layanan pesan instan, fitur ini bakal membuat percakapan kita menjadi anti-sadap.

Kalau begitu, bagaimana cara bagi kita sebagai para penggunanya untuk mengaktifkan enkripsi secara end-to-end pada aplikasi Messenger?

Yang dilakukan pertama, kita tentunya harus memilih lawan bicara atau chat kita terlebih dahulu. Lalu, lakukan tap pada icon I yang berada di pojok kanan atas, dan tap lagi pada Secret Conversation. Sebuah pesan pun akan dimunculkan untuk memberitahukan kepada kita bahwa kita sedang menggunakan Secret Conversation yang memiliki enkripsi secara end-to-end.

Tampilan Messenger pun akan berubah warnanya menjadi hitam. Tak hanya berhenti hingga di situ saja, kita juga bisa mengaktifkan pesan yang bakal hilang dengan sendirinya. Mengaktifkannya pun cukup dengan memilih icon berbentuk jam yang berada di pojok kanan bawah. Di sini, kita bisa memilih hingga berapa lama pesan tersebut akan bertahan sebelum hilang dengan sendirinya, yaitu selama 5 detik saja hingga 1 hari penuh. Setelah itu, countdown pun akan dimunculkan tepat di sebelah kiri dari pesan yang dipilih dengan menunjukkan sisa waktu yang dimiliki oleh pesan tersebut sebelum hilang dengan sendirinya.

Setelah hilang dengan sendirinya, bubble pesan akan tetap berada di situ. Meski begitu, pesan tersebut akan tetap menghilang walau pun belum dibaca oleh sang penerima.

Jika prosesnya sudah selesai, maka kita tinggal melakukan tap pada icon I di pojok kanan atas. Lalu, pilihlah menu berbentuk tiga titik vertical dan lakukan tap pada Delete Conversation. Chat log atau riwayat percakapan kita pun akan menghilang dan tidak bakal bisa di-recover lagi.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
Dirgahayu Republik Indonesia
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top