TIPS TRIK

Terganggu dengan Telepon yang Tak Dikenal? Diblokir saja!

en19ma   29 Aug 2017
Terganggu dengan Telepon yang Tak Dikenal? Diblokir saja!

Tidak ada seorang pun yang bisa lepas dari yang namanya gangguan telepon atau pun yang namanya pesan teks singkat alias SMS dari nomor-nomor yang tidak dikenal. Biasanya, telepon atau pun SMS ini menawarkan sesuatu, beriklan, atau juga bisa bertujuan untuk menipu. Tidak enak, bukan?

Marilah kita pelajari cara-cara memblokir nomor HP atau nomor telepon yang tak dikenal dan mengganggu tersebut dalam tiga langkah.

Cek sistem operasi/pengaturan pada masing-masing ponsel terlebih dahulu

Sedikit catatan, setiap jenis ponsel, baik itu yang merupakan Samsung, Asus, LG, iPhone, mau pun yang lainnya, masing-masingnya memiliki jenis pengaturan yang berbeda-beda. Meski pun begitu, pada dasarnya setiap ponsel pintar memiliki kemampuan untuk memblokir nomor telepon yang mengganggu. Jadi, pelajarilah pengaturan masing-masing ponsel milik kalian terlebih dahulu secara cermat, dan pastikan di mana lokasi dari menu untuk pemblokiran tersebut.

Bisa dilakukan secara langsung dari menu Panggilan/Call

Ini adalah cara termudah, karena sudah dipastikan bakal ada fitur blokir ini di setiap ponsel pintar.

Periksalah menu "Panggilan/Call" kalian, lalu lihat pada log panggilan. Cukup dengan menyentuh nomor telepon yang ingin diblokir dan pilih "Blokir" untuk langsung memblokir nomor tersebut agar tidak bisa menghubungi ponselmu lagi, baik secara panggilan suara atau pun SMS.

Kemudian, lakukan klik pada "Call Details" dan klik lagi pada "Block Number." Setelah itu, nomor telepon tersebut secara otomatis akan diblokir. Si pemilik nomor telepon tersebut tidak akan bisa melakukan panggilan telepon atau pun mengirimkan SMS ke ponselmu lagi.

Selain bisa dilakukan melalui menu "Panggilan/Call," kalian juga bisa memblokir nomor telepon yang tak dikenal dan ingin kalian blokir agar berhenti untuk menghubungi ponselmu itu secara langsung dari menu "Messages/Pesan." Lakukan tap pada salah satu pesan teks singkat yang dikirim dari nomor telepon tersebut untuk memilihnya, dan lakukan klik pada icon bundar di pojok kanan atas untuk memblokir nomor telepon si pengirim.

Bisa dilakukan secara langsung dari menu Messages/Pesan

Apabila sang pelaku tidak menelepon kalian, melainkan hanya mengirimkan SMS saja, maka pemblokiran juga bisa dilakukan via menu "Messages/Pesan." Cukup dengan membuka salah satu pesan singkat yang mengganggu tersebut, lalu pilihlah menu. Biasanya, ada berbagai macam pilihan di dalam menu, salah satunya adalah "Block." Nah, tinggal sentuh pilihan "Block," maka nomor telepon tersebut pun akan terblokir dan tidak bakal bisa mengganggu kalian lagi.

Minta bantuan kepada operator telekomunikasi

Operator-operator telekomunikasi di Indonesia, yang di antaranya adalah 3 Tri, Indosat Ooredoo, Smartfren, Telkomsel, dan XL Axiata, ternyata bisa cukup membantu dalam menangani kasus penipuan dan spam pada umumnya, lho. Kalian bisa melaporkan dan meminta bantuan dari para operator telekomunikasi tersebut untuk memblokir nomor-nomor tertentu yang senantiasa mengganggu kalian.

Sayangnya, metode ini sebenarnya mungkin akan lebih merepotkan jika dibandingkan dengan pemblokiran via ponsel pintar itu sendiri. Karena, selain kalian harus menghubungi operator-operator telekomunikasi tersebut secara langsung, metode ini juga tidaklah akan bisa dilakukan secara otomatis alias memerlukan keaktifanmu untuk mengambil inisiatif agar metode ini bisa berlaku dengan efektif.

Menggunakan berbagai macam aplikasi pihak ketiga yang mudah dan sederhana

Secara umum, hampir semua ponsel pintar di masa kini memiliki fitur pemblokiran. Namun, apabila memiliki ponsel pintar yang sudah cukup berumur, atau mungkin ingin mendapatkan fitur pemblokiran yang lebih canggih, maka kalian bisa menggunakan beberapa aplikasi menarik yang dikembangkan dan dirilis oleh pihak ketiga di bawah ini.

Blokir secara otomatis dengan Truecaller

Truecaller:Caller ID & Dialer Tools and Utilities AndroidiOS Download Download

Aplikasi gratisan yang satu ini fungsinya adalah untuk memperlihatkan siapa yang sebenarnya sedang menghubungi ponselmu, sehingga kalian bisa memeriksa apakah yang menelepon itu adalah telemarketing atau bukan. Truecaller juga akan secara otomatis memblokir nomor-nomor spammer serta telemarketer yang rajin mengirimkan SMS yang mengganggu dengan fitur Smart SMS. Dengan daftar nomor spam yang senantiasa di-update oleh komunitas penggunanya, Truecaller merupakan salah satu aplikasi terkuat yang bisa membuat ponsel pintarmu aman dari gangguan.

Lindungi ponsel dari spam dengan Mr. Number

Mr. Number juga merupakan salah satu aplikasi gratisan yang membantu untuk memblokir telepon yang tidak diinginkan di ponsel pintarmu. Selain itu, Mr. Number juga memiliki kemampuan untuk melindungi ponsel milikmu dari spam, membungkam kontak-kontak tertentu, bahkan juga bisa membuat teleponmu itu jadi 'terkunci' dari seluruh dunia. Asyik, lho. Jadi, kalau ada orang yang teridentifikasi sebagai spammer dan mencoba-coba untuk meneleponmu, maka ia akan langsung diputuskan secara otomatis.

Bayar versi premium, Call Blocker bakal mengamankan SMS dan panggilanmu

Call Blocker merupakan salah satu aplikasi gratisan yang dikembangkan secara khusus untuk memblokir telepon-telepon yang tidak diinginkan. Aplikasi ini didukung oleh iklan, dan apabila kalian bersedia untuk membayar versi premium-nya, maka kalian bisa menikmati fitur-fitur khusus, seperti Private Space yang bakal mengamankan SMS dan panggilan kalian.

Buat daftar pemblokiran dengan Calls Blacklist

Calls Blacklist adalah sebuah aplikasi sederhana yang mengijinkanmu untuk membuat sebuah daftar pemblokiran dari kontak-kontak yang ingin diblokir. Aplikasi ini sangat sederhana, sehingga kegunaannya pun mungkin jadi terasa agak terbatas, namun apabila ponsel pintarmu tidak mendukung pemblokiran secara mendasar, maka Calls Blacklist boleh juga untuk dicoba.

Akhir kata, kalian pun jadi bisa mengucapkan selamat tinggal kepada para penelepon atau pengirim SMS yang tidak dikenal. Selamat mencobanya, ya.

Ditulis ulang oleh: Andy Chan

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top