REVIEW

Beggar Life 2, Kisah Bos Pengemis yang Dibalut Game Idle Clicker & Adventure

Andy Chan   18 Oct 2019
Beggar Life 2, Kisah Bos Pengemis yang Dibalut Game Idle Clicker & Adventure

Setelah sukses dengan game Beggar Life, Manababa pun melanjutkan kisah sang pengemis yang sudah sukses tersebut dalam Beggar Life 2. Dalam game ini, dikisahkan bahwa sang pengemis yang sudah menjadi bos pengemis tersebut bertemu dengan dua anak-anak yang kelaparan. Merasa kasihan dengan mereka, dia pun mulai menari dan meminta "sumbangan" dari para orang yang lewat. Demikian sedikit latar belakang kisah Beggar Life 2 yang merupakan basa basi untuk pemain melanjutkan petualangan mereka di One Penny Village.

Idle Clicker campur Adventure

Sama seperti game Beggar Life pertama, dalam Beggar Life 2 pemain pun memainkan dua hal sekaligus. Yang pertama adalah sebuah game idle clicker di mana pemain menyaksikan sang bos pengemis menari-nari sambil meminta "sumbangan" untuk mendapatkan cukup uang, dan yang kedua adalah petualangan sang pengemis keliling One Penny Village dan melakukan berbagai hal di dalamnya.

Mode Idle Clicker

Permainan utama dari Beggar Life 2 adalah sebuah idle clicker, di mana pemain harus mengetuk layar secepat mungkin untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya. Semakin cepat pemain mengetuk layar, maka meteran yang berada di atas layar akan semakin terisi penuh. Begitu penuh, pemain akan mendapatkan fever mode yang menambahkan bonus kelipatan penghasilan dalam waktu tertentu.

Upgrade Karakter dan Otomatisasi

Untuk menambahkan penghasilan, pemain bisa meng-upgrade sang bos pengemis dengan menggunakan uang yang sudah terkumpul. Semakin tinggi level-nya, semakin banyak pula uang yang didapatkan dalam sekali ketuk. Tapi tentu saja fitur paling penting dari sebuah game idle clicker adalah keberadaan sistem otomatisasinya. Dalam Beggar Life 2, pemain bisa membeli seorang part timer, dan dia pun akan menghasilkan uang per detiknya tanpa ada input apa pun dari pemain.

Mode Petualangan di One Penny Village

Yang membedakan Beggar Life 2 dengan game idle clicker lainnya adalah keberadaan sebuah kota yang bisa dijelajahi oleh sang bos pengemis. Dia bisa mengunjungi berbagai macam gedung yang ada di dalam kota, masing-masing dengan kegunaan yang berbeda-beda. Ada sinema GGV untuk menonton video iklan dan mendapatkan uang, ada kedai kopi untuk menikmati berbagai kopi, ada peramal, mini market, taman, bahkan pemain pun bisa mampir ke rumah sang bos pengemis untuk menaikkan statsnya.

Siang dan Malam

Pemain tidak bisa secara terus-terusan berkunjung di kota, karena ada tenggang waktu yang dibutuhkan untuk masuk ke lokasi tersebut. Setiap pemain masuk ke sebuah lokasi, maka waktu akan berjalan sampai akhirnya menjadi malam, dan seluruh aktivitas di kota tutup. Apabila ini terjadi, pemain harus menunggu secara real-time sampai waktu kembali pagi dan aktivitas kota pun berlanjut. Jangan khawatir, pemain tidak perlu menunggu benar-benar seharian, karena dalam waktu beberapa menit saja, kota pun sudah kembali pagi.

One Penny Village yang Menarik

Salah satu keunikan dari Beggar Life 2 adalah animasi para karakternya yang selalu menari di layar dalam balutan grafis kartun yang menawan. Karakter apa pun yang ditambahkan oleh pemain di layar, mereka akan senantiasa menari. Bahkan pemain akan bisa menggeser-geser posisi para karakter tersebut sesuai selera, serta mengganti model tarian mereka dengan tarian gaya lain. Di samping itu, kehidupan di One Penny Village sangatlah menarik untuk diikuti. Pemain bisa berinteraksi dengan penduduk-penduduk kota dan ikutan berbagai macam hal seperti latihan Tae Kwon Do, membaca di perpustakaan, bercocok tanam, dan lain sebagainya.

Bisa Multiplayer

Salah satu keunggulan dari Beggar Life 2 yang kaya akan fitur ini adalah kemampuannya untuk dimainkan secara offline, karena meskipun game free-to-play ini memiliki iklan, namun apabila dimainkan secara offline, tidak akan ada iklan yang mengganggu. Tapi apabila pemain bersedia memainkannya secara online, maka mereka akan mendapatkan akses untuk memainkan game multiplayer 1 vs 1 yang bernama Piling Up. Dalam mode ini, pemain bisa beradu menumpuk karakter di atas sebuah tas, siapa yang menjatuhkan karakter duluan dari tas, dia lah yang kalah. Seperti biasa, mikrotransaksi pun disediakan untuk pembelian mata uang premium.

Kalau boleh dibilang, Beggar Life 2 ini adalah salah satu game idle clicker paling menarik yang ada di mobile. Dengan berbagai macam karakter untuk dikoleksi, masing-masing dengan kisahnya yang unik, serta kemampuan pemain untuk bertualang di sebuah kota, Beggar Life 2 sangat pantas untuk berada di jajaran game-game ponsel pintar yang kalian simpan di ponsel pintar kalian.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top