LOADING
REVIEW

Beasts Evolved: Skirmish, Perang antar Makhluk Buas yang Seru & Keren

Andy Chan   08 Jun 2018
Beasts Evolved: Skirmish, Perang antar Makhluk Buas yang Seru & Keren

Bayangkanlah. Kalian tiba-tiba dibuang ke sebuah dunia yang entah berada di mana, dan mendadak disuruh membunuhi monster-monster yang mengacau di dunia tersebut. Meski pun kalian sudah beberapa kali menanyakan mengenai cara untuk kembali ke duniamu, jawabannya tetaplah sama: bantu mereka membasmi para monster agar bisa kembali. Itulah kisah yang dibawakan oleh Beasts Evolved: Skirmish, sebuah game strategi buatan Reality Squared Games.

Beasts Evolved: Skirmish mengambil tema mengenai pengembangan monster, evolusi monster, serta mengeksplorasi dunia. Pemain mengikuti kisah dari Beasts Evolved: Skirmish sambil senantiasa melakukan evolusi pada para monsternya agar bisa lebih kuat untuk berperang melawan para monster di dunia tesrebut. Boleh dibilang, game ini juga bisa disebut sebagai game memelihara monster.

Uniknya, grafis pada Beasts Evolved: Skirmish ini menggunakan siluet yang imut-imut. Bagi pemilik PlayStation Portable (PSP), pasti akan langsung mengenali artwork dari game ini yang sepertinya terinspirasi dari game Patapon. Tapi jangan salah, karena meskipun game-nya menggunakan background cantik dengan foreground siluet hitam, game ini tidak ada hubungannya dengan Patapon, bahkan tipe permainannya pun bukanlah ritme.

Peta dalam Beasts Evolved: Skirmish ditampilkan seperti peta overworld yang memiliki poin-poin terhubung satu sama lain, di mana biasanya dalam game disebut dengan stage. Pemain bisa memilih sebuah stage dan kemudian membawa pasukannya berperang melawan monster-monster di dunia asing ini.

Pada mulanya, pemain hanya memiliki satu karakter saja, yaitu sang avatar pemain yang bisa dipilih dari antara beberapa jenis avatar yang disebut sebagai Ancient. Semakin jauh pemain memainkan game-nya, semakin banyak juga monster yang akan didapatkannya. Dan cara menciptakan monster pun cukup "lucu", yaitu dengan menggunakan fitur "Love Shack" alias "Pondok Cinta" untuk membuahkan monster baru. Pemain pun memiliki kemampuan untuk menggunakan Astra, menggabungkan berbagai macam Glyph, dan melakukan evolusi, baik kepada para monster yang dimiliki, ataupun kepada avatarnya sendiri.

Peperangan berlangsung secara real-time, namun secara garis besar berjalan secara otomatis. Tugas pemain adalah untuk menggunakan skill-skill khusus yang dimiliki oleh pasukannya, sesuai dengan situasi dan kondisi peperangan. Ada skill untuk melakukan healing, skill untuk menyerang, dan lain sebagainya. Tantangan ada pada pemilihan strategi perangmu, monster apa yang harus dibawa, skill apa yang dibutuhkan, serta menciptakan sebuah sinergi tim yang bisa mengalahkan para musuh dengan efisien.

Beasts Evolved: Skirmish adalah sebuah game online. Jadi game-nya ya wajib dimainkan secara online. Namun sayangnya, dengan kewajiban online ini juga lah game ini jadi agak menyebalkan, karena seringkali keluar tulisan "Network unstable, check your connection!" yang panda intinya menyalahkan pemain atas koneksi Internetnya yang kurang memadai. Sedihnya, hal ini menghalangi pemain untuk bisa menikmati game asyik ini secara maksimal, apalagi kalau koneksinya memang kurang memadai. Belum lagi kalau server dari game itu sendiri yang bermasalah, bisa-bisa gigit jari tidak main untuk beberapa lama.

Hal yang sama juga berlaku ketika sedang memainkan game-nya, karena dengan loading time yang bergantung kepada koneksi ke server ini, bisa menyebabkan waktu tunggu yang sangat lama untuk melakukan sesuatu, baik itu berperang, mengakses menu, dan sebagainya. Sesuatu yang menyebalkan lainnya adalah keberadaan sistem stamina berupa makanan yang harus dikonsumsi agar bisa berperang. Dengan adanya sistem stamina seperti ini, apalagi dengan pertarungan yang semakin lama semakin sulit, bisa-bisa pemain hanya memainkan game-nya sebentar saja sebelum harus menunggu stamina kembali. Dan seperti biasanya game free-to-play, tersedia mikrotransaksi untuk membeli Gems, di mana Gems bisa digunakan untuk membeli uang ataupun stamina.

Sebenarnya secara garis besar, Beasts Evolved: Skirmish ini cukup seru dan adiktif, serta cocok untuk dijadikan salah satu game perang yang berada di ponsel pintarmu. Tinggal masalah koneksi dan server saja, karena dari beberapa kali mencoba Beasts Evolved: Skirmish ini, ada saat di mana game-nya tidak mau masuk ke server, koneksi tidak mau nyambung, atau bisa dimainkan dengan loading yang sangat lambat. Patut dipertimbangkan mengenai kualitas koneksi Internet Anda sebelum meng-install Beasts Evolved: Skirmish di ponsel pintar Anda.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top