REVIEW

Bear's Restaurant, Kisah Hidangan Terakhir Manusia sebelum Pergi ke Akhirat

Andy Chan   20 Apr 2019
Bear's Restaurant, Kisah Hidangan Terakhir Manusia sebelum Pergi ke Akhirat

Ini adalah sebuah kisah mengenai seekor "beruang" dan seekor "kucing" yang mengelola sebuah restoran. Tapi ini bukan restoran biasa, karena dalam restoran ini, manusia yang baru saja meninggal, bisa menikmati hidangan terakhir mereka sebelum akhirnya pergi ke akhirat. Inilah Bear's Restaurant, sebuah kisah emosional persembahan Daigo Studio.

Restoran Serba Ada di Ajal Manusia

Dikisahkan bahwa ketika manusia meninggal dunia, mereka semuanya akan mampir di restoran beruang ini. Mereka yang baru saja meninggal ini bisa menikmati hidangan terakhir mereka, apa pun yang mereka inginkan. Hamburger, omelet, sushi, pudding, oden, apa pun hidangan favorit mereka sewaktu mereka hidup, mereka bisa nikmati di restoran beruang.

Sebuah Point & Click Adventure untuk Ponsel Pintar

Bear's Restaurant adalah sebuah game adventure point&click, di mana pemain mengendalikan sang "kucing" untuk membantu si beruang menjalankan restoran terakhir ini. Pemain cukup menyentuh sesuatu di layar untuk menyuruh sang kucing menghampiri dan berinteraksi dengannya. Urutan permainan biasanya ada pengunjung yang datang untuk memesan makanan, lalu sang kucing menyampaikannya ke beruang, dia memasaknya dan kucing pun mengantarkan hidangan terakhir tersebut ke sang pengunjung.

Menyelam ke Ingatan Manusia

Terkadang ada manusia yang memesan sesuatu yang tidak dikenali oleh sang beruang. Untuk bisa mencari tahu seperti apa hidangan yang diinginkan oleh pengunjung tersebut, pemain yang berperan sebagai sang kucing harus "menyelam" ke ingatan sang manusia tersebut. Dalam ingatan ini, pemain bisa menyelidiki seperti apa hidangan yang sebenarnya diinginkan olehnya, baru nanti memberikan ingatan tersebut ke sang beruang untuk dimasak dan dihidangkan.

Mengingat Mereka yang telah Meninggal

Setelah mereka disajikan hidangan terakhirnya, mereka pun akan pergi ke sebuah stasiun untuk dibawa ke akhirat. Sebagai pengingat mengenai keberadaan mereka, pemain akan bisa mengunjungi ingatan terakhir mereka semasa hidup dan melihat kisah sedih bagaimana mereka meninggal.

Pixel Art yang Menawan

Semua adegan dan kejadian dalam Bear's Restaurant direpresentasikan dengan grafis retro. Baik itu restoran sang beruang atau pun ingatan manusia di masa lalu, semuanya tampil secara sederhana via pixel art yang menawan. Game ini juga didukung dengan lagu emosional yang wajib didengar menggunakan headphone.

Offline, tapi Butuh Internet

Daigo Studio memang menyajikan Bear's Restaurant ini secara free-to-play dan bisa dimainkan tanpa koneksi Internet. Namun sayangnya, banyak hal dalam game ini membutuhkan pemain untuk menonton video iklan. Salah satunya adalah ketika pemain ingin melihat ingatan kematian seseorang, dia harus menonton iklan dulu sebelum bisa menyaksikan saat terakhir mereka dalam hidup. Oleh karena itu, tidak ada mikrotransaksi sama sekali dalam game ini selain pembelian fitur "menghilangkan iklan".

Secara menyeluruh, tidak ada puzzle yang sulit dalam Bear's Restaurant. Game ini murni merupakan perjalanan emosional melihat kisah manusia di akhir hayatnya. Sedikit peringatan, banyak adegan tragis di game ini yang bisa membuatmu sedih, seperti kecelakaan lalu lintas, bunuh diri, dan lain sebagainya.

Meskipun game ini menggunakan artwork pixel art yang mungkin tidak disukai oleh kebanyakan gamer, namun tema emosional dari game ini bisa digunakan sebagai semacam wahana untuk berintrospeksi dan mencerahkan diri kalian agar menjadi seseorang yang -semoga- lebih baik dibanding sebelumnya. Oleh karena itu Bear's Restaurant adalah sebuah game yang sangat kami rekomendasikan untuk dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top