NEWS

BBM Akhiri Layanannya di Akhir Bulan Mei

Anduril   21 Apr 2019
BBM Akhiri Layanannya di Akhir Bulan Mei

BlackBerry Messenger atau BBM menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang cukup populer pada masanya, dengan fitur khasnya emoticon dan “Ping!”. Penggunaan “Ping!” yang kerap kali kita temui saat orang ingin dibalas pesannya dengan cepat memang dipelopori oleh BBM pada masa itu. Mungkin hal-hal tersebut akan menjadi kenangan manis yang masih bisa kita rasakan saat ini, pasalnya aplikasi messenger yang dulunya eksklusif di ponsel BlackBerry ini akan menutup layanannya pada akhir bulan Mei mendatang.

Selama kurang lebih tiga tahun hadir di lintas platform, nyatanya BBM harus tumbang di tengah gempuran inovasi dan teknologi yang semakin berkembang saat ini. Meskipun mendapatkan beberapa fitur yang cukup menarik. Tampaknya hal tersebut masih belum bisa mempertahankan atau bahkan menambah jumlah pengguna barunya. Hingga pada akhirnya penggunanya justru beranjak ke platform lain.

Diganti BBMe

Dengan segala pertimbangan tersebut pada akhirnya dengan berat hati BlackBerry memutuskan untuk menutup layanan dari BBM per 31 Mei 2019 mendatang. Sebagai gantinya BlackBerry akan memberikan layanan BBM Enterprise (BBMe) untuk para pengguna BBM.

BBMe adalah sebuah platform pengiriman pesan terenkrispsi end to end mutakhir untuk keperluan percakapan pribadi para pelanggan.

Keputusan ini diambil sebagai rasa hormat BlackBerry kepada para pengguna setia BBM dan bukan sebuah tanggung jawab yang bersifat kontrak. Langkah ini juga tidak akan mempengaruhi laporan keuangan ataupun strategi perangkat lunak perusahaan.

"Meskipun kami menghormati keputusan Emtek, kami sangat menyayangkan karena platform tidak berjalan dan berkembang seperti yang kami harapkan," kata Mark Wilson, Chief Marketing Officer, BlackBerry melalui keterangan resminya, Sabtu (20/4).

"Setelah melalui banyak pertimbangan, kami memutuskan bahwa pengguna setia BBM harus tetap memiliki platform pengiriman pesan yang aman dan dapat dipercaya," ujar Wilson menambahkan.

Pihak perusahaan juga mengucapkan banyak terima kasih baik untuk pengguna maupun karyawan yang telah bekerja dan mencurahkan segenap hatinya bersama BBM. Selamat tinggal BBM, terima kasih telah mempelopori aplikasi pesan instan hingga kini lahir banyak aplikasi-aplikasi dengan konsep yang sama.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top