REVIEW

Bawa Pasukanmu untuk Bela Negara Pixel Kingdom

Andy Chan   15 May 2019
Bawa Pasukanmu untuk Bela Negara Pixel Kingdom

Kerajaan Pixel diserang oleh musuh secara bertubi-tubi! Satu-satunya yang bisa memimpin pasukan untuk mengalahkan mereka adalah kamu. Bisakah kamu mengatur pasukan dan menghancurkan para musuh yang terus menerus menyerang ini? Ayo bawa pasukanmu menuju kemenangan dalam game RPG Defense buatan SmashGames yang berjudul Pixel Kingdom!

Pimpin Pasukan dan Kalahkan Musuh

Pixel Kingdom pada dasarnya adalah sebuah game line defense, di mana pemain membawa pasukannya berperang melawan musuh dalam tiga buah jalur. Bawa pasukan kalian mulai dari prajurit-prajurit tangguh, penyihir, dan lain sebagainya untuk perang melawan musuh di sebuah medan pertempuran tanpa akhir.

Atur Pasukan Sendiri menggunakan Layar Sentuh

Dalam Pixel Kingdom, tugas pemain adalah untuk memanggil pasukan menggunakan mana dan kemudian menaruhnya di salah satu jalur yang ada di layar. Sang pasukan yang sudah dipanggil itu akan secara otomatis berjalan ke arah kanan, sambil menyerang musuh apapun yang menghalangi jalannya. Setiap jenis pasukan memiliki biaya panggil yang berbeda-beda, tergantung dari kekuatannya.

Mana sendiri akan secara otomatis terkumpul, namun apabila pemain ingin mendapatkan mana dengan lebih cepat, mereka bisa meng-upgrade pemasukan mereka tersebut di sela-sela pembelian pasukan. Inilah taktik yang harus dipikirkan oleh pemain, apakah kira-kira sempat menghabiskan mana untuk meng-upgrade pemasukan sebelum musuh mendekat atau tidak.

Bagian Kiri melawan Bagian Kanan

Pasukan pemain akan keluar dari sebelah kiri dan menyerang ke sebelah kanan layar. Begitu mereka mencapai bagian kanan layar, mereka akan melakukan pengrusakan terhadap pertahanan musuh. Begitu HP pertahanan musuh habis, maka level tersebut pun selesai dan pemain bisa melanjutkan ke level berikutnya. Tapi apabila musuh berhasil menjebol pertahananmu, maka Life akan berkurang. Begitu Life ini habis, maka terjadilah game over dan pemain harus mengulang level tersebut.

Berbagai Jenis Pasukan Siap Berperang

Ada berbagai macam pasukan yang bisa dibeli oleh pemain, mulai dari Warrior, Archer, Rogue, Wizard, Knight, Cleric, Monk, Berserker, sampai ke Paladin dan Necromancer. Tentu saja, di awal permainan, pemain tidak mendapatkan akses ke pasukan-pasukan keren, dan untuk mendapatkannya, pembeli harus membelinya di Home Menu menggunakan Gold.

Gear dan Item

Pemain juga bisa membeli Gear dan Item untuk membantu menyelesaikan sebuah level. Gear adalah alat yang digunakan oleh pasukanmu untuk memperkuat diri, seperti Mithril Shield untuk memberikan bonus Health kepada para Warrior, atau Elvish Bow yang memperkuat serangan para Archer, dan lainnya. Sementara itu, pemain juga bisa membeli Item untuk memberikan mereka boost di level yang akan mereka mainkan, mulai dari Health Boost untuk menambah Health, Mana Boost untuk menambah jumlah Mana, sampai Summon Dragon untuk memanggil naga.

Artwork Retro

Sesuai dengan judulnya, Pixel Kingdom tampil dengan menggunakan artwork yang retro berbentuk pixel art. Pixel art biasanya lebih enak dilihat apabila spritenya kecil-kecil, namun dalam Pixel Kingdom, karakternya tampil terlalu besar, sehingga agak kurang enak dilihat. Meskipun begitu, artwork ala pixel art ini tidaklah mengurangi keseruan peperangan yang terjadi dalam game-nya.

Tidak Perlu Koneksi Internet

Pixel Kingdom tidak memiliki sistem stamina sama sekali yang menghambat laju permainan. Sedikit gangguan mungkin dihadapi pemain dalam bentuk iklan, namun berhubung game-nya bisa dimainkan tanpa Internet, iklan pun bisa dilenyapkan dengan cara mematikan WiFi dan Mobile Data. Seperti biasanya game free-to-play, Pixel Kingdom memiliki mikrotransaksi yang variatif, mulai dari pembelian Gold sampai pembelian mata uang premium, Gems.

Dilengkapi dengan sistem achievement yang menantang, Pixel Kingdom adalah sebuah game defense yang menarik untuk dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top