Batique & i-Smart Siap Fasilitasi Calon Murid SD Berbakat di Sumatra Selatan

Published: 11 Sep 2022, oleh en19ma

Alat uji kognitif anak berbasis game pertama di Indonesia yang telah melewati tahapan validasi oleh Unit Psikometrika Universitas Gadjah Mada (UGM), Batique, mengumumkan kerjasama dengan i-Smart Bimbel dari kota Rambang, Sumatra Selatan.

i-Smart Bimbel merupakan lembaga bimbingan belajar (bimbel) bagi siswa/i Sekolah Dasar (SD) yang bertujuan untuk membekali anak dengan kompetensi utama yang dibutuhkan bagi masa depan. Kompetensi yang dimaksud mencakup kemampuan berbahasa, menguasai teknologi, menghasilkan karya kreatif, serta menyelesaikan masalah dan logika matematika.

i-Smart Bimbel kota Rambang merangkul Agate untuk menggunakan Batique sebagai instrumen pengujian kesiapan masuk SD bagi anak didik bimbel-nya. Kerjasama eksklusif ini telah aktif berjalan sejak penandatanganan MoU pada tanggal 30 September 2022 lalu.

Kerjasama ini berlandaskan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia No. 1 tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Kemendikbud mengutarakan poin yang menarik mengenai pengecualian syarat usia minimal calon peserta didik SD dalam pasal 4 ayat 3-5; “(3)... [Pengecualian ini berupa] peserta didik yang memilik kecerdasan dan/atau bakat istimewa serta kesiapan psikis; (4) ... [Verifikasi ayat 3 dapat] dibuktikan dengan rekomendasi dengan psikolog profesional; (5) ... [Atau sebagai gantinya] dilakukan oleh dewan guru sekolah yang bersangkutan.” Secara umum, penilaian tersebut meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Berdasarkan poin tersebut, pemanfaatan Batique dalam kerjasama ini akan berfokus pada melengkapi layanan dan rencana belajar dari i-Smart Bimbel, terutama dalam aspek psikologi dan mengidentifikasi bakat anak. Hal ini diharapkan dapat berkontribusi dalam membantu Indonesia untuk “membina anak-anak yang luar biasa” berdasarkan potensi uniknya masing-masing.

Akhir kata, Agate juga berharap agar informasi ini dapat mendorong lembaga-lembaga pendidikan lainnya untuk berkolaborasi dengan Batique dalam mewadahi tumbuh-kembang anak-anak Indonesia melalui pemanfaatan perpaduan antara teknologi dan ilmu psikologi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Batique, Anda dapat mengakses informasinya melalui tautan https://batique.id.

Tags

news kognitif gaming Games anak-anak Batique i-smart murid indonesia sekolah dasar sumatra selatan kolaborasi belajar kompetensi masa depan agate studio pendidikan psikologi bakat teknologi ilmu pengetahuan

Share Artikel