REVIEW

Bart Bonte Melakukannya Lagi! Inilah Puzzle Absurd Terbarunya, Blue!

Andy Chan   18 Aug 2019
Bart Bonte Melakukannya Lagi! Inilah Puzzle Absurd Terbarunya, Blue!

Jika kalian adalah penggemar game puzzle yang setia membaca JurnalApps, pasti sudah pernah mendengar nama Bart Bonte. Developer yang satu ini pernah mengembangkan tiga buah game puzzle absurd yang judulnya adalah Yellow, Red, serta Black. Pada masing-masing judul game puzzle tersebut, pemain ditugaskan untuk merubah warna layar menjadi sesuai dengan judulnya, di mana Yellow meminta pemain merubah layar menjadi kuning, Red menjadi merah, dan tentu saja, Black menjadi hitam. Kini Bart Bonte telah lagi-lagi mengeluarkan sebuah game puzzle bertemakan warna tersebut, dan kini judulnya adalah Blue alias warna biru.

Konsep yang Sama Absurd-nya

Konsep dari permainan puzzle berjudul Blue itu tidaklah jauh berbeda dengan Yellow, Red, dan Black. Di setiap levelnya, pemain harus merubah warna layar menjadi biru, namun cara untuk merubah warna menjadi biru tersebut tidaklah sama di masing-masing level. Ada logika tersendiri di setiap levelnya, seperti menyentuh suatu blok berwarna biru beberapa kali, mengendalikan sebuah pesawat, bahkan ada juga harus menggantungkan sebuah angka di atas layar.

Tetap Trial and Error

Biasanya pemain akan bingung dulu ketika melihat sebuah level di dalam Blue ini, karena tidak ada penjelasan apa-apa sama sekali. Kemudian, pemain akan mencoba-coba melakukan sesuatu dengan cara menyentuh layar dan melihat apa yang bekerja, apa yang tidak bekerja. Manipulasi permainan bisa berupa sentuhan, bisa juga berupa swiping, tergantung situasi dan kondisi yang diberikan. Yang penting, pemain harus berhasil membuat seluruh layar menjadi warna biru.

Hints yang Sangat Menolong

Apabila pemain benar-benar tidak mengerti mengenai apa yang diminta olah sebuah level, Blue menyediakan sebuah sistem hints yang sama dengan ketiga game pendahulunya. Cukup sentuh icon lampui di bagian kanan atas layar, dan game-nya akan menyodorkan hints secara bertahap, mulai dari sedikit petunjuk hingga akhirnya memberikan solusi yang tepat. Sedikit "bayaran" untuk menggunakan sistem Hints ini adalah iklan yang ditayangkan terlebih dahulu sebelum hintsnya keluar.

Tampilan Sama dengan Yellow, Red & Black

Sama seperti ketiga game sebelumnya Yellow, Red, dan Black yang memiliki warna dominan sesuai judul, Blue juga menggunakan warna biru yang tampak 'adem' pada layar. Semua puzzle di dalam game ini hadir secara vektor yang memiliki bentuk variasi seperti bulat, segitiga, kaitan, dan lain sebagainya yang menghasilkan sebuah puzzle unik namun absurd.

50 Level Gratisan

Blue yang hadir secara free-to-play ini memiliki 50 buah level untuk diselesaikan oleh pemain, dan masing-masing level memiliki tantangan tersendiri yang unik untuk level tersebut. Game-nya sendiri bisa dimainkan tanpa koneksi Internet, jadinya pemain bebas menggunakan hints tanpa gangguan iklan. Tersedia versi premium dari game ini seharga Rp. 27.000,- untuk menghilangkan iklan dan tentunya akan menyenangkan hati Bart Bonte.

Dari empat judul Yellow, Red, Black, dan Blue ini, sebenarnya kalau mau dilihat secara keseluruhan, semuanya hanyalah merupakan expansion pack saja. Red, Black, dan Blue bisa dianggap sebagai sebuah ekspansi dari game puzzle pertamanya, Yellow dengan total tambahan 50 level per tema warna. Tentu saja, ini bukanlah hal yang jelek, karena para penggemar puzzle buatan Bart Bonte ini pasti haus akan level baru. So, bisakah kalian membirukan layar dalam 50 level yang menantang ini? Cari tahu dalam game terbaru Bart Bonte, Blue!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top