LOADING
REVIEW

Bark, Mudahnya Cara Memantau Kegiatan Anak di Dunia Maya

Dikdok   11 Mar 2018
Bark, Mudahnya Cara Memantau Kegiatan Anak di Dunia Maya

Pada era digital yang hampir di setiap kegiatannya telah memanfaatkan internet, diketahui bahwa para masyarakat telah menghabiskan waktu yang cukup banyak untuk berselancar di dunia maya dengan menggunakan ponselnya. Sebagaimana diberitakan The Washington Post, diketahui bahwa para remaja telah menghabiskan kurang dari 9 jam sehari untuk berada di depan ponselnya bergentayangan di dunia maya. Sedikit berbeda dengan remaja, para anak usia 8 - 12 tahun menghabiskan waktu sekitar 6 jam sehari untuk bermain ponselnya. Kegiatan yang dilakukannya pun beragam, dimulai dari bermain game, berselancar media sosial atau hanya berkomunikasi via chat.

Mirisnya, di balik kecanduannya anak-anak terhadap dunia online, masih banyak orang tua yang tidak mengetahui apa saja yang dilakukan anaknya di dunia online tersebut. Hal tersebut akhirnya menyebabkan banyak anak-anak terpapar oleh berbagai konten berbahaya dan negatif. Dampaknya, banyak terjadi penyimpangan perilaku anak yang mereka lakukan karena mencontoh konten negatif dari internet.

Bark - Monitor. Detect. Alert. Tools and Utilities AndroidiOS Download Download

Memahami masalah tersebut, salsh satu develpoer bernama Bark Technologies Inc mencoba mengembangkan sebuah aplikasi yang dinamakan Bark - Monitor. Detect. Alert.

Aplikasi Bark ini menawarkan solusi cerdas untuk memantau sekaligus melindungi anak dari berbagai gangguan yang mengancam. Melalui aplikasi Bark, para orang tua dapat memantau lebih dari 20 platform media sosial, pesan singkat iOS dan Android hingga akun email. Namun, berbeda dengan mode kontrol orang tua kebanyakan yang membatasi ruang aktivitas si anak, Bark tidak melakukan hal demikian. Aplikasi ini hanya menyediakan alat bagi orang tua untuk melihat potensi ancaman dalam aktivitas online si anak.

APlikasi Bark bekerja dengan cara menganalisa percakapan, menandai frase dan kode populer yang mengandung unsur pornografi, cyber bullying, narkoba dan ujaran depresi seseorang. Jika salah satu frasa tersebut berhasil terdeteksi, aplikasi ini akan segera mengirimkan alarm kepada orang tua, serta memberikan panduan untuk menangani masalah tersebut.

Sebagai contoh, aplikasi Bark ini bisa memahami istilah LOL (Lough Out Loud), BRB (Be Right Back) hingga kata kata yang mengandung konten negatif seperti 53X (sex) atauppun KMS (kill myself)

Nah, penasaran dengan aplikasi ini? Segera install Apliaksi ini di iOS ataupun Android ya

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top