REVIEW

Bangun Kota Impianmu dalam Township

Andy Chan   14 May 2019
Bangun Kota Impianmu dalam Township

Playrix yang sebelumnya dikenal dengan game puzzle match-three Gardenscapes, kini mempersembahkan sebuah game baru di mobile kepada kalian semua. Game yang mereka beri judul Township ini adalah campuran dari dua buah genre unik, yaitu genre membangun kota serta genre farming. Dengan kata lain, pemain tidak lagi memainkan game puzzle match-three, melainkan membangun kota dengan cara mengurus pertanian.

Campuran Genre yang Unik

Seperti sudah disebutkan, dalam Township pemain akan berperan sebagai seorang manajer kota, di mana dia bertanggung jawab penuh atas proses pertanian serta pembangunan kota tersebut. Mulai dari memanen tanaman di pertanian, memproses mereka di fasilitas-fasilitas yang dimiliki, menjual barang jadinya di kota, sampai membuka restoran baru, bioskop, dan lain sebagainya agar kota yang dibangun menjadi hidup.

Manajemen Pertanian dan Kota

Segala sesuatu di dalam Township ini harus diatur secara mendetail oleh pemain, dengan kata lain, game ini benar-benar membutuhkan mikromanajemen. Pemain harus menanam berbagai bahan pertanian seperti gabah, jagung, dan menuainya, kemudian memberikan makan sapi yang akan menghasilkan susu, atau gandum bisa dijadikan roti, dan lain sebagainya yang dijamin membuat repot seperti benar-benar mengurus pertanian. Demikian juga halnya dengan pembangunan kota, di mana pemain harus menyediakan rumah tempat tinggal, tempat bekerja, dan lain sebagainya.

Menghasilkan Uang dan Membangun Kota

Produk yang dihasilkan bisa dikirimkan ke pembeli dengan menggunakan helikopter secara manual untuk menghasilkan uang. Nah, uang ini bisa digunakan untuk pembangunan kota, baik itu untuk mempercantik kota, menambah fasilitas pertanian, atau menambah gedung-gedung baru di kota.

Dekorasi Kota yang Unik

Kota yang bisa diberi nama sendiri oleh pemain ini pun bisa didekorasi dengan berbagai macam landmark terkenal di dunia. Ingin kota kalian memiliki Patung Liberty? Big Ben? Semua itu bisa dibeli dan didirikan di kota kalian, sehingga kotanya akan benar-benar unik dibandingkan dengan kota milik pemain lain.

Asyik dengan Fitur-fitur Menyenangkan

Di samping kesibukan membangun kota dan mengurusi pertanian, pemain juga bisa menikmati hal-hal lain yang disediakan di dalam Township. Ada berburu artefak langka di dalam tambang, juga ada sebuah kebun binatang di mana pemain bisa mengembangbiakkan binatang sesuka hati.

Penuh dengan Binatang yang Menawan

Daya tarik Township adalah keberadaan binatang-binatang ternak yang tampil secara imut dalam 3D dan sangat menawan. Dan seperti biasanya game-game membangun kota seperti ini, menjadi kepuasan tersendiri melihat kota yang tadinya kosong dan gersang menjadi sebuah kota yang hidup dan penuh dengan aktivitas.

Pembangunan Kota yang Real-Time

Segala sesuatu di dalam Township berjalan secara real-time. Sedang membangun sebuah bangunan? Tunggulah beberapa menit. Memberikan makanan kepada ternak? Tunggu sampai mereka selesai makan. Memproduksi roti? Tunggulah beberapa menit juga. Dengan kata lain, game ini memang merupakan game yang akan membuat pemain lebih sering menunggu ketimbang memainkannya. Tapi jangan khawatir, karena waktu akan terus berjalan meskipun pemain tidak sedang memainkan game-nya. Tapi ingat, koneksi Internet wajib dimiliki oleh pemainnya karena memang Township wajib dimainkan online.

Mata Uang Premium untuk Mempercepat Permainan

Seperti biasanya game-game free-to-play, Township juga memiliki mikrotransaksi di mana pemain bisa membeli mata uang premium. Dengan menggunakan mata uang inilah pemain bisa mempercepat segala hal dalam permainan, baik itu pembangunan kota, pemberian makan ternak, sampai ke pembelian bahan-bahan yang kurang.

Meskipun game ini memiliki waktu tunggu yang semakin lama semakin menyebalkan, namun uniknya campuran antara game bertani serta game membangun kota membuat Township sebagai salah satu game manajemen yang keren dan patut dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top