REVIEW FILM

Badut Setan Hadir Menghantui Netflix dalam IT Chapter One

Andy Chan   25 Nov 2019
Badut Setan Hadir Menghantui Netflix dalam IT Chapter One

Saat ini, hampir semua orang tentunya sudah menyaksikan aksi badut setan yang mengerikan Pennywise dalam film horor IT yang terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama mengisahkan mengenai teror yang dialami oleh anak-anak di kota kecil Derry, sementara bagian kedua mengisahkan mengenai kembalinya mereka setelah dewasa untuk menghadapi badut setan tersebut. Jika kalian ingin mengalami kembali teror sang badut, kalian sudah bisa lho menyaksikannya kembali di ponsel pintar kalian karena IT Chapter One (2017) telah hadir di platform Netflix.

Adaptasi Novel Stephen King

Seperti yang kalian ketahui, IT adalah sebuah novel klasik Stephen King diadaptasi menjadi sebuah film layar lebar di tahun 2017 silam. Film ini mengisahkan mengenai tujuh anak kecil yang diteror oleh makhluk supernatural yang mengerikan, biasanya hadir dalam wujud sebuah badut.

Cast yang Spektakuler

Film ini dibintangi oleh Bill Skarsgard sebagai IT atau Pennywise, sang badut setan, dan didukung dengan cast anak-anak yang spektakuler, mulai dari Jaeden Lieberher sebagai William "Bill" Denbrough, Jeremy Ray Taylor sebagai Ben Hanscom, Sophia Lillis sebagai Beverly Marsh, Finn Wolfhard sebagai Richie Tozier, Wyatt Oleff sebagai Stanley Uris, Chosen Jacobs sebagai Mike Hanlon, dan Jack Dylan Grazer as Eddie Kaspbrak. Bagi penggemar Netflix, pasti mengenali Finn Woflhard, karena dia juga membintangi serial Netflix Stranger Things sebagai Mike Wheeler.

Kisah Teror Badut Pennywise

Mengambil setting di sebuah kota kecil fiktif bernama Derry pada tahun 1989, kisah IT dimulai dengan menghilangnya seorang anak kecil bernama George "Georgie" Denbrough. Pencarian sang anak tersebut mempertemukan tujuh orang anak kecil yang dikucilkan dari sekolah, masing-masing memiliki pengalaman mengerikan tersendiri berhadapan dengan sang badut setan Pennywise. IT Chapter One berhasil membawa kengerian yang menegangkan, karena sebagai anak-anak yang harusnya dilindungi, mereka justru harus bersatu melindungi diri mereka satu sama lain, karena sesuai pepatah, "Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh", apabila mereka sendiri-sendiri, Pennywise akan dengan mudah memetik mereka satu per satu.

Dua Setengah Jam penuh Teror

Dengan durasi film lebih dari 2 jam, IT Chapter One tidak tanggung-tanggung dalam menebarkan teror di sepanjang filmnya. Tidak mengherankan, karena sutradaranya sendiri Andres Muschietti, sudah pernah membawakan film horro mengerikan yang berjudul Mama, jadi dia tidaklah asing dengan film horor. Penonton akan dibawa untuk senantiasa tegang sepanjang filmnya, menanti-nantikan kapan ada kejutan dari sang badut setan.

Berbeda dengan versi 1990

Di tahun 1990 silam, novel IT ini sendiri sudah pernah diangkat menjadi sebuah mini seri, di mana sang badut setan tersebut diperankan oleh aktor ternama Tim Curry. Dari segi presentasi dan tentunya spesial efek, IT versi 1990 ini masih kalah seram, namun patut diperhatikan bahwa Pennywise versi Tim Curry mengambil karakteristik over dramatis, sementara versi Bill Skarsgard menggunakan karakteristik yang lebih creepy.

Tamat, tapi Masih Bersambung

Akibat adanya IT Chapter Two, pastinya semua orang sudah tahu bahwa anak-anak Derry di IT Chapter One ini berhasil mengalahkan sang badut setan di akhir cerita. Namun 27 tahun kemudian, sang badut setan Pennywise akan hadir kembali dan kembali meneror kehidupan mereka, dan itulah yang diangkat oleh IT Chapter Two. Meskipun begitu, secara cerita, kisah IT Chapter One boleh dibilang sudah "tamat", dan bisa ditonton sebagai satu film lepas (hal yang sama tidak berlaku untuk IT Chapter Two).

Nah, untuk saat ini, baru IT Chapter One saja yang sudah hadir di platform Netflix. Untuk kalian yang tidak takut terhadap badut: Hidup kalian akan berubah setelah nonton film ini. Masih merasa tangguh?

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top