REVIEW

Ayo, Jadi Ahli Alkimia dalam Little Alchemy 2!

Andy Chan   07 Jan 2019
Ayo, Jadi Ahli Alkimia dalam Little Alchemy 2!

Seberapa tinggi keahlian Alkimia kalian? Apakah kalian tahu apa yang terjadi apabila air digabungkan dengan tanah? Atau Air dicampur dengan api? Inilah kesempatan kalian untuk menjadi ahli Alkimia dalam sebuah game buatan Recloak yang mereka beri judul Little Alchemy 2!

Sebuah Game bergenre Eksperimen yang Menyenangkan

Seperti yang tersirat dari judulnya, Little Alchemy 2 merupakan sekuel dari game Little Alchemy, sebuah game eksperimen di mana pemain bisa mencoba mencampur-campurkan berbagai macam material agar menjadi sebuah material baru. Untuk Little Alchemy 2, Recloak telah memperluas kumpulan material yang bisa dibuat, dan tugas pemain adalah untuk menemukan ada apa saja yang bisa diciptakan di dalamnya.

Pengendalian via Layar Sentuh

Sebuah ponsel pintar adalah platform yang tepat bagi keberadaan Little Alchemy 2, karena sistem kendali yang berdasarkan layar sentuh ini sangat cocok untuk pemain memanipulasi layar. Pemain cukup menarik material yang berada di menu sebelah kanan layar ke medan permainan di sebelah kiri, lalu tarik satu material lagi yang berbeda dan timpa lah material yang sebelumnya. Apabila kedua material tersebut bisa digabungkan, maka akan terbentuklah sebuah material baru, misalnya dari api dan air akan terciptalah sebuah uap, atau dari tanah dan api akan terciptalah sebuah lava.

Tujuan Permainan dan Fitur-fiturnya

Little Alchemy 2 adalah sebuah mainan eksperimen, jadi pemain bebas menggabungkan material apa saja untuk menciptakan sebuah material baru, dan kemudian material tersebut pun bisa digabungkan lagi dengan material lain. Demikian seterusnya sampai akhirnya terciptalah sebuah final item atau benda akhir. Nah, benda akhir ini tidak bisa digabungkan dengan apa-apa, sehingga dia pun langsung lenyap dan masuk ke encyclopedia milik pemain sebagai tanda mata. Tujuan pemain adalah untuk melengkapi encyclopedia yang berisikan 720 macam material di dalamnya. Sebuah tantangan yang menarik, kan?

Sedikit tips adalah, sebuah material bisa digabungkan dengan material yang sama, jadi api pun bisa digabungkan dengan api untuk menghasilkan energi, misalnya.

Artwork yang Menawan dengan Lagu Santai

Ada banyak hal yang bisa ditemukan oleh pemain, masing-masing direpresentasikan dengan sebuah artwork menarik. Api diwakili dengan gambar api, asap diwakili dengan asap berwarna hitam, gunung berapi diwakili dengan gambar gunung berlava dan berasap, dan sebagainya. Sepanjang permainan, pemain ditemani dengan sebuah lagu yang santai, meskipun lama-lama lagunya membosankan karena agak monoton.

Gratis dan Offline

Little Alchemy 2 disajikan secara free-to-play oleh Recloak, dan game-nya benar-benar bebas untuk dimainkan tanpa ada gangguan sistem stamina ataupun kewajiban online. Dengan kata lain, pemain bebas memainkannya kapan saja, di mana saja secara offline.

Mikrotransaksi dan Pembelian Encyclopedia

Apabila pemain merasa mentok, pemain bisa membeli sebuah mata uang premium bernama Reserach Points. Dengan menggunakan Research Point ini, pemain akan mendapatkan hints mengenai apa material yang perlu digabungkan untuk mendapatkan material baru. Tentu saja, pemain juga bisa menonton sebuah video iklan apabila tidak ingin membeli apa-apa. Selain itu, tersedia juga pembelian sebuah paket encyclopedia berisikan makhluk mitos dan para monster, dijual seharga Rp. 44.000,- saja.

Sebagai sebuah game eksperimen, Little Alchemy 2 benar-benar santai untuk dimainkan. Pemain tidak perlu merasa diburu-buru dalam menyelesaikan game-nya, karena memang game seperti ini tidak ada batasan waktu. Oleh karena itu, game ini sangatlah unik dan patut dicoba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top