REVIEW

Ayo, Masak Bersama Cooking MAMA Let's Cook!

Andy Chan   12 Feb 2018
Ayo, Masak Bersama Cooking MAMA Let's Cook!

Apakah Anda butuh sebuah game santai yang menyenangkan dan bisa meningkatkan nafsu makan? Tidak perlu mencari jauh-jauh lagi, karena kini ada game berjudul Cooking MAMA Let's Cook!, buatan Office Create yang unik. Potong, panggang, masak, inilah game memasak unik yang dijamin akan membuatmu lapar.

Cooking MAMA Let's Cook! merupakan variasi dari game Cooking Mama yang dulu tenar di handheld Nintendo DS, dan dibuat untuk mobile. Di dalam game ini, pemain ditugaskan oleh Mama untuk membantunya memasak makanan (well, lebih tepatnya Mama menginstruksikan Anda memasak).

Mode utama dari Cooking MAMA Let's Cook! bernama "Let's Cook!". Dalam mode ini, pemain akan diberikan sejumlah resep masakan untuk dimasak, dan setiap resep biasanya memiliki beberapa jenis tugas yang harus diselesaikan. Tugas tersebut bervariasi, tergantung dari masakan yang sedang dibuat. Ada memotong sayuran, memecahkan telur, memasukkan sayuran ke panci, kemudian mengatur suhu api, menumis masakan, mengaduk adonan, memberikan hiasan pada makanan, dan sebagainya. Masing-masing dimainkan menggunakan layar sentuh dengan aturan yang berbeda, namun mudah untuk dilakukan karena Mama memberikan instruksi cukup jelas. Tidak perlu khawatir apabila gagal melakukan suatu mini game, karena dalam game ini tidak ada yang namanya Game Over yang membuat frustrasi, malah terkadang lucu hasilnya kalau dengan sengaja menggagalkan suatu masakan.

Apabila Anda butuh resep masakan baru, Anda bisa membelinya di Toko Resep Masakan. Namun sayangnya, semua resep-resep yang ada di dalamnya hanya bisa dibeli menggunakan uang asli. Cara lain untuk mendapatkan resep ini adalah dengan mengumpulkan stamp, yang rasanya membutuhkan waktu sangat lama. Tidak ada cara lain lagi di dalam game untuk mendapatkan resep-resep ini.

Di samping masak-memasak, Cooking MAMA Let's Cook! juga memiliki banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di Happy Village, salah satunya adalah memancing ikan. Nah, memancing ikan ini pun direpresentasikan dengan sebuah mini game yang seru, sebagaimana layaknya game memancing. Memang cara memancingnya tidaklah terlalu kompleks seperti game memancing sesungguhnya, namun cukup seru untuk dilakukan.

Pemain cukup menyentuh dan menahan tombol reel untuk melemparkan pancing, jarak lemparan sesuai dengan gauge yang ada di layar. Begitu ikan menggigit, pemain tinggal menyentuh dan menahan tombol reel lagi sampai keluar mini game baru menarik ikan tersebut. Mini game yang ini pun cukup mudah, pemain sekali lagi harus menyentuh dan menahan tombol reel sampai gauge ikan tepat berada di tengah, barulah melepaskan sentuhan. Ulangi sampai ikan tertangkap. Semakin banyak pemain menangkap ikan, maka level alat pancing pun akan semakin tinggi.

Tidak lama setelah Anda memainkan game ini, Mama pun akan membuka sebuah Happy Restaurant. Ini merupakan sebuah mini game lagi yang mirip dengan Diner Dash, di mana pemain memberikan pengunjung tempat duduk dan menyajikan makanan untuk mereka, tentunya makanan yang sudah dibuat sebelumnya dalam Let's Cook!. Restoran ini unik, karena selain melayani tamu, pemain juga bisa mendekorasinya dan mengkustomisasinya dengan berbagai macam cara, termasuk karpet, pintu, meja makan, menambahkan lemari, tanaman hias, kulkas, lukisan, dan lainnya. Apabila stok makanan habis, pemain pun harus kembali ke mode Let's Cook! untuk kembali melakukan restok.

Selain itu, pemain pun bisa memainkan game-game unik lainnya, tidak yang berhubungan dengan masak saja. Anda bisa tes kemampuan masak melawan ranking dunia, tes kemampuan matematika, menjadi penjaga toko, bermain puzzle geser gambar, dan sebagainya, termasuk event-event khusus sesuai tanggal.

Cooking Mama Let's Cook! memiliki grafis 3D chibi sesuai dengan game aslinya di Nintendo DS. Mama akan bereaksi dan memiliki ekpresi yang berbeda-beda tergantung kejadian di layar. Saat membuka restoran pun, pemain akan bisa melihat karakter-karakter 3D chibi yang imut, sedang menikmati makanan di meja. Mereka pun memiliki animasi berjalan masuk dari pintu yang lucu. Tidak salah kalau game ini disebut sebagai sebuah game yang cute.

Asyiknya, Cooking MAMA Let's Cook! yang merupakan game free-to-play ini, bisa dimainkan dengan bebas baik secara online maupun offline. Tidak ada sistem stamina yang mengganggu jalannya permainan. Iklan pun tidak mengganggu sama sekali, karena justru game-nya menanyakan apakah Anda ingin menonton sebuah iklan untuk mendapatkan reward atau tidak. Seperti yang sudah disebutkan, mikrotransaksi hadir dalam bentuk pembelian resep baru.

Akhir kata, Cooking MAMA Let's Cook! merupakan lanjutan dari seri Cooking Mama yang menyenangkan untuk mobile. Kemudahan memainkan game ini membuatnya bisa dinikmati baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Inilah game memasak yang pantas dicoba dan berada di jejeran game-game wajib dalam ponsel pintar Anda.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top