REVIEW

Aye, Mate! Saatnya Bertualang di Dunia Pirates of the Caribbean: Tides of War!

Andy Chan   24 Jan 2021
Aye, Mate! Saatnya Bertualang di Dunia Pirates of the Caribbean: Tides of War!

Seri Pirates of the Caribbean adalah salah satu film Johnny Depp yang paling terkenal di bawah naungan Disney. Siapa yang belom pernah mendengar mengenai petualangan Kapten Jack Sparrow dan tingkahnya yang antik? Setelah lima buah film, dengan film terakhirnya Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales, JOYCITY pun merilis sandingan film ini di mobile, dengan judul Pirates of the Caribbean: Tides of War.

Mengenai Pirates of the Caribbean: Tides of War

Dalam Pirates of the Caribbean: Tides of War, pemain akan berperan sebagai seorang kapten bajak laut, yang bertemu dengan Jack Sparrow sambil mencari harta-harta melawan bajak laut tandingan serta makhluk-makhluk supernatural. Game-nya sendiri sebenarnya adalah game strategi, jadi pemain tidak perlu kecekatan sama sekali untuk bisa memainkannya.

Cara Bermain

Jika kalian pernah main game strategi membangun markas, pastinya kalian tidak akan asing dengan tipe permainan yang dibawakan oleh Pirates of the Caribbean: Tides of War. Seperti biasa, pemain bisa membangun markas bajak lautnya, lalu membangun kapal laut dan menyewa kru untuk membawanya pergi berlayar. Tapi permainan ini tidak hanya mengenai membangun armada laut saja, karena ada juga peperangan secara nyata.

Berbagai Macam Kapal Laut Legendaris

Berbekal lisensi Pirates of the Caribbean, pastinya game ini akan memiliki berbagai macam kapal laut ikonik dari film tersebut. Apakah kalian ingin berlayar di atas kapal Black Pearl? Atau the Flying Dutchman? Bersiaplah untuk grinding dulu karena kapal-kapal tersebut baru akan bisa dibuat belakangan setelah markas bajak lautmu sudah besar.

Perang melawan Pemain Lain dan Monster Laut

Kalau membuka peta dunianya, terlihatlah berbagai macam markas pemain lain yang bisa dikunjungi (dan juga diserang). Pemain mengirimkan sebuah kru untuk menyerang kapal lain atau pun makhluk-makhluk mistis di medan permainan, misalnya seekor putri duyung. Peperangan ini akan terjadi secara otomatis kalau kedua kapal sudah bertemu, namun pemain bisa menentukan siapa saja yang akan mereka bawa dalam pasukannya.

Mencari Ingatan Jack Sparrow

Kisah dalam game ini menuntut pemain untuk membantu Jack Sparrow mencari ingatannya yang hilang. Hal ini akan membawa pemain untuk menghidupkan kembali ingatan Jack Sparrow mulai dari perang di Port Royale pada Pirates of the Caribbean yang pertama. Masih ingat dengan Elizabeth Swann yang meminta Parley kepada anak buah Barbossa? Kalian bisa melihatnya di sini, berikut pecahan kisah-kisah Pirates of the Caribbean lainnya. Boleh dibilang, kisah Pirates of the Caribbean inilah yang menarik untuk diikuti dalam game-nya, selain tentunya perang multiplayer melawan pemain lain.

Animasi Keren bergaya Pirates of the Caribbean

Seperti biasanya game strategi seperti ini, pemain mengurus markasnya dengan sudut pandang dilihat dari atas. Namun pemain juga akan bisa melihat animasi-animasi keren ketika sedang berperang ataupun sedang mengikuti cutscene cerita. Selain itu, pemain juga bisa mengkustomisasikan avatar-nya dari beberapa pilihan Avatar. Mau kapten kalian dari Asia? Atau anaknya seorang bajak laut? Semua itu bisa dipilih dan diberi nama sendiri, sekaligus juga akan tampil di layarnya. Tapi yang paling menarik adalah keberadaan Jack Sparrow sendiri dengan tingkahnya yang edan dianimasikan secara nyata di layar game ini, didukung dengan lagu keren sehingga memberikan nuansa peperangan bajak laut yang nyata.

Wajib Online

Yang pasti, game free-to-play bertipe strategi seperti ini, apalagi melibatkan banyak pemain lain, sudah pasti wajib untuk online. Dan meskipun game ini sudah lebih dari 3 tahun umurnya, namun tetap mendapatkan update sehingga pemain juga harus senantiasa meng-update kliennya agar tetap bisa main. Seperti biasa, ada waktu tunggu untuk membangun segala sesuatu di game ini, serta ada batasan dalam jumlah pekerjaan yang bisa dilakukan setiap saatnya. Butuh sesuatu untuk mempercepat permainan? Mikrotransaksi game ini menyediakan mata uang premium Gems dengan harga mulai dari Rp. 14.000,- untuk 35 Gems, hingga yang harganya absurd, Rp. 5.442.259,- untuk 12,835 Gems.

Pirates of the Caribbean: Tides of War ini harus diakui keren, meskipun bagi kalian yang tidak ingin diganggu oleh pemain lain, sepertinya akan agak sulit karena jiwa game ini yang senantiasa online. Pemain harus siaga setiap saat karena akan ada pemain lain yang pastinya mengincar material yang berada di markas bajak lautnya ketika sedang offline. Siapkah kalian menguasai lautan? Ayo ikutan Pirates of the Caribbean: Tides of War! Yarr Harr Harr Harr!!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top