REVIEW

Asyiknya Koleksi Heroes ala Puzzle Match-Three dalam Legendary: Game of Heroes

Andy Chan   17 Aug 2017
Asyiknya Koleksi Heroes ala Puzzle Match-Three dalam Legendary: Game of Heroes

Masuklah ke sebuah dunia fantasi tingkat tinggi bernama Korelis dan jalani perang untuk melawan berbagai kekuatan jahat yang ada. Ya, secara garis besar, jalan cerita yang diangkat dalam game Legendary: Game of Heroes buatan N3TWORK Inc. adalah seperti itu. Memang bukanlah sebuah jalan cerita yang memorable, tapi bukan jalan cerita juga yang dijual oleh game mobile ini pada akhirnya.

Pada dasarnya, Legendary: Game of Heroes merupakan sebuah game puzzle match-three yang dimodifikasi dengan sedemikian rupa menjadi sebuah game RPG yang team based. Pemain menyusun sebuah tim yang terdiri dari 5 buah karakter, yang direpresentasikan oleh kartu-kartu, untuk kemudian berperang melawan sederetan musuh dengan menggunakan game yang berjalan secara puzzle match-three.

Seperti game puzzle match-three pada umumnya, tugas pemain adalah untuk menderetkan tiga buah gems atau lebih dengan cara menggesernya. Unik untuk Legendary: Games of Heroes, pemain tidak hanya bisa menggeser gems-gems tersebut secara horisontal atau pun vertikal, tetapi juga bisa menggesernya secara diagonal. Ini merubah perspektif pemain yang tadinya hanyalah melihat game puzzle match-three secara atas/bawah/kiri/kanan sajam dan memberikan strategi baru untuk menyusun posisi gems.Akan tetapi, hanya gems berderet secara horisontal dan vertikal saja yang tetap dihitung, tidak begitu halnya dengan gems diagonal.

Setiap berhasil menderetkan tiga atau lebih gems dengan warna yang sama, pemain akan memiliki kesempatan untuk menderetkan lebih banyak gems lagi dalam waktu terbatas untuk mendapatkan combo. Dan, setelah waktu tersebut habis dan gems sudah terderet, maka gems tersebut akan memberikan power up kepada karakter tim yang memiliki warna sama, dan mereka pun akan menyerang musuh-musuh yang ada di layar.

Para musuh memiliki sebuah hitungan mundur di bawah karakter mereka yang akan berkurang di setiap pemain menggerakkan gems. Begitu hitungan tersebut habis, maka musuh pun akan melakukan serangan yang akan mengurangi Life dari pemain. Life di sini merupakan Life secara umum. Jadi, tidak ada yang namanya salah satu karakter dari tim yang bisa mati. Yang ada, hanyalah tim pemain mengalami kekalahan secara total. Untuk menambahkan Life, ada gems berbentuk hati yang jika dideretkan akan memberikan tambahan Life.

Ketika meteran power di samping foto karakter tim sudah penuh dan menyala, itulah tandanya bagi pemain untuk bisa menggunakan skill khusus dari para Heroes yang dimilikinya. Ada berbagai macam kegunaan dari skill tersebut, di antaranya adalah menyerang lawan serta memberikan perubahan pada papan gems.

Tersedia ratusan stage untuk diselesaikan, masing-masingmua dengan musuh yang unik dan kesempatan untuk mendapatkan kartu-kartu karakter baru. Di samping mendapatkan kartu dengan cara menjalani grinding stage, pemain juga bisa mendapatkan kartu-kartu yang kuat dengan menghabiskan mata uang premium berupa Gems. Seperti biasa, Gems ini bisa didapatkan dengan cara grinding mau pun dengan membelinya dengan menggunakan uang asli.

Pemain juga bisa mengikuti sebuah Guild, dimana dengan menjadi anggota Guild, pemain bisa menggunakan salah satu kartu yang digunakan oleh para anggota Guild yang lain, menjadikan adanya sebuah tim yang penuh sejumlah 6 karakter.

Untuk sebuah game puzzle match-three, Legendary: Game of Heroes memiliki grafis yang luar biasa keren. Baik para karakter yang dimiliki pemain atau pun musuh-musuh di layar tampil dengan animasi yang meski pun minim namun berhasil untuk tampak realistik. Pada saat bertualang di stage pun pemain bisa melihat lingkungan 3D dengan gerakan first-person yang keren, diiringi dengan lagu keren dan efek suaranya yang seru.

Memang, Legendary: Game of Heroes merupakan sebuah game free-to-play, namun game mobile ini senantiasa membutuhkan koneksi Internet. Game-nya juga menggunakan sistem stamina, yang untungnya bisa bertambah secara maksimumnya seiring dengan naiknya Rank milik pemain. Di samping itu, game-nya juga senantiasa memberikan berbagai event menarik dengan karakter-karakter baru untuk didapatkan, sehingga menarik untuk dimainkan setiap hari.

Sayangnya, game mobile ini benar-benar rakus akan sumber daya. Apabila memainkan game-nya dengan menggunakan ponsel pintar, maka akan menyebabkan baterai jadi panas dan cepat habis. Di samping itu, kebutuhan Internet dari game-nya juga lumayan besar, sehingga apabila ponsel Anda kurang kuat, akan menyebabkan game mobile ini berjalan dengan lambat dan tidak maksimal.

Ceritanya sendiri benar-benar mudah dilupakan, tapi apabila Anda merupakan penggemar game puzzle match-three dan hobi untuk mengkoleksi Heroes, maka game mobile ini cukup asyik untuk dimainkan di waktu senggang, tentu saja disarankan untuk menggunakan koneksi WiFi karena memang agak boros menyoal kuota Internet. Jika ponsel Anda cukup kuat untuk memainkan Legendary: Game of Heroes tanpa terasa terpatah-patah, maka game mobile ini bolehlah sekiranya untuk dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top