REVIEW

Asyiknya Berlari Cepat ala Parkour dalam Game Futuristik Vector

Andy Chan   21 Oct 2017
Asyiknya Berlari Cepat ala Parkour dalam Game Futuristik Vector

Dikisahkan bahwa di masa depan, dimana dunia sudah dikuasai oleh pemerintahan totaliter, konflik dan keberagaman sudah hilang dengan cara menghapuskan seluruh kebebasan pribadi. Setiap orang diharuskan bekerja di dalam sebuah ruangan gelap di atas gedung-gedung pencakar langit dengan kubikel di samping ratusan kubikel serupa. Kalian tidak perlu lagi berpikir, tidak perlu ada tekanan. Semua kebutuhanmu diberikan secara tuntas. Syaratnya hanyalah satu, kalian harus patuh. Demikianlah latar belakang dari dunia yang dibawakan oleh Nekki dengan game berjudul Vector ini.

Seorang pekerja di salah satu gedung pencakar langit tersebut akhirnya sudah muak, dia pun melepas dan membuang headset-nya. Well, tidak bisa disalahkan, karena bekerja di tempat seperti itu sudah pasti bisa membuat seseorang menjadi gila. Tentu saja, aktivitasnya tersebut menarik perhatian dari para sekuriti, sehingga dia pun melarikan diri dengan cara berlari dari lokasi kantornya tersebut ke arah kebebasan di jendela ujung ruangan, dan melompatlah dia keluar. Dimulailah pelarian panjang dari sang pekerja tersebut, yang merupakan diri Anda sendiri.

Pada dasarnya, Vector merupakan sebuah game endless runner yang memiliki sistem berbeda dengan runner biasanya. Dalam Vector, pemain akan memiliki kemampuan untuk melakukan parkour, alias berlari dengan lincah, untuk melewati semua rintangan dengan cara melompatinya atau pun melewati bagian bawahnya.

Bagi yang pernah memainkan game yang berjudul Canabalt, tentunya akan familiar dengan konsep berlari ke arah samping ini. Bedanya, Canabalt benar-benar murni merupakan Endless Runner. Sementara Vector memiliki stage yang ada ujungnya, dan karakternya memiliki kemampuan untuk menghindari rintangan dengan lebih keren jika dibandingkan dengan Canabalt.

Pengendalian permainan cukup mudah, karena sang tokoh utama akan secara otomatis terus berlari ke arah kanan. Pemain hanyalah perlu melakukan swiping ke arah atas untuk melompat atau pun menghindari rintangan, swiping ke arah bawah untuk menyusup ke bagian bawah rintangan, serta swiping ke arah kanan untuk berlari dengan lebih cepat.

Vector merupakan sebuah game yang gampang-gampang susah. Game-nya sendiri sangat mudah untuk dimainkan, namun sangatlah sulit untuk dikuasai dengan penuh. Kemampuan pemain dalam menguasai timing untuk melakukan swiping benar-benar diuji di sini. Misalnya, ketika ada rintangan yang menghalangi, pemain akan bisa melakukan swiping ke arah atas untuk melompatinya, namun apabila pemain melakukan swiping tersebut tepat di depan rintangan, maka dia pun akan melakukan gerakan yang lebih cepat dalam melewati rintangan tersebut. Hati-hati saja, jangan sampai malah menabrak rintangan tersebut, karena sudah pasti akan membuat dia jadi terhenti sejenak sambil memanjat rintangan tersebut dengan gerakan yang lambat.

Tujuan utama dari stage adalah untuk berlari dari titik awal ke titik akhir di ujung kanan. Sepanjang stage, pemain akan dikejar-kejar oleh sekuriti yang siap menyetrum dan menangkapnya apabila sampai berhasil untuk terkejar. Tapi, stage-nya sendiri tidaklah kosong, ada berbagai macam item yang bisa diambil dengan cara dilewati oleh pemain, seperti koin dan kotak skor. Koin di sini akan berfungsi sebagai mata uang permainan. Karakter pemain pun bisa di-upgrade dengan cara membeli berbagai skill parkour baru dengan menggunakan koin. Selain itu, pemain juga bisa mengkustomisasi karakternya dengan membelikan gear, serta membeli gadget.

Tersedia sebanyak tiga lokasi untuk dilewati pemain, yaitu Downtown, Construction Yard, dan Technology Park, yang masing-masingnya bakal memiliki tampilan menawan dengan suasana berbeda. Dan, setiap lokasi tersebut juga memiliki sejumlah stage untuk diselesaikan. Setiap stage juga memiliki tiga buah bintang untuk dikoleksi. Dengan mengumpulkan bintang-bintang tersebut, pemain akan bisa membuka lokasi-lokasi baru serta beberapa mode baru.

Opening movie dari game Vector ini tampil dengan animasi penuh layaknya menonton sebuah film secara memukau. Dan, secara grafis, latar belakang dari permainan menunjukkan indahnya kota di masa depan. Namun, di bagian luar dari game ini, alias bagian yang dimainkan oleh pemain, tampil dengan grafis yang berwarna hitam saja. Karakter pemain akan hadir dalam bentuk siluet dan tergantung dari apa yang sedang dilakukannya, bakal memiliki animasi keren berlari, melompat, dan melakukan parkour. Ini pun masih ditambah dengan lagu-lagu futuristik keren yang mengiringi pelarian sang pemain dalam menuju kebebasan.

Vector merupakan sebuah game free-to-play yang tidak memiliki batasan sama sekali dalam memainkannya. Tidak ada stamina atau pun sistem life, pemain hanyalah perlu memilih stage dan bisa langsung bermain dengan sesukanya. Sedikit iklan akan hadir dalam bentuk promosi produk Nekki yang lain, dan apabila pemain ingin mendapatkan bonus uang, juga bisa dilakukan dengan menonton sebuah video iklan. Mikrotransaksi bakal hadir dalam bentuk pembelian koin, dan pemain pun bisa meng-upgrade game ini menjadi versi Deluxe untuk mendapatkan stage-stage yang baru dan menghilangkan iklan.

Sebagai sebuah gamer runner, harus diakui bahwa Vector ini adalah sesuatu yang keren dan seru untuk dimainkan. Tantangan yang diberikannya untuk mendapatkan semua item di layar dan melakukan trik, serta mengumpulkan koin untuk membeli seluruh skill parkour yang ada, nyatanya menjadikan game ini cukup grindy, namun tetaplah asyik untuk dimainkan. Nah, apakah Anda sanggup untuk melarikan diri dari kejaran sekuriti dan berlari menuju kebebasan? Cari tahulah sekarang juga dengan memasang Vector di ponsel pintar Anda!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top