REVIEW GADGET

Asus ROG, Xiaomi Black Shark & Razer Phone, Manakah yang Lebih Baik?

Dikdok   17 Jun 2018
Asus ROG, Xiaomi Black Shark & Razer Phone, Manakah yang Lebih Baik?

Belum lama ini Asus telah memperkenalkan smartphone gaming pertama yang diproduksinya, yaitu ROG Phone. Dengan begitu, sejauh ini telah ada 3 vendor besar yang mencoba merilis smartphone khusus untuk para pecinta game mobile.

Ketiga vendor tersebut ialah Razer (Razer Phone), Xiaomi (Black Shark) dan terbaru adalah Asus (ROG Phone).

Razer merupakan vendor pertama yang meluncurkan smartphone gaming. Pihaknya meluncurkan produk Raxer Phone pada akhir tahun 2017 lalu. Sedangkan Xiaomi baru saja memperkenalkan Black Shark miliknya pada April kemarin.

Jika membandingkan ketiga smartphone ini, dari segi fisik Black Shark dan ROG Phone memiliki bentuk yang cukup mirip, yaitu memiliki sudut yang terlihat lebih membulat jika dibandingkan dengan Razer Phone yang terlihat tegas dan kaku. Selanjutnya dari segi ukuran, ASUS ROG dan Razer Phone cenderung memiliki bentuk yang lebih tipis jika dibandingkan dengan Black Shark.

Jika dibandingkan dari dapur pacu yang dibawa oleh masing-masing smartphone, ketiga smartphone ini memiliki spesifikasi yang hampir serupa. Baik Razer Phone, Xiaomi Black Shark maupun ASUS ROG menyediakan RAM sebesar 8 GB. Khusus untuk Black Shark, menyediakan pilihan RAM 6 GB dan 8GB. Untuk media penyimpanan, Asus ROG menjadi pemenang (128 GB dan 512 GB), diikuti oleh Xiaomi Black Shark (64 GB dan 128 GB) lalu Razer Phone (64 GB). Sedangkan untuk Prosesor yang digunakan, Black Shark dan ROG Phone lebih unggul dengan menyematkan Snapdragon 845 sedangkan Razer Phone masih menggunakan Snapdragon versi terdahulu yakni 835.

Berbicara mengenai beberapa fitur tambahan yang dibawanya, untuk urusan kamera, Xiaomi Black Shark yang memiliki spesifikasi 20MP dan 20MP untuk kamera belakang serta 20 MP untuk kamera depan. Spesifikasi ini jauh mengungguli kedua kompetitornya yang hanya menyematkan 12 MP front serta 8 MP & 12 MP rear untuk Razer Phone, dan 8 MP front serta 8 MP & 8MP rear untuk ROG Phone. Untuk urusan pengisian daya, seluruh smartphone telah didukung oleh kemampuan Quick Charging.

Untuk harga, Black Shark dibanderol sekitar Rp 7,7 juta dan Razer Phone sekitar Rp 9,7 juta. Sayangnya belum ada kepastian harga untum Asus ROG Phone.

Berikut ini adalah tabel lengkap perbandingan spesifikasi dari ketiga ponsel gaming tersebut.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top