REVIEW

Asphalt Nitro, Game Balapan Seru Persembahan Gameloft

Andy Chan   07 Apr 2019
Asphalt Nitro, Game Balapan Seru Persembahan Gameloft

Seri game balap mobil Asphalt memang tidak ada matinya. Seri game balap mobil super cepat keluaran Gameloft ini memang sudah menghiasi berbagai macam platform, mulai dari game pertamanya Asphalt Urban GT di Nintendo DS sampai ke game terbarunya Asphalt 9: Legends yang beredar di platform Windows dan mobile. Apakah kalian masih haus dengan game balapan super cepat Asphalt, namun ingin sesuatu yang ringan untuk ponsel pintar kalian? Mungkin kalian bisa mencoba spinoff Asphalt dari Gameloft yang satu ini, Asphalt Nitro!

Sama Serunya dengan Seri Asphalt Utama

Asphalt Nitro adalah versi Asphalt yang berukuran download sangat mungil, hanya 35MB saja. Meskipun begitu, begitu game-nya terpasang di ponsel pintarmu, dia akan berukuran sebesar 137MB dan memiliki semua hal yang dimiliki seri Asphalt pada umumnya, mulai dari kendaraan mewah Ferrari sampai Lamborghini, melakukan berbagai macam stunts edan di lapangan balap, serta menggunakan Nitro untuk menerobos garis finish.

4 Metode Kendali

Untuk mengendalikan kendaraan balapmu dalam Asphalt Nitro, tersedia empat buah metode yang bisa diatur sesuai keinginan.

Tilt to Steer

Metode ini menggunakan sistem akselerasi secara otomatis, jadi pemain hanya perlu memiringkan ponsel pintarnya bagaikan sebuah setir mobil untuk membelokkan kendaraan. Sentuh tombol rem di sebelah kiri bawah layar untuk mengerem. Metode kendali standar inilah yang paling baik untuk mengemudikan kendaraan karena jarimu tidak akan repot mengurus hal lain selain tombol rem.

Tilt and Icons

Metode kedua tetap menggunakan motion control dengan cara memiringkan ponsel pintar ke kiri dan ke kanan untuk belok. Namun selain tombol rem, kali ini disediakan tombol gas untuk melakukan akselerasi karena kendaraanmu tidak lagi otomatis meluncur ke depan.

On-Screen Controls

Ini adalah metode yang agak ribet, karena di sebelah kiri bawah diberikan sebuah gambar setir mobil yang harus diputar-putar untuk mengendalikan kendaraan, sementara di bagian bawah kanan layar terdapat tombol rem. Kendaraanmu akan otomatis maju ke depan, namun presisi pengendalian akan sangat sulit.

Tap to Steer

Bagi penggemar layar sentuh, inilah metode kendali paling baik untuk mereka, sentuh layar bagian kiri dan kanan untuk belok, serta sentuh tombol rem di bagian bawah layar untuk mengerem. Kendaraan akan senantiasa meluncur ke arah depan tanpa ada input apa-apa dari pemain.

Masing-masing metode pengendalian juga menyediakan tombol nitro yang bisa digunakan untuk mendapatkan kecepatan tinggi dalam waktu singkat, asal meteran nitro yang dimiliki sudah terisi.

Balapan Drift yang Seru

Gameloft memang tidak pernah mengecewakan para fans. Asphalt Nitro memiliki gameplay balapan berkecepatan tinggi yang seru dan spektakuler. Pemain bisa melakukan drift untuk belok secara efisien, melakukan lompatan stunt dengan menaiki sebuah ramp menanjak, juga bisa menghantam para pembalap lain untuk membuat mereka mundur. Yang paling asyik adalah ketika terjadi kecelakaan, karena game-nya akan memperlihatkan cutscene keren akan kecelakaan yang dialami pemain tersebut, baik itu menabrak dinding, terlempar keluar track, atau kesalahan ketika melakukan lompatan stunt.

Kendaraan dengan Merk Sesungguhnya

Tidak seperti game-game balap yang menggunakan kendaraan fiktif, Asphalt Nitro masih menggunakan berbagai kendaraan yang ada di dunia nyata. Tersedia puluhan kendaraan untuk dimiliki dan dimainkan oleh pemain, terbagi dalam lima buah ranking D, C, B, A, dan S, mulai dari Mini Cooper S Roadster, Chevrolet Camaro GS, Nissan 370Z, Ferrari 308 GTS, Mitsubishi Lancer Evolution X, Dodge Challenger SRT8, Lambhorgini Gallardo, Chevrolet Corvette C7, Ford Shelby GT500, RUF CTR 3, Ferrari LaFerrari, sampai ke mobil keren McLaren P1, Bugatti Veyron, Peugeot Onyx, dan Koenigsegg One:1. Masnig-masing kendaraan pun bisa di-tuning oleh pemain untuk performa, serta bisa diwarnai sesuai selera.

Bisa dimainkan Offline

Biasanya game seperti ini mewajibkan pemainnya online, namun ternyata selain game-nya free-to-play, Asphalt Nitro tidaklah mewajibkan pemainnya untuk senantiasa online. Tentu saja untuk melakukan mikrotransaksi membeli Credits, mata uang premium dan lain-lain, game-nya harus online, dan ada beberapa fitur yang membutuhkan Internet.

Dengan berbagai macam mode permainan termasuk Gate Drift, Knockdown, serta mode kejar-kejaran polisi yang seru di berbagai lokasi dunia yang menawan dari Brazil sampai China, Asphalt Nitro adalah game balap mobil yang wajib dicoba oleh semua penggemar game balapan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top