LOADING
REVIEW

Asah Otak di Smartphone ala Brain Training

Andy Chan   09 May 2018
Asah Otak di Smartphone ala Brain Training

Otak manusia butuh stimuli, baik itu berupa puzzle ringan untuk dipecahkan, atau puzzle epik yang butuh waktu berhari-hari untuk bisa diselesaikan. Namun bagaimana caranya agar otak tetap bisa terasah sehari-hari? Apakah hanya dengan bermain game puzzle saja? Kini hadir yang namanya Brain Training, sebuah "game" asah otak yang bisa dimainkan secara singkat untuk meningkatkan kemampuan otakmu dengan cepat. Game buatan App Holding ini disinyalir bisa mengasah ingatan jangka pendekmu, konsentrasi, fokus, kecepatan, serta akurasi.

Meskipun pada dasarnya, Brain Training ini adalah sebuah game puzzle juga, namun terdapat macam-macam kategori yang ditawarkan olehnya. Masing-masing "latihan" dalam kategori-kategori ini bisa meningkatkan kemampuan otakmu serta mempertahankan kecerdasan dengan latihan multitasking, latihan mencari cepat, matematika, fokus, dan sebagainya.

Inilah macam-macam permainan untuk melatih otakmu dalam Brain Training:

1. Quick Search Skill

Dalam Quick Search Skill, pemain ditugaskan untuk mencari angka dari paling tinggi ke paling rendah. Angka-angka tersebut akan tercantum dalam sebuah bola, dan pemain harus menyentuh bola dengan angka terbesar untuk memecahkannya. Sedikit komplikasi akan terjadi karena ketika pemain memecahkan satu bola, bola-bola yang lain akan berserakan. Di sini lah otak pemain ditantang untuk menemukan bola dengan angka terbesar dalam waktu sesingkat-singkatnya.

2. Left Vs Right Brain

Left Vs Right Brain menantang pemain untuk menggunakan otak kiri dan otak kanan secara bersamaan. Pemain akan disajikan sebuah kata dengan warna tertentu, misalnya Green dengan warna kuning. Apabila menurut pemain kata dan warnanya sesuai, maka pemain harus memilih tanda centang, sementara apabila warnanya salah, pilihlah tanda silang. Sekali salah saja akan menyebabkan kegagalan.

3. Memory Power

Sesuai namanya, Memory Power adalah sebuah permainan untuk mengukur daya ingat pemain dalam menyusun obyek-obyek yang ditampilkan di layar secara sekuensial. Obyek-obyek tersebut akan muncul dalam waktu beberapa detik saja, dan tugas pemani adalah untuk menyusunnya secara identikal tanpa ada kesalahan. Inilah latihan yang bisa melatih daya ingatmu.

4. Remember Faces

Apakah kamu kesulitan mengingat wajah dan nama seseorang? Remember Faces adalah sebuah mini game yang melatih kemampuanmu mengingat nama dan wajah tersebut. Pemain akan disuguhkan beberapa wajah seseorang berikut nama-nama mereka dalam waktu singkat, dan kemudian diberikan pertanyaan untuk mengingat seseorang yang spesifik.

5. Concentration

Sesuai namanya, Concentration membutuhkan konsentrasi penuh dari pemain untuk bisa menyelesaikannya. Pemain akan ditunjukkan sebuah domba berwarna hitam yang mental-mental di sekelompok domba berwarna putih. Setelah beberapa detik, domba berwarna hitam tersebut akan berubah warna menjadi putih. Tujuan pemain adalah untuk tetap mengikuti pergerakan domba hitam yang berubah putih tersebut sampai akhirnya gerakan semua domba terhenti, dan pemain harus mengidentifikasi mana domba hitam aslinya tadi. Terkadang kategori ini agak sulit karena domba hitam sering berhenti persis di dekat domba putih.

6. Math Skill

Inilah permainan matematika yang asyik dalam Brain Training. Pemain wajib mencari sebuah perhitungan dalam balon yang ada di medan permainan yang menghasilkan jawaban yang ada di bagian atas layar. Jadi kalau atas layar menunjukkan angka nol, maka pemain harus mencari formula yang menghasilkan angka nol juga, seperti 0 x 3.

7. Colors Vs Brain

Colors Vs Brain juga merupakan semacam permainan ingatan, di mana pemain diberikan sebuah daftar warna dalam waktu beberapa detik, dan kemudian warna tersebut diacak. Pemain harus menyusun kembali warna-warna yang ada di layar agar kembali menjadi warna yang semula ditampilkan.

8. Multitasking

Multitasking atau mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus biasanya adalah sebuah keahlian yang dibutuhkan dalam pekerjaan. Di bagian atas dan di bagian bawah akan ditampilkan dua buah perhitungan yang berbeda, berikut dengan hasilnya. Apabila hasilnya benar, maka pemain harus menjawab dengan tanda centang, sementara kalau salah harus menyentuh tanda silang, di mana masing-masing perhitungan memiliki batas waktu sendiri-sendiri, jadi pemain harus menentukan mana yang lebih penting untuk diselesaikan lebih dahulu.

9. Focus Skill

Apakah Anda tidak bisa fokus? Game Focus Skill ini akan meningkatkan kemampuan fokusmu dengan memperhatikan angka yang muncul di layar. Di awal permainan, pemain akan diberikan sebuah angka spesifik. Selama permainan, pemain harus menyentuh semua angka yang ditampilkan di layar, kecuali angka spesifik tersebut.

10. Attention Skill

Attention Skill atau yang disebut juga dengan kemampuan memperhatikan, adalah sebuah metode untuk meningkatkan kemampuan perhatian serta ketepatan pemain. Di layar akan hadir sebuah lingkaran bergambar otak, dan ada sebuah lingkaran merah yang akan berganti-ganti posisi. Pemain harus menyentuh tombol STOP ketika lingkaran merah tersebut mendarat di gambar otak.

Setiap menyelesaikan permainan, maka pemain akan mendapatkan medali. Nah medali ini bisa digunakan untuk membuka berbagai macam kategori tambahan seperti Odd Number, Memory Match, Quick Decision Skill, Grid Challenge, Listening Memory, Word Memory Challenge, Concentration Plus, Rotation Memory, dan Go Ascending, sehingga total jumlah permainan dalam Brain Training ini mencapai 19 macam.

Brain Training menggunakan grafis yang minimalis dengan warna dominan putih, cocok dengan tema latihan otak yang dibawa olehnya. Sayangnya, tidak ada suara ataupun lagu sama sekali dalam permainan, sehingga terasa sunyi. Mungkin ini disebabkan permainan yang butuh konsentrasi, sehingga suara-suara atau lagu mungkin dianggap mengganggu.

Game yang dihadirkan secara free-to-play ini ternyata sarat dengan iklan. Setiap beberapa saat pemain akan senantiasa diganggu oleh hadirnya iklan di layar, meskipun ada cara untuk menghilangkan iklan dengan meng-upgrade ke premium seharga Rp. 17.000,- yang sekaligus juga membuka seluruh permainan. Cara lain untuk menghilangkan iklan adalah dengan mematikan koneksi Internet.

Menurut pengembangnya App Holding, dengan memainkan Brain Training secara konstan setiap hari selama 5 sampai dengan 10 menit saja, sudah akan meningkatkan kemampuan otakmu secara signifikan. Namun terlepas dari benar atau tidaknya klaim tersebut, Brain Training sendiri cukup adiktif sebagai game penghabis waktu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
Dirgahayu Republik Indonesia
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top