REVIEW

Arknights, Saat Tower Defense Dibalut Waifu & Husbando

Anduril   05 Feb 2020
Arknights, Saat Tower Defense Dibalut Waifu & Husbando

Rasanya Android dan iOS tidak pernah kehabisan game-game yang dibalut dengan artwork anime yang cantik. Kalau dihitung-hitung, saat ini kita sudah memiliki tiga buah game yang sangat terkenal berkat artworknya yang cantik. Sebut saja Fate Grand Order, Granblue Fantasy, atau Azur Lane.

Yostar sebagai pengembang Azur Lane menelurkan sebuah game berjudul Arknights setahun yang lalu. Game tersebut sangat laris sehingga tahun ini Arknights menyebrang ke seluruh dunia, yang kemudian diikuti dengan versi SEA pada 5 Februari 2020.

Review Arknights

Tower Defense

Ketika pertama kali mencoba memainkan game ini, kamu pasti akan ingat dengan berbagai Tower Defense ataupun game Plant vs Zombie. Pada game ini kamu berperan sebagai Doctor yang mengatur strategi untuk menghalau serangan musuh. Para hero disebut sebagai operator, mereka memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Ada delapan role yang bisa kamu miliki seperti Vanguard, Guard, Defender, Specialist, Sniper, Caster, Medic, dan Suporter tentunya bisa kamu atur semua Operator diatas untuk bisa bertahan dari gempuran musuh. Setiap game, kamu akan memiliki batasan untuk dapat tertembus musuh, jika kamu tertembus sebanyak angka dari Castle mu, maka kamu akan kalah. Sebaliknya jika kamu berhasil mempertahankan diri dari banyaknya jumlah musuh yang datang, maka kamu akan memenangkan pertempuran.

Bertabur Seiyuu OP

Beberapa game yang menjual artstyle seperti halnya Fate Grand Order, Granblue Fantasy, Honkai Impact III, hingga Azur Lane memiliki karakter-karakter yang mudah dicintai oleh para penggemarnya. Selain itu, pengisi suara dari game tersebut juga diisi oleh para seiyuu populer sehingga game ini cukup dekat untuk para pecinta game Jepang.

Arknights juga melakukan hal yang sama, beberapa operatornya memiliki para pengisi suara beken, seperti salah satu Operator yang bernama Siege yang memiliki voice actress yang sama dengan salah satu karakter utama di Fate Grand Order, yaitu Arthur Pendragon (Saber).

Masih didominasi Sistem Gacha

Kamu juga bisa menikmati cerita dari game ini dari mode Combat. Selain mendapatkan cerita, kamu juga bisa mendapatkan berbagai Operator dari sini untuk menambah pasukan untuk bisa memenangkan pertempuran.

Sama seperti kebanyakan game dengan karakter anime Jepang lainnya, Arknights menggunakan sistem gacha untuk mendapatkan para Operator dengan tingkat rarity yang berbeda tentunya. Mulai dari bintang dua hingga yang ke maksimal berada di bintang enam bisa kamu miliki.

Sistem summon yang memanfaatkan IAP dan item in game kembali diperkenalkan di Arknights. Bahkan beberapa pemain sudah menjabarkan persentase dan kemungkinan untuk mendapatkan Operator yang rare berbintang tinggi.

Namun jangan khawatir, jika kamu cukup sial sehingga hanya memiliki Operator dengan bintang rendah, kamu bisa meningkatkannya secara maksimal hingga ke bintang enam.

Kesimpulan

Arknights seakan memberi angin segar kepada beberapa game yang memanfaatkan rarity di dalam gamenya sebagai salah satu elemen gameplay. Dengan genre game Tower Defense, Arknights mengambil rute yang sedikit berbeda dari game yang sudah ada sebelumnya. Ketimbang menggunakan genre turn based yang membosankan, Arknights malah menjadi tower defense sebagai basis gameplay.

Arknights saat ini sudah tersedia di global server. Region SEA akan menyusul di hari ini, tanggal 5 Februar 2020. Kalau kamu sudah memiliki ID Arknights sebelum tanggal 6, kamu akan mendapatkan 2000 Orundum dan 3 Top Emergency Sanity Potion.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top